//
TIPS BETERNAK KENARI

Berikut adalah tips beternak kenari yg sy kutip dari Blog nya Om Ahmad Sofyan yg dari tulisan maupun artikelnya banyak menginspirasi sy dalam beternak kenari:

Dalam beternak kenari ada beberapa factor yang harus diperhatikan yaitu usia kenari, jenis kelamin, sarana penunjang ternak dan ilmu tentang ternak.

*BETERNAK KENARI

Usia menjadi factor penentu berhasil atau tidaknya dalam beternak kenari, usia yang terbaik dalam beternak adalah jangan terlalu muda atau jangan terlalu tua. Kenari siap ternak minimal 6 bulan untuk kenari betina dan 8 bulan untuk kenari jantan, tetapi untuk kenari besar seperti Yorkshire dan turunannya sedikit lambat birahi minimal usia 1 tahun.

*JENIS KELAMIN

Anda sebagai peternak harus menguasai ciri-ciri kenari jantan atau betina, dalam menentukan jenis kelamin kenari cukup sulit bagi pemula tetapi bagi hobis senior sangat mudah menentukannya mereka cukup melihat dari postur tubuh kenari walaupun dalam kasus tertentu Kadang-kadang ada kenari yang sangat sulit ditentukan jenis kelaminnya.

* SARANA PENUNJANG

Kadang-kadang kita dalam beternak tidak terlalu memperhatikan hal-hal kecil seperti posisi kandang ternak, lingkungan kandang ternak dan saran penunjangnya. Jika hal-hal tersebut kurang diperhatikan akan mengakibatkan kekesalan di kemudian hari. Contohnya pada saat penempatan kandang ternak kita tidak memperhatikan feng shui (he..he.. maaf becanda) lingkungan di sekitar kandang ternak. Penempatan yang terbaik yaitu sangkar atau kandang ternak menempel ke dinding disamping kiri dan kanan sangkar ditutup. Sangkar ternak di tempatkan di daerah yang bebas dari gangguan serangga atau binatang lainnya seperti tikus, cicak dll.

Untuk menghindari dari serangan serangga seperti semut daerah sekeliling sangkar yang menempek ke tembok di kelilingi dengan kapur bagus (kapur ajaib). Jika kandang ternak besar menggunakan kaki maka kaki-kakinya diolesi oli. Sedangkan pengganggu utama selain semut yaitu tikus, tikus sebetulnya hanya mengambil makanan kenari hanya kalau melihat kenari lengah ya di hajar juga dan kejadian ini sering sekali dialami oleh hobis. Dengan penempatan sangkar di dinding diharapkan bisa meminimalkan serangan tikus hanya kadang-kadang tikus juga pintar mencari celah untuk itu anda harus hati-hati dalam penempatan kandang yang terbaik sich menggunakan kandang aluminium. Saya punya pengalaman mengenai kandang ternak yang diserang semuT, beruntung cepat ketahuan sehingga induknya masih tertolong tetapi anaknya sebagian besar mati dan selanjutnya mati semua karena induknya menjadi over protective (mengenai sifat over protective akan saya bahas di waktu yang lain).

* PROSES PENJODOHAN

Jika anda sudah mempunyai sepasang kenari dengan usia siap ternak proses selanjutkan yaitu proses penjodohan. Proses penjodohan yaitu kenari jantan dan betina di tempatkan pada sangkar yang berbeda, dan kedua sangkar tersebut ditempatkan saling berdekatan. Dalam hal ini banyak new comer (peternak pemula) yang tidak sabar menjalani proses penjodohan mereka langsung masukin jantan dan betina kedalam satu kandang.

Dengan adanya proses penjodohan anda akan mengetahui kesiapan kenari tersebut, jika belum jodoh langsung dimasukan ke dalam satu sangkar akibatnya kedua kenari tersebut bisa berantem. Apabila terjadi perkelahian diantara keduanya dan salah satu kenari ada yang kalah maka waktu penjodohan akan lama lagi, terutama jika yang kalah kenari jantan proses penjodohan semakin lama karena anda harus mengkondisikan si jantan agar berani mendekati betinanya. Ada beberapa tip untuk meningkatkan birahi yaitu :

Kenari di beri makanan yang bergizi tinggi seperti telor puyuh, multivitamin dll.
Dijemur setiap pagi
Pada saat menjemur dan proses penjodohan sangkar jantan dan betina digandengkan terus menerus, kalau ada jantan lain sekali-kali dipanas-panasin dengan menggunakan jantan lain.
Disangkar tempat betina disediakan sangkar berikut isinya.
Jangan lupa berdo’a agar kenari yang diternak bisa cepat jodoh dan menghasilkan anak yang berkualitas.

*PROSES PENJODOHAN

Proses selanjutnya yaitu menyatukan kedua kenari tersebut. Adapun ciri-ciri kenari siap ternak (sudah jodoh) yaitu :

pada saat jantan didekatkan dengan betina sijantan akan mengejar/menabrak sangkar dengan bunyi yang kenceng dan betinanya menggelepar-geleparkan sayapnya tanda minta kawin.
Pada saat sore hari atau menjelang tidur kenari betina dan jantan tidur berdekatan.
Sewaktu-waktu antara kenari betina dan jantan saling meloloh makanan.
Jika didalam sangkar betina di dikasih sarang beserta isinya, kenari betina akan menyusun atau merapihkan isi sarang, jika isi sarang sudah disusun biasanya betina siap ternak.
Dalam menyatukan kedua kenari tidak ada aturan waktu yang baku anda boleh kapan saja menyatukannya, hanya pengalaman saya waktu yang terbaik yaitu sore hari. Dengan menyatukan sore hari diharapkan pada malam hari keduanya sudah rukun sehingga pagi harinya sudah jodoh. Karena sudah mengalami masa penjodohan maka pada saat penyatuan tidak terlalu riskan berantem tetapi kita harus terus memantau karena takutnya terjadi berantem.

Setelah keduanya rukun coba perhatikan isi sarang kalau isi sarang kotor maka ganti isi sarang tersebut dan sebagian isi sarang simpan di dasar sangkar biasanya isi sarang didasar sangkar akan dipindah ke dalam sarang. Untuk memperhalus sarang kenari betina biasanya suka mencabuti bulu halus jantannya atau bulu halus dari kenari betina, biasanya jika di dalam sarang sudah ada bulu-bulu halus tandanya tidak lama lagi induk betina akan bertelor. Untuk mempercepat proses bertelor dan mengurangi mencabuti bulu halus pengalaman saya kedalam sangkar dimasukkan kapas secukupnya. Demikian dulu tulisan mengenai proses penjodohan takutnya terlalu kepanjangan……nanti saya lanjutkan dilain waktu…………..

Sumber sy kutip dari: http://burungkenari.wordpress.com/

Diskusi

432 pemikiran pada “TIPS BETERNAK KENARI

  1. selamat siang om
    mo melanjutkan konsultasi yg pertama
    kenari coba sy satukan di sangkar ternak(sesuai anjuran si om)
    saya amati
    1. kenari jantan coba ngeloloh tapi si betina selalu kabur
    2. tidak pernah sejajar(bertengger di tempat yg sama)
    sekitar 2 jam saya pisahkan lagi, karena saya takut bertengkar.kasian
    tapi selama dipisah, ni si betina panggil2 saja, sering orat arit sarang(dari cemara)
    yg saya tanyakan:
    1. kenari jantan kira2 masih bisa produksi tidak(umur sudah 2 th lebih/perjaka tua) atau perlu vitamin
    2. kenari jantan jika di jemur(di pisah/tidak gandeng sangkar) gacor, tp jika di gandeng tidak bunyi sama sekali
    hanya cuit2 saat saling meloloh
    3. kira2 jika satukan lagi berantem tidak dan berapa lama saya harus amati
    terima kasih

    Posted by chandra | 15 April 2014, 12:12 AM
  2. om kalo selama betina nya mengeram , jantan nya boleh dipisah tidak ?,tks

    Posted by Rifa putri | 11 April 2014, 1:28 AM
    • Boleh dipisah, sebaiknya jauhkan dari kandang tempat betina/pasangannya mengeram (jgn terlihat) karena biasanya ada kasus2 dmn walau jantan dipisah namun kandang jantan berdekatan (apalagi saling lihat) maka betina akan lebih sering keluar sarang, sehingga menyebabkan telur tidak dierami secara baik (telur dingin) dan akhirnya gagal menetas. jadi tipsnya wkt pejantan dipisah sebaiknya lihat/amati reaksi betina. jika sdh dipisah ‘jauh’ namun betina sering keluar sarang maka ada baiknya pejantan tetap disatukan dalam kandang bersama pasangannya.

      Posted by pondokenari | 16 April 2014, 1:03 AM
  3. om mau tanya neeh…..kalo kenari lagi ngerami telornya sebaik nya dikasih lampu/tidak om?

    Posted by jack | 30 Maret 2014, 1:55 AM
  4. tlr kopyor trs bos?sdh dikwni,vitamin sdh,tlr pyh 2x/mgu sdh,sayur1x/mgu.mknn ngplos knri seed2kg,bj sawi1/4,niger1ons

    Posted by sardibei | 28 Maret 2014, 3:54 PM
    • Ganti pejantannya, jika tetap tidak isi ganti betinanya, namun yg perlu diperhatikan adalah kesempurnaan telur menetas dipengaruhi byk faktor:
      seperti proses pengeraman yg harus berjalan lancar tidak adanya gangguan seperti hewan kecil seperti semut, kecoa, cicak sampai kecoa yg berada dekat dgn sarang sehingga induk sering meninggalkan sarang, lokasi kandang yg panas atw teralu berisik, gangguan manusia, sampai pejantan/betina tidak isi.

      Posted by pondokenari | 1 April 2014, 1:45 AM
  5. ass om
    saya pemula beternak kenari om , mau nanya perawatan betina selama mengeram , kandang wajib kita bersihkan selama proses pengeraman atau tidak om ? banyak yg bilang klo selama proses pengeraman kita membersihkan kandang atau memberikan sayuran takut menganggu betina yg sedang mengeram om , mohon pencerahannya om

    Posted by mahardika | 24 Maret 2014, 9:24 AM
    • Memang perlu melihat kondisi, betina yg mengeram memang harus jgn terganggu, maka sebaiknya pembersihan kandang sebaiknya diatur dengan tidak membersihkanya tiap hari, dan sebaiknya utk efektifnya gunakan saja koran utk alas kandang, sehingga lebih gampang di buang dan diganti baru.

      Posted by pondokenari | 26 Maret 2014, 3:48 AM
  6. Kenari saya tidak bisa mengeluarkan telurnya,bagaimana solusinya?

    Posted by agus | 23 Maret 2014, 1:08 AM
  7. pak mau tanya, kenari saya sudah mbunderi kok tidak segera bertelor kenapa ya pak? sudah hampir 1 mgu lebih pak.

    Posted by achmad | 15 Maret 2014, 2:50 AM
  8. pak mau tanya, kenari saya sudah mbunderi kok tidak segera bertelor kenapa ya pak?

    Posted by achmad | 15 Maret 2014, 2:50 AM
  9. Kenari sy stlh bertelur 2 tdk mau angrem. 2 minggu kmdn stlh sy jemur trs dikawin sm pejantannya. Tp kok tdk membuat sarang dan bertelur. Kr2 bgmn penanganannya? Trm ksh

    Posted by agus | 14 Maret 2014, 7:39 AM
  10. ass..om saya mau tanya,
    kenari betina saya di kejar” terus sama pejantan sambil bunyi keras tapi di kawinin ko, jd smacam kawin paksa gitu, buat ke depan’y saya harus bgimana?

    Posted by farid | 13 Maret 2014, 11:47 PM
  11. MaAv Om saya pemula,, sya mau tanya,, saya punya betina usia sekitar 6 bulan lebih(belum pengalaman nelor),si jantan usia 9 bulanan,, saya menjodohkan tanpa proses pendekatan antara 2 sangkar,, langsung saya masukin dlm 1 sangkar,tpi sudah langsung saling meloloh,, tapi saya belum liat kawin’y,, udah saya kasih sangkar dan si jantan dan betina udah saling bergantian beresin sarang,,
    kira” masih lama ga utk kemungkinan bertelur ??

    Posted by Teguh | 9 Maret 2014, 7:18 PM
  12. gan saya butuh pencerahanya nih kenari saya sudah nelur trus angkrem udh sampek 2 minggu kok gx netes” y ???

    Posted by DLinerst | 1 Maret 2014, 7:17 PM
  13. maaf bang saya ulang per tanyaaan,saya adalah pemula mempunyai betina produktif yang baru saja disapih dg anaknya,dan kenari tersbut saat ini minta kawin dan saya kwinkan aja,tp kayaknya betinanya berlemak,apakah bisa bertelur dan menetaskan betina tsb?dan gimana solusinya????suwun jawbwanya….

    Posted by ABU ULYA | 27 Februari 2014, 1:27 PM
  14. bang kenari betina saya kegemuka ato berlemmmak,tp minta kawin,apkah bisa bertelur dan menetas ya???SUWUN

    Posted by ABU ULYA | 27 Februari 2014, 1:19 PM
  15. Om mau nanya knari betina sya baru pertama kali bertelur kmarin baru 1 butir tp sarangnya gk ad serabutnya semua di buangin klo gk ad serabutnya bsa menetas gk ya?ataukah perlu di kasih serabut tp ngaruh gk klo dh bertelur.maksih om

    Posted by ganden | 27 Februari 2014, 10:31 AM
    • Normal kok utk betina yg baru pertama kali bertelur (bertelur sesukanya), tp jika bertelur tidak ada pejantan sebaiknya telur dibuang saja, namun jika betelur karena ada kawin/dikawinkan sebaiknya sarang dibantu rapikan agar betina mau bertelur disarang

      Posted by pondokenari | 28 Februari 2014, 2:27 AM
  16. om mau tanya..kira2 umur brpa hari anakan kenari bisa dipisah untuk di loloh sya sndiri..trims.

    Posted by ayahalfan | 18 Februari 2014, 10:33 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 102 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: