//
PENJODOHAN

Proses penjodohan dirasa perlu karena dalam proses penyatuan kedalam satu kandang nantinya sepasang kenari yg ingin dijodohkan akan cepat melakukan perkawinan karena sudah mengenal satu sama lainnya, kalaupun masih terlihat berantem (dengan tidak menyerang dengan mencabut bulu) tidak akan memakan waktu yg lama. kenapa proses penjodohan ini penting??? hal ini saya alami sendiri terhadap beberapa indukan kenari saya yang lama sekali berjodoh karena saya paksakan untuk berjodoh dengan langsung disatukan didalam satu kandang, namun dengan melakukan proses penjodohan sepasang indukan akan lebih cepat jodoh dan akan segera berkembang biak.

* LANGKAH PENJODOHAN

1. Sepasang indukan yg akan dijodohkan haruslah sudah memasuki masa berkembang biak, usia kenari betina dan jantan sebaiknya diatas sekitar 7 bulanan [alangkah baiknya usia kenari penjatan lebih “Tua” – usia diatas 8 bulan]. walupun tidak mutlak karena ada beberapa kenari betina dan jantan saya umur 5 -6 bulan sudah minta kawin. namun dari pengalaman saya, sepasang indukan kenari yg cukup umur akan mengurangi masalah-masalah seperti telur tidak isi, tidak mau mengeram, kualitas anakan yg lemah, dll.

2. Selanjutnya sepasang indukan kenari yg akan dijodohkan ditempatkan dalam kandang masing-masing [ukuran kandang 30X30x40cm] sudah cukup. tempatkan/gantung selalu bergandengan “tempel”, juga waktu penjemuran harus selalu diusahakan berdekatan. lalu diusahan proses penjodohan dengan saling “tempel” ini sepasang indukan kenari yg akan dijodohkan tidak berdekatan atau melihat kenari yg lain, hal ini akan diharapkan proses penjodohan akan lebih cepat karena masing-masing kenari lebih fokus ke pasanganya masing-masing.

3. Untuk pakan dalam proses penjodohan tetap seperti biasa dengan selalu tersedianya bijiian mix dan sayur kesenangan kenari seperti sawi, gambas, selada,dll. hanya untuk mempercepat masa birahi saya biasanya memberikan telur puyuh setiap 2 hari sekali.

4. Selama masa penjodohan sebaiknya sepasang indukan harus cukup penjemuran.

5. Lamanya proses penjodohan ini relatif saja, bisa 3 hari, 1 minggu, dst. kalau sepasang kenari yg dijodohkan sudah saling berdekatan, walaupun terpisahkan kandang dan terkadang terlihat saling meloloh dengan kandang yg didekatkan/dirapatkan. lalu jika kita jauhkan salah satu pasangannya, masing-masing kenari seperti gelisah tidak tenang dan seperti saling memanggil dengan bersaut-sautan. jika dalam 3 hari sudah terjadi demikian. maka dari pengalaman saya pribadi biasanya dalam waktu 5-7 hari sepasang kenari sudah mau berjodoh.

6. Jika point 5 sudah terlampaui mulailah kita mencoba menyatukan sepasang indukan kenari tersebut dalam kandang [bisa kandang permanen ataupun kandang gantung biasa]. jika sudah tidak berantem berarti dipastikan kenari sudah berjodoh. kalaupun masih sedikit berantem dengan hanya gertak-gertakan tetap biarkan saja dalam satu kandang, asal jangan masing-masing kenari menyerang dengan mencabut bulu, jika itu terjadi langsung pisahkan kenari, karena itu menunjukan bentuk kebencian dan kenari tidak mau jodoh, namun jika hanya sifatnya hanya saling gertak tetap biarkan saja dalam satu kandang, karena dalam 1-2 hari berikutnya kenari tersebut sudah kenal dan rukun/mau untuk jodoh.

7. Seterusnya, sepasang indukan kenari yg sudah berjodoh berikan cukup sayur, jemur, telur puyuh, tulang sotong untuk mencukupi kebutuhan mineral dan kalsium. apalagi bagi kenari betina yg sudah siap bertelur karena akan baik untuk membantu proses pembentukan cangkang. dan terakhir tentunya kita akan menyiapkan sarang untuk kenari bertelur.

Demikian beberapa langkah langkah penjodohan kenari yg saya lakukan, walupun tidak mutlak, karena ada juga kenari yg tidak perlu penjodohan terpisah karena langsung dimasukan dalam satu kandang dan mau untuk jodoh. tetapi untuk mengurangi masalah-masalah kenari yg sulit berjodoh dll, proses penjodohan saya rasa adalah jelas solusi yg mutlak untuk dilakukan.

Selamat Beternak kenari……………..Semoga Sukses bersama Anda…!!!

Diskusi

389 thoughts on “PENJODOHAN

  1. misi om ane mw nanya ane punya kenari jantan 1 betina 2 pertama ceritanya ane mw kawinin jantan sama betina yg orange ga pake di jodohin ane langsung jadiin satu ga berantem ane satuin dah sebulanan si jantan rapiin sarang mulu betina jarang banget tapi tiap hari kawin tapi kaga nelor. nah ane bete nungguin ane ganti dah ceritanye betinanya ane coba jodphin ama yang kuning terus jodoh ni 3 hari walaupun berantem sekarang dah akur yang jadi pertanyaan ane
    1 betina yg orange berisik bgt bunyi cuit cuit mulu kaya nyariin jantan itu pengaruh ga buat jantan ane yang udah ane jodohin ama yang kuning edisi curhat ini

    Posted by keweng | 17 Maret 2015, 12:48 PM
  2. salam kenal om saya dari bojonegoro mau tanya sya punya satu pasang kenari udah saling suap keduanya sudah mulai buat sarang.. tapi masalahnya si betina kakinya malah digigit nyamuk dan sekarang kakinya bengkak apakah masih bisa diteruskan untuk tahap berikutnya atau bagaimana om tolong di jawab..

    Posted by prasetiya | 12 Januari 2015, 8:25 AM
  3. Maaf om mau tanya, kenariku kan barusan gagal menetas, telurnya udah saya buang. Kira2 kalau mau proses penjodohan lg lebih baik jantannya langsung di satukan dengan si betina atau di pisah dulu ya om? Karna kemarin udah coba saya satukan tp kok mereka seperti saling gertak ya, pdhal sbelumnya kan udah jodoh & udh pernah produk om
    Mohon pencerahannya om

    Posted by rizky | 1 Januari 2015, 6:37 AM
  4. Misi om,dari babel ni.mau nanya indkn kenari betina ku bru selesai mabung.apakah masih lama untuk membuat indkan knarinya birahi lagi? Trims sebelumnya

    Posted by brnny | 11 Desember 2014, 9:48 AM
  5. om saya mu nanya..
    saya punya kenari 1 pasang..
    coba saya jodohkan si
    betina ama jantan uda pada
    manggil2 bersautan..pas saya
    satukan langsung loloh-
    lolahan tapi belum keliatan
    kawin.. pas esok harinya ko
    si jantan malah jadi takut
    ya. sedangkan si betina
    sibuk bikin sarang. apa yg
    harus di lakukan? dipisah
    lagi. apa tetap di satuin?

    Posted by cepi | 12 November 2014, 7:29 AM
  6. mau tya om,,,sy pya kn jantan umur 7bln,sedangkn yg betina lgi mabung bulu ke dewasa,apa bsa sya jodohkan,mhon sarannya,,trimksh om,,

    Posted by diman | 2 November 2014, 11:49 AM
  7. beri info’a om buat saya maklum pemula

    Posted by iffal | 10 Oktober 2014, 12:30 AM
  8. saya pnya kenari tp yg jantan ga mau bunyi” om kenari taiwan kta penjual macet bunyi n bisa ga di jodohin om dan jga bagiman cara birahi buat jantan’a

    Posted by iffal | 10 Oktober 2014, 12:27 AM
  9. Kenari sya dah lama di jodohin.. Pi stelah di masukan dlam satu kandang malah msih berantem.. Pi ‎​Ǧ̩̥ɑ̤̥̈̊ĸ mpe saling serang.. Cmn gretak jha.. Itu gmna ya om..

    Posted by ojan | 1 Oktober 2014, 1:47 AM
  10. om mau tanya kenari q gk mau jodoh2 pejantanya umur11 bulan idukanya udah pernah produksi indukanya di serang terus om saranya om

    Posted by Angga Madridistas | 14 September 2014, 7:31 AM
  11. om, tnya dong, knari tu kawin’a gmna sih, kejar”an atau gmna??, lg bljar trnak nee

    Posted by kurniA | 10 September 2014, 3:19 AM
  12. om…mau nanya! kenari setelah kawin, berapa hari dia akan bertelur? soalnya kenari saya 3 hari masa penjodohan..setelah itu hari ke 4 saya masukan dalm satu kandang (pagi hari awalnya tidak akur — dilihat lihat siangnya sudah akur-tidak berantem) eh..keesokan harinya kok sudah ada telur di dalam sarangnya..saya bingung, kok cepat benar kenari betina bertelur…trm kash atas jawabannya!

    Posted by Murl | 21 Agustus 2014, 9:55 AM
    • Bisa saja itu telur gemuk/kosong (yg dimungkinkan karena masa birahi betina sdh tiba) ada baiknya jika pasangan kenarinya kelihatan akur maka biarkan saja tetap dalam 1 kandang dgn maksud biar terjadi perkawinan lg sampai betina bertelur yg ke 2 dstnya.

      Posted by pondokenari | 21 Agustus 2014, 9:45 PM
  13. mau nanya omm…kenari saya lg dijodohkan,di hari pertama burung jantan & betina akur,kawin,sampai 5x mengawini.tp dihari berikutnya si betina sering berontak saat mau di kawini.gmna ya solusinya?mhn pncerahannya. thx .

    Posted by arifpin | 5 Agustus 2014, 10:18 PM
    • pisahkan saja betinanya sehabis dikawinkan, biar betina/jantan saling mencari, setelah itu besoknya satukan/kawinkan lg. atw bisa dicoba satukan kenarinya dalam keadaan dijemur dalam kandang.

      Posted by pondokenari | 6 Agustus 2014, 9:26 PM
      • Misi gan mau nanya.kenari saya udah jodoh..sudah saling meloloh.. tp kalau si jantan mau mengawini sang betinanya malah menghindar,solusinya gimana ya?

        Posted by brnny | 4 Desember 2014, 9:10 PM
  14. om saya mau nanya nih kenari saya sdh bertelur tp gagal menetas, setelah gagal menetas tapi indukan masih mengerami sarang yang kosong. Apakah sarang yg kosong harus dibongkar? bila dibongkar apakah menyebabkan kenari stres, tks sblmnya

    Posted by Suro Railfans | 19 Juni 2014, 3:18 AM
  15. om, mau nanya apakah kenari betina bertelur 1 dan pada esoknya kawin lagi dengan jantannya ???

    Posted by andisay | 2 Juni 2014, 12:05 PM
  16. Lanjutin pertanyaan yg sebelomnya ya oom….bagaimana perlakuan bagi indukan yg suka nyabutin bulu anakannya…..mungkinkah indukan tersebutsudah birahi kembali ?

    Posted by yono | 28 April 2014, 3:49 AM
    • Jika anakan belum bisa makan sendiri, biarkan saja induk mencabuti bulu anakannnya, proses ini wajar, penyebab terbesarnya mulai birahi lg, tp biarkan saja, bulu bisa tumbuh lg nanti dibandingkan anakannya mati karena blm bisa makan sendiri kr dipisah (menghindari induk ), kecuali anakan sdh bisa makan sendiri yaa tinggal dipisah saja dari indukannya.

      Posted by pondokenari | 12 Agustus 2014, 1:49 AM

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 120 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: