//
KENARI MOULTING-MABUNG

PERWATAN KENARI MOULTING ATAU MABUNG

Masa mabung (moulting) merupakan masa yang sangat menuntut perhatian penghobi burung. Bulu yang hilang dan digantikan selama masa mabung atau meranggas ini menyerap 25% dari total protein yang ada di dalam tubuh burung. Inilah mengapa selama masa mabung perlu ditambahkan juga protein sebesar seperempat total protein dalam tubuh burung.

Bulu-bulu dan selongsong bulu terdiri atas lebih dari 90% protein, khususnya protein yang disebut keratins. Protein bulu berbeda dengan protein pada tubuh dan telur serta memerlukan jumlah proporsional yang berbeda atas asam amino (pembangun sel atau blok protein). Burung harus mengonsumsi makanan dengan kandungan asam amino jenis ini kemudian menyerap dan disimpan sebagai protein (keratin) khusus bagi keperluan pertumbuhan bulu. Proses ini sangat penting bagi burung dan tubuh burung harus bekerja ekstra untuk mendapatkan gizi yang cukup untuk membentuk bulu secara sempurna.

Ketika burung mabung, mereka juga memerlukan energi yang besar untuk memproduksi bulu baru. Keperluan energi yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan protein, menyebabkan burung harus mengonsumsi lebih banyak makanan selama meranggas untuk dapat mempertahankan pertumbuhan bulu baru. Untuk diketahui saja, energi yang diperlukan burung selama masa mabung sebesar dua setengah kali lebih banyak ketimbang burung yang sedang memproduksi telur (lihat misalnya penjelasan pada “Moulting in Bird” di situs vetafarm.com yang menjadi referensi utama untuk tulisan mengenai masalah mabung ini).

Faktor-faktor yang berpengaruh pada masa mabung tidak bisa sepenuhnya dipahami, karena sangat kompleks. Umur burung, musim saat mabung, cuaca harian, kadar hormon dan siklus perkembangbiakan, semua menjadi faktor penentu bagi keberhasilan atau kegagalan burung melewati masa mabung.

Hal yang paling utama untuk diingat adalah bahwa pada saat burung mabung, Anda harus memberikan suplai pakan yang cukup sehingga mereka bisa mengembangkan bulu-bulu sesempurna mungkin.

Untuk menyediakan protein yang diperlukan untuk peningkatan produksi bulu, Anda harus meningkatkan asam amino yang mengandung sulfur seperti metionin dan sistin. Protein seperti itu bisa ditemukan di dalam daging hewan. Daging dapat diberikan kepada kebanyakan burung yang sedang mabung dalam jumlah kecil plus pemberian suplemen makanan yang baik. Suplemen multivitamin dan multimineral yang baik seharusnya mengandung berbagai vitamin dan mineral serta asam amino untuk memungkinkan tumbuhnya bulu secara normal.

Meskipun pada umumnya mabung berjalan normal, ada beberapa hal yang sering mengganggu masa mabung burung, khususnya tumbuhnya bulu yang tidak merata atau bahkan ada bulu yang tidak rontok (sekadar nyulam).

Pola prawatan masa mabung:

1. Tempatkan burung di tempat yang sepi, jauh dari lalu lintas manusia. dan lebih banyak dalam kondisi dikerodong.

2. Mandi cukup 1x seminggu saja dan jemur maksimal 30 menit/hari/Tidak mutlak

3. Pemberian porsi pakan tambahan diberikan lebih banyak, Misalnya: Tambahkan biji niger sed +  telur puyuh serta sayuran dan buah.

4. Berikan multivitamin yang berkualitas yang dicampur di air minum. (Dengan takaran yg sesuai dan tidak berlebihan)

5. Lakukan pemasteran. Masa mabung membuat burung lebih banyak pada kondisi diam dan mendengar. Inilah saat yang tepat untuk mengisi variasi suara sesuai dengan yang kita inginkan. Lakukan pemasteran dengan tepat, sesuaikan karakter dan tipe suara burung dengan suara burung master.

Iklan

Diskusi

267 respons untuk ‘KENARI MOULTING-MABUNG

  1. Permisi om. Mau nanya dikit boleh ya om. Umumnya(kebanyakan)kenari yg selesai menjalani proses mabung pertamanya apakah sudah mau mulai(bisa) ngerol?

    Posted by Kurniawan nasotion | 3 Desember 2013, 9:16 PM
  2. mw tany lg ni om kenari sy bulu leherny smp skrng g tumbuh2 n gada cri2 bulu kecil2 yg mw tumbuh knp y om n buluny jg kusam mhon pencrahany om

    Posted by ayoep | 15 November 2013, 12:32 AM
  3. Slmat siang om slam kicau,kenari sy sekarang lg mabung dan tidak pernah kedegaran bunyi tetpi sblm mabung dia ngacor terus isian jg uda byak na yg aku ingin tyakan “apakah nanti stlah kelar mabungnya dan bunyi kembali suara isiannya/masterannya itu akan tetap ada atu hrs dimaster lg?” di tunggu penjelasannya om,mksi.

    Posted by Linus bae | 14 November 2013, 10:11 PM
    • Masa mabung adalah hal yg wajar/alami yg akan dialami setiap burung, setelah proses mabung selesai lalu dilakukan perawatan yg baik (sesuai dan konsisten) maka burung akn kembali rajin berkicau, mengenai materi suara masteran yg sdh terekam sebelumnya bisa saja hilang bisa tidak, alangkah baiknya masa mabung burung tetap dimaster dengan suara master yg sekarakter, karena masa ini (mabung) dimana burung akan lebih banyak diam/mendengar.

      Posted by pondokenari | 15 November 2013, 1:25 AM
  4. pagi smua slm kenal om sy ayup pemula.mw tany mhon ilmuny om.sy br bli kenari udh rajin buny tp buluny msh pd botak.kt pedaganny br slsai mabung d kandang jg udh gada yg jatoh buluny.yg mw sy tany mandi n jemur spert biasa g.n EF ny ap aj yg bgus biar cpt rapih.trmksh bnyk om

    Posted by ayoep | 10 November 2013, 6:34 PM
  5. Salam kicau om…..ada yang mau saya tanyakan nih om saya baru beli kenari umur 4 bln sya sudah rawat hampir satu bulan waktu itu sudah mulai mau bunyi walau pelan-pelan saja.ketika beberapa saat burung kenari sya mata’a sakit ga tau digigit semut atau nyamuk habis dia ga bilang2 ke saya.padahal sudah full krodong om.dan akhir’a saya udah obati pke obat tetes mata.tapi akhir ceritanya kenari saya gak bunyi lg om diam seribu bahasa.KN saya sekarang sering bermuram durja om.padahal telor puyuh.tulang sotong.apel.sawi putih ada dikandangnya namun tetap dia diam membisu.
    pertanyaan’a :1. Bagaimanakah cara perawatan kembali kenari sya agar dia mau berkicau lagi om?
    2. Kenapa sekarang ada bulu halus yg rontok sehelai demi sehelai om?
    3. Berapa lama kira2 saya harus menunggu untuk mendengarkan kicauan’a lagi om?
    Terima Kasih banyak om sebelumnya atas jawaban yg telah om berikan.

    Posted by AL | 30 Oktober 2013, 1:35 AM
    • 1. rawat secara baik, mandi jemur teratur, EF bervariasi dan jangan putus
      2. bisa saja sudah mulai memasuki masa mabung yg membuat kenarinya malas bunyi
      3. setelah kondisi kenarinya kembali vit/sehat biasanya akan kembali mulai berkicau, kondisi seperti ini (merawat kenari muda) memang membutuhkan kesabaran

      Posted by pondokenari | 13 November 2013, 6:15 AM
  6. siang om, kenari sya selesai mabung gacor,gk kenal tmpat, d taruh bawah,d liat dari dekat tetap bunyi, tp pas liat kenari lain,ko malah diem trus bulu y gembang,knp y,saran om

    Posted by ajuy | 23 Oktober 2013, 11:53 PM
  7. om mau tanya, klo proses mabung utk kenari jantan dn betina umumnya di umur brp? bedanya mabung sama nyulam itu apa? dn ada yg bilang slama proses mabung itu tdk boleh mendengar suara brg lain krn tkut stres. maklum baru miara. thx ^^

    Posted by titian | 21 Oktober 2013, 2:12 AM
  8. selamat sore gan mohon solusinya kenari gue mengalami kebotakan di leher sampe sekarang gax mau tumbuh padahal untuk pemberian makanan, variasi sayur, telur puyuh, vitamin dan mineral sudah teratur di berikan..kenapa y gan ? makasih…

    Posted by Sugeng Sanctus Nts | 30 September 2013, 3:26 AM
  9. slmt sore gan mohon solusinya burung kenari gue mengalami kebotakan d bagian leher aja samape sekarang gax mau tumbuh untuk pemberian makanan, variasi sayur, telur puyuh, vitamin dan mineral sudah teratur diberikan,kenapa ya gan ? makasih gan.

    Posted by sugeng sanctus "nts" | 30 September 2013, 3:05 AM
  10. maaf om saya mau tanya kenari saya AF putih dah umur hampir 9 blan na tp kok gk gacor ya ngeroll pun sebentar..udah di cek ternyata jantan tp kok gk gacor kenapa ya om….padahal dari pemberian makanan dan vitamin saya selalu terjaga..mohon jawaban nya om..dan sukses bt om

    Posted by uli sunda | 29 September 2013, 10:54 PM
  11. Saya beli kenari usia 2 bln dan sudah saya rawat selama 5 bln,warna burung sdh berubah menjadi agak tua,jenkel dipastikan jantan,tapi knp suara blm gacor hanya ngeriwik kasar saja,apa ada yg salah dgn perawatan dan pakan,EF sayuran dan buah tiap hari sementara telur puyuh seminggu sekali,harus menunggu berapa lama lagi agar kenari bersuara gacor om…? makasih om…baru perdana miara burung

    Posted by Agung TenKe | 18 September 2013, 12:12 AM
    • memang tidak semua sama kondisinya dari kenari muda menjadi gacor, yg penting perawatan konsisten saja dan jgn sebentar/sering dirubah-rubah, coba jemur lebih lama dan dimaster dengan suara masteran yg sekarakter)

      Posted by pondokenari | 13 November 2013, 6:05 AM
  12. om saya mau tanya nich . pada msa mabung kn dkrodong full trus dmasterin ..
    pertaya’an saya . master spa saja yg lbih baik kpd kn trsbut ..? mhon dbantu ea om .

    Posted by Ryan | 7 September 2013, 7:38 AM
    • Materi suara master yg baik utk kenari seperti, ciblek, blackthroat, sanger, mozambik, prenjak, glatik, dan suara burung kecil lainnya. namun proses pemasteran ini sebaiknya di sesuaikan dengan suara karakter kenari yg mau dimaster, waktu, frekwensi, dan fokus apa suara masterannya.

      Posted by pondokenari | 17 September 2013, 1:22 AM
  13. Minta solusinya dong om..Udah hampir 1mgg lebih sepasang kenariku dlm satu sankar entah sudah dikawin taw belum krn betinanya masih terus bunyi birahinya tingkat tinggi tp sijantannya cuek tp butuh sesekali sijanjan mo ngawin sambil terbang betinanya malah lari dan tidurnyapun suka berjauhan kl makan bukannya saling loloh malah suka saling gertak tp gak sampe berantem dan yg paling senang diam di sarang justru sijantan dan kenapa sekarang bulu besar betinanya ada yg jatuh ? Mohon pencerahannya tks

    Posted by Warta | 3 September 2013, 10:13 PM
  14. Mau nanya Om, kenari yang gacor tiba2 tidak mau bunyi. Selidik punya selidik ada 3 helai bulu di sangkar kandang. Berdasarkan hal tersebut, saya perkirakan bahwa kenari saya sedang mabung. 1 hari, 2 hari, 3 hari tiap pagi masih ada bulu yang rontok. Tapi pas hari ke-4 tiba-tiba kenari saya bunyi lagi padahal masih ada bulu yang rontok. Hari minggu kemaren saya semprotkan obat kutu, karena takutnya kena kutu bukan mabung. Sampai sekarang udah 2 minggu lebih masih ada bulu yang rontok. Menurut omkicau bagaimana?

    Posted by Karyono | 27 Agustus 2013, 6:48 AM
  15. sblmnya salam kenal smua yah,maaf om sya mau tnya nih klau brng kenari bulu nya rontok itu penyebab nya ap yah? solusi utk mengatasi bulu rontok pd burung kenari,solusi dan tips nya apa?terima kasih

    Posted by ardy | 13 Agustus 2013, 2:56 AM
  16. om klo KN mabung tiap hari d beri telur puyuh smentara porsi jemur brkurang pa ga tmbah gemuk dan mempengaruhi macet bunyi,,,,

    Posted by whelly | 12 Agustus 2013, 10:53 PM
    • Kenari mabung membutuhkan banyak asupan protein (bisa didapat dari telur), memang kondisi umum sering membuat kenari terlihat gemuk, namun proses “pelangsingan’ bisa dilakukan setelah proses mabung usai, seperti dengan banyak jemur dan pengumbaran.

      Cat: kenari mabung sebaiknya tidak dijemur.

      Posted by pondokenari | 17 September 2013, 1:14 AM
  17. Mau tanya om.kn jantan dpat dijadikan indukan sampai berapa usia maksimalnya . .soalnya kn jantanku usia 2 thn lbih apa masih bsa ngisi

    Posted by Ahmad | 11 Agustus 2013, 12:47 PM
  18. tanya nih om,,,
    knari sya ni mulai kmarin bulunya dah rontok 6helai,,, (sprtinya blu syap),,, pa ni tnda mau mabung pa nyulam,,,
    trims,,,

    Posted by whelly | 10 Agustus 2013, 10:47 AM
  19. om mau tanya
    kenari betina saya ko rontok bulunya dibagian leher tp ko mpe skrg blm tmbuh2 y,pdhl dh lma bgt.
    cranya biar kmbli tmbuh bulu dbgian leher gmana y?? mksh

    Posted by farid_wae41@yahoo.co.id | 28 Juli 2013, 7:57 PM
  20. Om, saya pemula ini soalnya, mau tanya.
    1. Kenari saya umur – y bln kaget diganggu tikus, terus takut nabrak sangkar, bulu pinggir pas bung(bulu muda pecah berdarah) jadi sayapnya sengkleh, apakah bisa pulih?

    2. Saya ada betina vit siap kawin, pejantan gacor birahi tinggi, tapi lagi ambrol mau mabung, jika dilakukan perkawinan apakah efektif? Ada dampak negatif buat yang jantan tidak..?
    Terima kasih banyak om.

    Posted by Surya | 20 Juni 2013, 9:51 AM
  21. apa bedanya mabung sama nyulam om?

    Posted by adi | 11 Juni 2013, 7:11 AM
  22. Permisi pakdhe/om.
    Saya ada sdikit kendala dengan kenari. Dulu kenari saya sepasang ini udah lancar produk smpe 5x,bulan feb kmren betina mabung,truz bulan maret si jantan mabung. Masalahnya smpe skarang mreka gk mau kawin lagi. Pdhl jantan udah gacor n sehat,betina jga udh sehat..
    Mohon pencerahan om/pakdhe,dri pada kenari sya jual kan sayang

    Posted by Antoni | 9 Juni 2013, 10:55 AM
    • Lakukan pengkondisian lagi, sama-sama dipisah dulu, lakukan perawatan rutin dan teratur. mandi jemur dsbnya. lamanya pengkondisian ini relatif intinya juga tidak bisa buru-buru, setelah dirasa cukup (2-3 minggu) coba disatukan, lalu pisah lagi dstnya begitu. jika betina sdh merapikan sarang, jantan sdh gacor full, dan jika disatukan sdh tidak berantem maka tidak lama lagi dipastikan betina akan kembali bertelur.

      Posted by pondokenari | 4 Agustus 2013, 11:45 PM
  23. mau tanya om, kn sy udah beres mabung, tp bulu2nya pd jatuh lg setiap hari 2 sampai 3 lembar. gmn mengatasinya. trim,s

    Posted by buditrioso | 25 Mei 2013, 10:14 AM
  24. kenari kalau dikasih telur rebus tapi telur ayam bisa ga om? telur puyuh pun jarang skali habis padahal saya kasih stengah aja

    Posted by dhanes | 21 Mei 2013, 2:08 AM
  25. om ane mo tx ne KN ane mabung pi mabungx sdikit2 g bnyk2 rambutnya yg jatuh biar mabungx cepat tuntas bagi ilmu dong om,oya om ne kenari sma sekli g mau bunyi setelah mabung emang bgtu y om……?

    Posted by emix | 20 Mei 2013, 8:49 AM
    • Lakukan perawatan untuk kenari mabung saja, biarkan alami dan tidak usah dipaksa, dengan harapan mabungnya berjalan normal dan tidak bermasalah. tentu hal ini menuntut kesabaran. untuk kenari mau mabung, sedang mabung, rapi mabung tentu akana ada penurunan frekwensi bunyi dan butuh pengkondisian ulang (perawatan yg konsisten lagi)

      Posted by pondokenari | 20 Mei 2013, 10:44 PM
  26. permisi, numpang tanya lg dong, ko kenari saya kpalanya bulunya pada rontokan ya om? kaya botak gituu. itu knapaya? apa wajar mabung sampe nbotak gitu? dan juga knari saya gasuka apel dan kroto, knapaya itu?

    Posted by dhanes | 14 Mei 2013, 11:08 PM
    • Kalau botak dalam kondisi mabung wajar-wajar saja, jika tdk, berarti kemungkinan penyebab kebotakan adalah kekurangan mineral dan kutu. EF bisa diberikan sayuran bervariasi tdk harus apel, kroto bukan EF untuk kenari sebenarnya walau byk yg memberikan kroto kpd kenari dgn maksud mengangkat birahinya/supaya makin gacor, dan byk kenari yg belum terbiasa dan tdk mau sama sekali. kroto memang byk mengandung protein tinggi, namun bisa diganti dengan rebusan telur puyuh.

      Posted by pondokenari | 20 Mei 2013, 2:15 AM
  27. berapa Lama kenari mabung sampe selese om?

    Posted by adi | 1 Mei 2013, 9:46 PM
  28. mau nanyak om,KN sya uda siap mau kawin,tpi saat di campur mala berantem dan kejar2an jantannya di patok in sampek bulunya lepas2,gimana ya solusinya

    Posted by ita batoe | 1 Mei 2013, 7:30 AM
    • Berarti belum jodoh, betina belum mau dikawini. mencabut bulu jantan pertanda betina tidak menyukai pejantannya. lakukan proses penjodohan sambil mengkondisikan agar betina dan jantannya berada dalam keadaan birahi berimbang (mandi jemur teratur, EF sayuran bervariasi, dll)

      Posted by pondokenari | 20 Mei 2013, 1:56 AM
  29. om mau tanya kalo kenari rontok bulu kepalanya(botak) itu bagaimana?untuk merapihkan bulunya kembali memerlukan waktu lama gak?

    Posted by strong | 22 April 2013, 2:17 AM
    • Lakukan treatmen mandi dengan obat anti kutu dengan pemberian secara rutin dan teratur dan berikan multivitamin untuk mencukupi kebutuhan mineralnya. karena kerontokan dan kebotakan biasanya dipengaruhi oleh kutu dan kekurangan mineral.

      Posted by pondokenari | 22 April 2013, 5:23 AM
  30. om mau tnya om…
    KN sy saat ini umur +3bln dan dlm kondisi mabung. KN dlm kondisi mabung kan perlu asupan protein yg lbh untuk pertumbuhan bulu2 barunya dan itu bisa di dptkn dari telur puyuh.
    Nah masalahnya KN sy ini ga suka sm telur puyuh om,dimakan sih tp cmn dikit bngt om bhkn smp kering telur puyuhnya ga di makan2 lg,dan sy coba ganti pake telur ayam kasusnya pun sama cmn dikit dan dibiarkan smp kering.
    Solusinya gmn yah om,apa ada makanan alternatif lain selain telur puyuh dan telur ayam??
    sebelumnya makasih om atas solusinya.. 🙂

    Posted by kheboth | 16 April 2013, 10:33 PM
    • Telur puyuhnya diberikan 1 butir? sebenarnya tdk mengapa tetap diberikan telur puyuh tapi dengan porsi yg lebih sedikit, agar sehari bisa langsung habis, setengah atau seperempat saja. pakan lain yg bisa diberikan untuk asupan proteinnya boleh diberikan kroto (ini kalau kenarinya suka, karena byk jg yg tdk suka) cukup setengah sendok makan saja dengan pemberian 2-3 X seminggu.

      Posted by pondokenari | 16 April 2013, 11:55 PM
  31. om kenari betina saya, sudah siap bget untuk di kawinkan..
    Tp bulu kepalanya rontok semua (botak). itu kalo saya kawinkan ngaruh gak Om..???

    Posted by nudiansyah | 11 April 2013, 10:09 PM
  32. mo tny om? apakah kenari jantan yang tadinya sudah gacor dan saat ini dalam keadaan mabug tidak bisa bersuara keras alias hanya ngriwik?

    Posted by Epid Febrian | 2 April 2013, 9:38 PM
    • Benar sekali, kenari mabung umum akan mengalami malas/macet bunyi, kenapa demikian hal ini dikarenakan adanya perubahan hormon pada tubuh kenarinya yg lagi mabung. istilah sy kenari mabung itu seperti kenari lagi ‘sakit’ sehingga akan mempengaruhi semua kondisi sebelumnya.

      Posted by pondokenari | 2 April 2013, 11:05 PM
  33. multivitamin yg bisa diberikan ke kenari itu apaya om?

    Posted by dhanes | 28 Maret 2013, 11:02 AM
  34. di kerodong sepanjang waktu gapapa tuh om admin? ga berpengaruh sama kesehatan burung nya?

    Posted by DHANES | 28 Maret 2013, 1:23 AM
    • Dikerodongnya jg ga full kan? biarkan ada celah utk sirkulasi udara, terus jg pasti ganti pakan dan bersihkan kandang kan? jd brg mabung dikerodong ya tdk apa (kondisi mengikuti) kemudian karena KN mabung lg kondisi krg vit rentan sakit sebaiknya di berikan multivitamin khusus brg tentu dgn pemberian yg terukur dan tdk berlebihan.

      Posted by pondokenari | 28 Maret 2013, 2:15 AM
  35. bedanya fase merontokoan sama merapihkan bulu itu gimana om? maaf masih awam 🙂 ada yg bilang kalo dimandiin itu dan dijemur malah harus, yg bner mana ya om? -_-“

    Posted by dhanes | 27 Maret 2013, 12:00 AM
  36. di masterin pake suara kenari gacor gapapa om? oiya itu lagi mabung apa sepanjang waktu harus di krodongin om? maaf banyak tanya baru miara kenari mabung soalnya 🙂

    Posted by dhanes | 26 Maret 2013, 9:32 AM
    • Tdk apa memaster dengan suara kenari gacor, tetapi jika ingin menciptakan kenari bersuara ‘isian’ sebaiknya memaster dgn suara brg yg lain (jenis finch lebih baik) seperti suara mozambik, blackthroat dan brg lain yg suara msh cocok dg suara kenari yg dimaster. pengkrodongan itu fase waktu kenarinya ngerontokin bulu saja, utk fase merapikan bulu boleh tidak dikerodong/atw dikerodong tergantung kondisi. yg pasti jgn dimandikan dan jgn dijemur.

      Posted by pondokenari | 26 Maret 2013, 10:33 PM
  37. numpang tanya om, kenari saya lagi mabung, berapa lama ya om proses mabung itu? dan apa ada EF yg harus diberikan dalam proses mabung ini? kalo mau dimasterin tapi pake suara kenari yg gacor dan dari suara HP apa bisa om? mohon infonya 🙂

    Posted by dhanes | 25 Maret 2013, 9:51 AM
  38. misi om..
    mau nanya nih om…
    kenari saya mabung om..
    apa tidak apa-apa dikasih telur puyuh..
    terus klo sudah selesai mabungnya gimana ya om biar kenarinya bisa ngoceh lagi…
    mohon sarannya ya om..
    terima kasih…

    Posted by khairil | 25 Maret 2013, 6:10 AM
  39. Om kalo kenari betina saya sudah bertelur 4 tapi ga mau mengerami telurnya,padahal jantan gansaya cabut, solusinya gmana ya spy mengerami telurnya. Trims om
    .

    Posted by Febian | 21 Maret 2013, 11:44 AM
  40. mau nanya om kenari saya awalnya berwarna kuning sekarang bulunya rontok dan ganti orange tapi tinggal sedikit kok bulunya nggak mau rontok ya om…mohon pengarahannya

    Posted by FAHRI | 4 Maret 2013, 7:02 AM
  41. Hallo om,saya mau nanya klo kenari indukan lg mabung + jantannya juga lg ngeberesin bulu2nya tp msh lincah apa bisa di kawin kan apa tidak .mohon info nya om

    Posted by deva | 28 Februari 2013, 9:38 AM
    • Sebaiknya proses pejondohan/perkawinan yg baik itu kondisi dmn pasangan induk berada dalam keadaan sehat/vit, wkt dalam keadaan mabung, nyulam dsbnya itu sama saja kenari/brg dlm keadaan ‘sakit’ sehingga dikwatirkan telur-telur yg dihasilkan kopyor.

      Posted by pondokenari | 28 Februari 2013, 10:11 PM
  42. Mau tanya om Kn saya ko waktu mengerami ada bulu jatuh empat biji, trus pada saat sudah waktunya netas saya liat telur masih bening, ternyata telur ga netes.apakah kn saya termasuk mabung?waktu siang telur tak ambil, sore kn saya dah birahi lg.kira2 klo di kawinkan jadi ga ya?trus apabila kn sudah selesai mabung,tinggal nunggu tumbuh bulu perawatannya gmn?

    Posted by kris | 26 Februari 2013, 8:58 AM
    • Selama durasi 14 hari itu apa ada lagi terlihat bulu-bulu lain yg jatuh-yg mengindikasikan mabung? kalau tidak ada berarti tdk lagi mabung, kebetulan saja mungkin telur memang tdk isi kerena induk tidak vit waktu masa kawin atau juga proses pengeraman yg tidak sempurna adanya gangguan yg bermacam-macam. sementara dikondisikan saja dulu, dipisah, mandi jemur teratur, kasih EF berimbang dan terjadwal, setelah kurang lebih 1 minggu full ditreatment seperti itu coba dicampur dengan pejantan lg. tetapi jika kenyataannya lagi mabung untuk perawatannya silahkan klik https://duniakicau.wordpress.com/kenari-moulting-mabung/

      Posted by pondokenari | 26 Februari 2013, 11:04 PM
      • Bulu selama 14hr ya cuma 4 bji saja om. termasuk mabung apa sulam?klo dlm masa sulam,KN masih lincah,baik jantan ataupun betina,jika di proses kawinkan akan terjadi pembuahan ga.?terima kasih atas infonya.

        Posted by Kris | 27 Februari 2013, 4:55 AM
      • Pembuahan yg baik akan dipengaruhi oleh kondisi indukan (jantan-betina) artinya dengan proses kwain yg sempurna, indukan yg dalam kondisi vit (Ngisi), proses pengeraman sempurna (no gangguan) maka telur akan menetas dengan baik pula. nah…jika telur pada kasus-kasus tertentu tidak menetas, maka faktor-faktor penyebabnya bisa di analisa dari awal yg disampaikan diatas.

        Posted by pondokenari | 27 Februari 2013, 10:46 PM
  43. Om aq br beli kenari(impor “inggris”) jantan & betina. Dapat 2 hari yg jantan nyekukruk+mencret/diare & yg betina nyekukruk+nafsu makanx kurang. Di kasih telor puyuh+sayur ngak di makan sama skali. GMN solusix om? Tlng kasihtau cara prawatanx dan merk obatx agar kenari impor saya sehat lagi. Pusing kepala q mikirin om.

    Posted by Nanang | 25 Februari 2013, 6:51 AM
    • Perbedaan cuaca yg sangat signifikan antara eropa dan Indonesia biasanya menjadi penyebab kenari-kenari import beresiko sakit/tidak vit dan akhirnya jika tidak ditangani dgn cepat akan menyababkan kematian (belum lagi perjalanan yg panjang menyebabkan kenari-kenari kelelehan-daya tahan menurun) untuk itu di sarankan jika ingin membeli kenari-kenari import pastikan dahulu kenari tersebut sudah kondisi iklim Indonesia, paling tidak sudah adaptasi beberapa waktu dan sudah rawatan, itu lebih aman. untuk solusi sementara berikan antibiotik dan obat diare khusus untuk burung (sudah banyak kok jualnya dengan berbagai merk) biasa lebih lengkap membeli obat tersebut di PB Besar. berikan sesuai takaran dan tidak boleh berlebihan, karena proses penyembuhan itu butuh proses bukan dengan banyaknya obat yg diberikan.

      Posted by pondokenari | 25 Februari 2013, 9:47 PM
  44. om knari ane sering terlihat bulu bulunya jatoh tp dia msh lincah dan msh bunyi
    ini termasuk mabung bkn.

    Posted by epen | 23 Februari 2013, 3:11 AM
  45. Terima kasih atas etunjuknya om.
    sukses selalu…

    Posted by Kris | 22 Februari 2013, 5:58 AM
  46. mau nanya om .3 mggu yg lalu KN sy slse mabung dan dah mulai ngriwik sering lg.tp 2 hr ini sy liat dikandang bnyk bulu rontok lg tp lebih bnyk dr yg dulu.gimana ya? dan ada efek gak nantinya ?

    Posted by landwipa | 22 Februari 2013, 1:08 AM
    • Mabung yg sdh 3 minggu itu bulu2 tua apa sdh jatuh semua (termasuk bulu sayap dan ekor?) bisa saja yg dikatakan mabung 3 minggu yg lalu itu KNnya sedang nyulam bulu, lalu yg sekarang baru benaran mabung, karena bulu2 yg rontok lebih byk dari sebelumnya?

      Posted by pondokenari | 22 Februari 2013, 4:02 AM
  47. terima kasih infonya om.
    nanya lagi.
    pemasteran kenari yg bagus jam/waktunya kapan?
    apakah dengan dimasteri isian yg lama akan hilang,atau tambah?

    Posted by Kris | 22 Februari 2013, 1:02 AM
    • Waktu bisa kapan saja, sampai kenari dlm keadaan tidur saja di yakini kenari msh mampu merekam suara master yg diperdengarkan.
      Sekarang pemasteran menggunakan cara apa?
      1. Burung masteran
      2. Menggunakan suara masteran yg sdh direkam diperangkat elektronik.

      Jika menggunakan cara pertama, maka hal mudah yg dilakukan adalah mendekatkan kandang kenari dgn kandang burung master tentu dengan burung master yg benar-benar gacor dgn jarak perkandang tidak berdekatan sekali dg brg-brg masterannya, yg penting suara burung masteran terdengar berimbang, tidak terdengar keras atau terlalu kecil oleh KN yg dimaster, utk itu jarak perkadang perlu diperhatikan. utk hasil yg maksimal hal lain yg perlu diperhatikan jg adalah brg masteran yg menjadi suara masteran harus sesuai dgn karakter KNnya, umum brg masteran KN menggunakan brg-brg masteran seperti, BT, sanger, mozambik, ciblek, prenjak, glawing, rambatan, kolibri dsbnya.

      Jika menggunakan cara ke 2, setting suara dgn ada jarak/jeda antar suara (suara masteran 5-10 menit keluar lalu setiap 30 menit bersuara lg dan begitu seterusnya) sehingga KN tdk kesulitan utk mencerna suara masteran, dan tidak perlu semua jenis suara brg masteran diperdengarkan setiap hari, difokuskan saja 3 minggu s.d 1 bulan pertama diperdengarkan suara ciblekan, lalu jika suara mulai terdengar/masuk ke kenarinya lalu diganti lg dengan suara masteran selanjutnya (kebanyakan kt tdk sabar akhirnya semua suara yg mau dimaster diperdengarkan trs tiap saat sehingga kenari jg tdk maksimal dalam merekam suara masternya) hal lain yg perlu diperhatikan juga adalah suara master yg diperdengarkan tidak boleh terlalu keras maupun kecil, yg penting terdengar berimbang oleh KN yg dimaster.

      Berapa lama terlihat hasilnya? semua akan tergantung dari 3 K, yaitu:
      1. Kemampuan dari KN yg dimaster utk menyimpan suara-suara yg dimaster (kapasitas otak-memory)
      2. Konsistensi pemasteran
      3. Kesabaran

      Kenari-kenari yg menyimpan suara masteran tentu tdk semerta-merta menghilangkan suara masteran yg ‘lama’, namun umum kenari-kenari tersebut dengan kemampuannya masing-masing akan mengkombinasikan semua suara masteran yg tersimpan di otaknya dengan suara aslinya (atau malah tdk lagi bersuara aslinya yg disebabkan pola pemasteran yg dilakukan sudah melewati waktu yg panjang yakni sedari kenari masih berumur hitungan minggu)

      Semoga Berhasil

      Posted by pondokenari | 22 Februari 2013, 3:55 AM
  48. Mau tanya om.
    kenari saya lgi proses mabung.
    trus saya kerodong,ko pagi saya buka krodong mau kasih makan ko kaki di angkat satu/pincang.saya liat ko kaya sobek2.obatnya apa?sama kenari pada waktu mabung apa bisa di master meskipun umur sudah tua.

    Posted by Kris | 21 Februari 2013, 5:54 AM
    • Luka pada kaki tentu bisa banyak kemungkinan, bisa tersangkut di jeruji kandang -karena kandang dikerodong (apalagi batang jeruji yg tidak halus), atau digigit serangga, dan bisa saja digigit sendiri oleh kenarinya karena kaki yg gatal yg disebabkan jamur dsbnya. solusinya bersihkan luka/bengkak dengan air hangat atau alkohol (utk mensterilkan/membunuh bakteri micro yg menempel dikaki-jari) lalu untuk luka dikaki berikan obat luka anti infeksi (yg biasa dipakai orang utk luka) berikan sehari sekali sampai kelihatan luka mengering dan kaki mulai bisa rajin nangkring lagi.

      Kenari mabung adalah waktu yg paling ideal utk dilakukan pemasteran, walau faktor umur tentu jg akan mempengaruhi daya simpan memorynya namun kenari yg memiliki bakat (bagus-genetik) tentu tetap saja bisa dimaster selama wkt dan pola pemasterannya tepat dan sesuai.

      Posted by pondokenari | 21 Februari 2013, 10:53 PM
  49. Om mau tny lg. Kenari jantan saya bunyinya kok ngak bisa keras. Padahal dah 2 bulan ini rajin ngoceh tapi ngak bisa nyaring & ngeroool suaranya. Umur kn jantan saya 9 bulan. Thanks om. Sukses slalu buat pean

    Posted by Nanang | 20 Februari 2013, 10:18 AM
    • Umum KN jantan kalau umur benar 9 bulan biasanya sdh gacor. Pastikan saja dulu kelaminnya, karena betina terkadang rajin juga bunyi, ngerol putus2 dan dengan volume suara yg kecil (terdengar seperti ngeriwik halus-kasar)

      Posted by pondokenari | 20 Februari 2013, 10:00 PM
  50. Saya mau nanya om, apakah tiap kenari sehabis masa mabung pasti akan bisa gacor. Mksh om

    Posted by Moulding | 20 Februari 2013, 12:17 AM
    • Sehabis mabung, Setiap burung butuh recovery atau pemulihan ke keadaan semula (gacor), pengkondisian ini wajib dilakukan dengan perawatan yg konsisten, mandi jemurnya dan pemberian EFnya. jika sdh kembali seimbang birahinya maka akan kembali Gacor KNnya.

      Posted by pondokenari | 20 Februari 2013, 1:49 AM
      • Om. kenpa kenary saya nggk sering ngoceh. Pdhl pas prtma beli ngoceh trus.Apakh mabung.klw mabung usianya brp?Dan stiap hrinya blunya yg rntok rta2 brp?
        Terimakasih

        Posted by Rizal | 31 Maret 2015, 10:42 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

PKBF

Mei 2019
M S S R K J S
« Mei    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Blog Stats

  • 2.171.191 hits

CP Pondokenari

Iklan
%d blogger menyukai ini: