//
you're reading...
Kenari

Melatih Mental Kenari Petarung


Lomba Papburi Solo

Suasana lomba Papburi

Memiliki kenari yang bersuara kencang, kristal, dengan lagu panjang yang mencapai minimal 35 detik, plus kicauan bervariasi, tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemiliki burung, tak peduli apakah kenari tersebut berjenis lokal atau impor. Didukung mental yang baik, burung akan selalu ngotot jika mendengar suara kenari lain yang sama-sama gacor. Inilah modal utama yang harus dimiliki kenari Anda sebelum diterjunkan ke arena lomba atau latber.
Tidak jarang kenari yang bagus akan mengalami masalah dengan suaranya dan karakternya, sehingga bisa menurunkan performa di lomba. Di sini kita akan membahas perawatan kenari untuk tujuan lomba, dan bagaimana mengatasi permasalahan yang sering terjadi pada kenari lomba.

MELATIH MENTAL KENARI

Tahapan ini hanya untuk Anda yang memiliki kenari yang mentalnya belum stabil. Jika Anda memiliki kenari yang mentalnya sudah baik, silakan langsung masuk ke bagian Melatih kenari agar bersuara panjang.

Melatih mental kenari untuk lomba sangatlah penting, agar burung tidak mudah ngedrop di tengah lomba, atau kurang pede ketika mendengar suara kenari lain yang memiliki suara kencang, panjang dan bervariasi. Latihan bisa dilakukan melalui beberapa metode, yang semuanya bertujuan agar kenari terbiasa dengan situasi dan kondisi lingkungan yang baru, terbiasa dengan suara kenari lain yang kencang, serta terbiasa dengan sifat dan karakter dari kenari atau burung lainnya.

Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan mental burung kenari lomba:
• Untuk burung yang masih muda, latihan mental bisa dilakukan dengan menempelkannya pada kenari yang sudah mapan atau memiliki mental bagus. Burung muda memiliki sifat mudah meniru. Maka, ia pun akan mengikuti karakter, gaya dan suara dari burung kenari yang mapan tersebut.
• Sering mengajak burung jalan-jalan ke arena lomba atau latber, meski tidak ikut kontes (sekadar membiasakan kenari terhadap keramaian suasana serta suara burung kenari lainnya).
• Gantung di tempat yang berbeda-beda. Tujuannya agar burung terbiasa dengan lokasi baru. Perubahan tempat baru biasanya akan membuat kenari lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan baru, termasuk di arena lomba (baik mendapat gantangan di tengah maupun di pinggiran).
• Pastikan kondisi burung selalu fit. Burung yang kondisi fisiknya fit bukan hanya lebih tahan terhadap serangan penyakit, tetapi juga memiliki korelasi positif terhadap kondisi mentalnya. Burung bermental bagus pun bisa drop, ketika kondisi fisiknya tidak / kurang fit, dan butuh waktu lama untuk mengembalikannya ke kondisi mental idealnya.

BEBERAPA PROBLEM TERKAIT KENARI MENTAL

Kalau ada beberapa problem yang terkait dengan mental kenari Anda, sebaiknya perbaiki dulu agar tidak berlarut-larut dan makin menyulitkan dalam perawatan harian maupun perawatan lomba. Problem mental bahkan bisa dialami pula oleh kenari yang gacor, suara kicauannya panjang dan bervariasi. Misalnya, gaya bernyanyinya lebih sering di dasar sangkar atau sering njeruji (menabrak sangkar).

Sebagus apapun performa suaranya, mental burung seperti itu pasti akan berpengaruh terhadap penilaian juri dalam sebuah kontes atau lomba. Kicauan yang semula ideal, tiba-tiba berubah ketika burung tidak terkontrol emosinya. Emosi dapat disebabkan burung sedang birahi, tetapi bisa juga disebabkan faktor lain, termasuk masalah mental yang labil. Kalau sudah begini, suara panjangnya pun bisa berubah menjadi pendek.

Jika kondisi seperti ini terpantau minimal sepekan sebelum lomba, biasanya masih memungkinkan untuk diperbaiki dan diterjunkan ke arena lomba. Tetapi jika hanya beberapa hari menjelang lomba, dan upaya perawatan belum membuahkan hasil, sebaiknya jangan dipaksakan ikut lomba dulu.

Ada beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan dalam menyelesaikan problem mental kenari yang seperti ini :
• Coba tambahkan beberapa tangkringan di dalam sangkarnya. Misalnya, jika semula hanya ada 2 tangkringan, bisa ditambah menjadi 3-4 tangkringan yang dipasang melintang. Logikanya sederhana, yaitu memberi pilihan kepada kenari untuk menclok di tangkringan yang paling disukainya.
• Pada saat yang sama, berikan terapi pembatasan pakan. Hal ini terutama jika Anda terbiasa memberikan telur puyuh setiap hari atau memberikan extra fooding berupa kroto dalam porsi terlalu banyak sehingga kenari mengalami over birahi (OB). Terapi pembatasan pakan ini mencakup dua hal:
1.Pemberian kroto utk sementara dilakukan 2x seminggu, masing-masing dgn porsi maksimal 10 butir kroto.
2.Pemberian telur puyuh untuk sementara juga 2x seminggu.
• Berikan mentimun selama 2 hari berturut-turut.
• Tingkatkan frekuensi mandi, misalnya pagi, siang, dan sore hari.
• Kurangi lama penjemuran menjadi 30 menit / hari.
• Waktu pengumbaran dibuat lebih sering dan lebih lama.

7af78ac50170acc211282c32ff55c9bf_fullLomba Kenari

MELATIH KENARI BERSUARA PANJANG

Melatih kenari agar bersuara lebih panjang dapat dilakukan dengan melatih pernafasan burung. Cara yang biasa dilakukan adalah memasukkan burung ke dalam kandang umbaran sewaktu menjemur burung, sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya. Metode ini akan membuat burung lebih aktif atau banyak bergerak.
Lakukan pengumbaran selama 1 jam, kemudian burung dikembalikan ke kandang / sangkar harian. Setelah itu dijemur seperti biasa. Usai pengumbaran dan penjemuran, berikann vitamin yang dilarutkan dengan air minumnya. Lakukan latihan ini sampai burung kenari benar-benar memiliki lagu yang bervariasi dan lebih panjang dari sebelumnya.
Pemberian kerodong diperlukan bagi kenari agar tidak terlalu sering mengeluarkan kicauannya sepanjang hari, serta untuk menjaga kondisinya, terutama saat cuaca sedang dingin atau turun hujan. Berikan kerodong setiap sore hari sebelum burung dimasukkan kedalam rumah untuk beristirahat.

Semoga bermanfaat.
Klubburung

About pondokenari

Salam Kicau... Kicauan burung kenari akan selalu menenangkan hati....

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: