//
you're reading...
Kenari

Perawatan Kaki, Jari dan Kuku Kenari


Dengan bertambahnya usia, kuku- kuku burungpun ikut bertambah panjang dan jari serta kaki juga bersisik. hal ini menyebabkan terkadang mengganggu performa burung, sering tersangkut ditangkringan dan jeruji sangkar, kaki dan jari-jari burung yg bersisik jg tidak elok dilihat, lalu apa yg harus dilakukan? apakah boleh kuku – kuku burung yg panjang tersebut di potong, apakah nanti tidak mencederai kaki burungnya? bagaimana mengkikis sisik pada jari dan kaki  burung tersebut ?

Berikut sy mencoba membagikan pengalaman sy sendiri untuk berkenaan dengan hal ini, kuku – kuku burung yg sudah terlalu panjang sebaiknya harus dipotong, bagaimana caranya?

1. Pegang burung yg kuku-kukunya akan dipotong senyaman mungkin, yaitu dengan menjepit kepalanya disela jari-jari kita, sedangkan kaki -kaki burung tersebut kita pegang dengan jari kita disatu tangan yg sama.

2. Lalu, cuci kaki-kaki dan jari- jari burung dengan air hangat atau alkohol dengan kapas/tissue tebal, hal ini dimaksudkan selain membersihkan kuku dan jari, ini jg bermanfaat untuk mencegah bakteri serta menghindari infeksi jika nanti seandainya pemotongan kuku meleset/terkena jalur pembuluh darah yg ada dijari kaki.

3. Gunakan gunting kecil yg tajam atau penggunting kuku.

4. Potong ujung kuku dengan memperhatikan jalur pembuluh darah dikuku burung, JANGAN MEMOTONG kuku yg msh dekat dengan jalur pembuluh darah, ini akan menyebabkan jari kaki burung akan berdarah, bisa menyebabkan jari kaki infeksi dstnya yg akan menyebabkan burung ngedroop.

5. Setelah melakukan pemotongan kuku, bersihakan lagi kuku, jari dan kaki burung dengan air hangat atau alkohol.

6. Untuk mengkikis sisik, jamur dikaki burung terutama kenari, sebaiknya berikan/oleskan minyak tawon atau salep anti jamur untuk manusia secara bertahap, 2 – 3 hari sekali lakukan hal tersebut, kenapa tidak tiap hari? hal ini mencegah burung ditangkap tiap hari yg bisa jg nantinya akan mengganggu performanya. dengan konsistensi kerak/sisik pada kaki dan jari burung (kenari) akan lepas dan kaki kenari akan terlihat mulus lagi.

About pondokenari

Salam Kicau... Kicauan burung kenari akan selalu menenangkan hati....

Diskusi

5 thoughts on “Perawatan Kaki, Jari dan Kuku Kenari

  1. Slm kicau, saya punya burung kenari pada saya memandikan burung tidak bisa diam sehingga kukunya tersangkut sangkar, apakah kuku yg lepas bisa tumbuh kembali? Ditunggu jawabannya Tks

    Posted by rahmat | 6 Januari 2016, 5:57 AM
  2. om maaf mau nanya dkit aja, sering kali kenari saya kalo bunyi sambil angkat kaki sebelahnya,,,, sebelumnya udah saya garamicyn, alhasil jamurnya udah ilang, nah skarang mau ngilangin benjolan keras yang terletak pada kaki sebelahnya, gmn yah..? trim”s salam Kenari Club Garut

    Posted by andri | 2 Maret 2014, 12:46 AM
  3. apakah saleb 88 bisa di gunakan,dan apa tidak ada efek keracunan?

    Posted by yanto | 19 Juli 2013, 9:04 PM
  4. assalamualaikum, bos.., saya peternak pemula yang belajar dengan 30 indukan betina. pemasalahannya sekarang ujung jari kaki banyak yang bengkak dan berair, apa karena sering kecantol sangkar kawat atau virus bos,….

    Posted by Citara Kranadya | 6 Maret 2013, 10:07 PM
    • waallaikumsalam wr wb

      Biasanya kaki jarang kena air (jarang mandi) jadi kena parasit, ganti (kalo pake koran)/bersihkan alas kandang tiap hari, oleskan salep buat jamur kulit (yg biasa dipake orang) pagi sore, kalo yg belum terlalu besar bengkak akan lebih baik cepat ditangani. suskes untuk breedingnya.

      Posted by pondokenari | 8 Maret 2013, 3:58 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: