//
you're reading...
Kenari

Kolibri Dosen Vocal Kenari


Setiap kita pasti tak jarang menjumpai sejenis burung kecil, yg nampak sesekali mengitari tanaman, pepohonan, kebun, dan hutan kecil. Berwarna menarik, dan yg paling unik paruhnya yg agak panjang melengkung sehingga membuat burung kecil ini memiliki daya tarik sendiri. Itu baru dari segi penampakan, bagaimana dengan nyanyian/kicauannya? Ternyata suara kicauanya tak jauh berbeda dengan pesona fisik yg ditampilkan. Luar biasa!, walaupun tidak keras dari volume suara, namun suara kicauan yg diperdengarkan burung ini mampu membuat hati sejuk bagi yg mendengarkannya, Pandai sekali menirukan suara-suara burung lain, bervariasi, dibawakan dengan alunan-alunan yg sangat menarik. Ia adalah bernama burung KOLIBRI, atau burung madu.

Lalu kenapa materi burung kecil ini saya angkat? Tentu ini sangat berkaitan atau berhubungan erat dengan burung kenari tentunya, yaitu bahwa selama merawat/memelihara burung kicauan pun sudah merasakan sendiri, bahwa tak bisa lagi sy mengelak bahwa kolibri adalah juga sebagai mentor yg baik bagi burung pengicau termasuk kenari.
Burung kolibri memiliki suara hutan/asli yg sangat baik sebagai materi suara masteran untuk kenari, lalu dengan kicauan yg aktif dan dengan volume “sedang” sangat membantu sekali dalam menstimulant piyikan, kenari bahan, sampai kenari gacor untuk mau lebih mengeksplore kemampuan berkicaunya, terlebih dalam materi lagunya.

Bulu metalik khas serta gaya terbang “diam” sambil menghisap nektar mirip dengan burung Hummingbird di amerika. burung madu juga menjadi salah satu agen terbaik dalam penyebaran pohon berbunga di hutan tropis. berwarna cerah yang mempunyai sekitar seribu bulu yang bergemerlapan sehingga dapat memantulkan dan memencarkan sinar warna – warni yang dapat berubah ketika burung bergerak seperti minyak pada air. Ada lebih dari 300 spesies burung dan dari literature yg sy tahu Kolibri adalah burung terkecil di dunia. Kolibri juga penerbang yang ulung dengan gerakan sayap yang sangat cepat, satu detik mencapai 12-80 kali kepakan. (Seorang peneliti dari Universitas California bernama Christopher Clark melakukan pengamatan untuk mengukur kecepatan burung kolibri betina, Christopher mengambil gambar menggunakan kamera super cepat sehingga bisa menangkap setiap gerakan dari burung kolibri. Ia berhasil mendapatkan 500 gambar yang berbeda dalam satu detik)

Karena kolibri terbang sangat cepat, maka ia membutuhkan tenaga yang cukup besar dan untuk mendapatkan energi yang besar, seekor kolibri membutuhkan asupan makanan yang berkalori tinggi seperti nectar atau bagian dari inti sari bunga yang dihisap dengan paruhnya yang kecil dan panjang. Varietas kolibri berparuh panjang mendapatkan makanannya dengan cara menghisap madu seperti biasa, namun untuk varietas lain, kolibri akan mengebor sebuah lubang menembus pangkal bunga ke dalam madu lalu menyisipkan paruhnya dalam lubang tersebut. Cara kolibri yang seperti itu juga dapat membantu bunga untuk penyerbukan silang, karena biasanya serbuk sari akan terbawa pada kepala atau paruh kolibri dan kemudain berpindah dari satu bunga ke bunga yang lain. Selama musim perkawinan, kebanyakan jenis jantannya menyatakan perasaan dengan kicauan gembira seraya terbang mondar – mandir di depan sang betina, beberapa jenisnya bahkan mempunyai nyanyian merdu dengan kekuatan yang menakjubkann. Sedangkan betinanya untuk menarik perhatian dari jantan, mereka akan terbang berkelompok dengan kecepatan tinggi dan kemudian melakukan akrobat di udara, seperti pada pesawat tempur melakukan manuver-manuver diudara. Burung kolibri hanya bertelur 2 buah dengan warna putih bersih tanpa ada bercak sama sekali. Telur tersebut ditempatkan di dalam sarang yang dibuat secara terampil dari bulu halus tanaman atau terikat pada tempatnya jaring laba-laba. Sisi luar sarang biasanya berhiaskan lumut kerak dan sedikit lumut daun.

Berbagai sumber – Kolibri Indonesia

About pondokenari

Salam Kicau... Kicauan burung kenari akan selalu menenangkan hati....

Diskusi

4 thoughts on “Kolibri Dosen Vocal Kenari

  1. Bener sekali om, ini burung mantab suaranya, apalagi dah ada isiannya, rawatan juga simple bgt hanya air gula dan madu, kroto secukupnya, tp ya itu kalo telat koit, buat masteran emg mantablah palagi buat AM atw AK macet…suwon om

    Posted by Jack | 27 Juli 2012, 4:28 AM
  2. ok bgt pak…dibelakang rumah sy masih byk burung-burung madu yg bpk ulas ini, merdu jg suara alamnya, ingin sekali menangkapnya, tp ga tau caranya, he he he

    Posted by Sila | 27 Juli 2012, 4:25 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: