//
you're reading...
Kenari

Cara Pasang Ring Kenari


Pemasangan ring pada burung kenari dilakukan pada saat anakan kenari berumur 5 – 10 hari. Jika pemasangan ring dilakukan setelah kenari remaja/dewasa dan dipaksakan akan berdampak pada pembengkakan pada kaki kenari, patah , pengkor bahkan kematian pada kenari. Bila ring dipasangkan pada kenari remaja/dewasa dengan ukuran diameter ring lebih besar tentunnya bisa saja, akan tetapi akan  terlihat janggal dan kenari cenderung suka menggigit-gigit ring atau cincin-nya.  Teknik pemasangan Ring atau Cincin pada kenari :
CARA PASANG RING:
  1. Sebaiknya pemasangan pada anakan kenari berusia 7 s.d 10 hari.
  2. Siapkan ring atau cincin yang akan dipasangkan.
  3. Pegang anakan kenari dengan hati-hati dan sebaik mungkin (tulang masih rawan patah)
  4. Masukan terlebih dahulu ketiga kaki depan pada ring, setelah ketiga jari depan masuk, jari keempat ditarik keluar dan secara perlahan ditarik keatas hingga semua jari  kaki masuk. (identitas ring jangan terbalik)
  5. Bila ukuran kaki anakan kenari agak besar, sebaiknya pemasangan dibantu dengan mengoleskan kaki dan ring dengan hand body, baby oil/lotion atau minyak sayur.
  6. Setelah pemasangan ring selesai, amati anakan kenari yang telah terpasang ring tersebut.
pemantauan ini dilakukan kurang lebih 1 minggu dimaksudkan agar ring/cincin tidak  keluar atau lepas. Hal ini penting karena aktifitas anakan kenari dapat mengeluarkan ring/cincin tetapi hanya sebatas pergelangan jari, bila hal ini terjadi segera mungkin masukan kembali ring tersebut keposisi semula. Jika hal ini di biarkan akan menyebakan cacat permanen pada jari setelah kenari besar pada bagian jari  kaki kenari.
                                               Cara pasang ring kenari:

About pondokenari

Salam Kicau... Kicauan burung kenari akan selalu menenangkan hati....

Diskusi

9 thoughts on “Cara Pasang Ring Kenari

  1. saya pernah coba pegang anak kenari umur 6 hari karena jatuh terus setelah di pegang indukannya jadi ga mau kasih makan ampe besoknya mati,jadi klo mu pasang ring di umur 7 hari saya aga trauma,jadi sebaiknya harus gimana ya?

    Posted by wulan | 28 September 2013, 7:44 AM
  2. om, kalo sdh lewat 10 hari msh bisa ga dipasangnya, cara masangnya gmn sich om, soalnya kaki gerak terus jd takut patah tau kepelintir, mohon gmn caranya om…maksih

    Posted by Lia | 27 Juli 2012, 7:47 AM
    • Sebaiknya memasang ring pada anakan kenari mulai umur 7 hari s.d 10 hr. jika terasa sdh sulit utk memasukannya ringnya, gunakan pelicin, seperti lotion atw minyak sayur, wkt memasangkan pastikan posisi anakan dan posisi kakinya dlm posisi benar, pegang anakan kenari dg 1 tgn dibagian dalam tgn, lalu jari dg tgn yg sama memegang kaki yg mau dipasangkan kenarinya, pastikan 3 jari depan masuk terlebih dahulu ke dalam ring baru dorong ke dalam ke arah 1 jari belakang yg berlawan, dorong trs sampai melewati 1 jari belakang tersebut ke arah batang kaki. proses ini memang perlu kehati-hatian, jika tidak akn menyebabkan kaki anakan kenari tersebut cedera, dstnya.

      Posted by pondokenari | 17 September 2012, 8:09 AM
  3. gan saya bisa ga pesan ring buat peternakan kenari saya?kalw bisa hub saya 085223926608

    Posted by waroe | 24 Januari 2012, 4:45 PM
  4. ane mo pesan ring buat kenari ane…..tp ane ga tau alamat pembuatnya ato yg jual…dimana ya?

    Posted by dadu | 18 Agustus 2011, 8:01 AM
  5. saya coba memasangkan ring pada kaki kenari yang berumur 5 hari, tapi besoknya selalu saja ring tersebut sudah ada di tempat makan. setelah di perhatikan ternyata ring tersebut digigit dan berusaha dikeluarkan oleh induknya. bagaimana ya?

    Posted by jackmocca | 10 Agustus 2011, 12:15 AM
    • Induk mengira ada benda asing dikaki anakannya, karna jg kaki anakan umur 5 hari blm cukup besar (atw ring yg cukup besar) sehingga lebih mudah digigit utk dikeluarkan oleh induk, solusinya adalah pasang ringnya diumur anakan 10 hari – max 12 hari, dg hati2 tentunya.

      Posted by pondokenari | 10 Agustus 2011, 5:42 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: