//
you're reading...
Kenari

Tetap Semangat !!!


Hari itu hari minggu, seperti biasa setiap pagi yg sy lakukan pasti langsung melihat kandang ternak sy. membersihkan kandang, mengganti pakan dan minum, dan memandikan beberapa ekor kenari yg khusus hanya untuk gacor-gacoran saja…itulah kegiatan harian sy diwaktu pagi, makan waktu memang, yaa begitulah…tapi sy sangat menikmati aktifitas rutin ini setiap hari dengan benar-benar enjoy sekali, karena memang ini hal yang harus sy lakoni setelah memutuskan untuk beternak kenari, nah…kebetulan pula hari itu adalah minggu maka waktu yg tepat untuk berlama-lama dikandang ternak. kurang lebih 2 jam’an lah untuk membereskan tugas harian ini.

Untuk periode bulan April ini, hampir semua indukan kenari betina sy semuanya lagi dalam kondisi mengeram, sy sebenarnya sich senang sekali dengan kondisi ini namun jumlah telur dari masing-masing indukan yg mengeram itu yg membuat sy sedikit kurang puas, karena kebanyakan hanya bertelur paling banyak 2 sampai 3 butir, menurun dari bulan lalu dimana satu indukan betina mampu bertelur paling sedikit 4 butir dengan tingkat tetas 80-90%. namun sy menyadari kondisi ini tidak lepas dari beberapa kondisi yg kurang mendukung beberapa waktu belakangan ini, seperti faktor cuaca yg tak menentu, terkadang hujan disertai angin kencang dan sering terjadi dimalam hari, apalagi posisi kandang ternak sy berada tidak didalam rumah, sehingga juga berpengaruh terhadap kondisi kenari-kenari ternak sy, belum lagi faktor lain-lainnya yg tidak bisa sy share satu-satu…durasi soalnya. hehehehe.

Namun apapun kondisinya sy tetap menyakini satu hal, bahwa inilah seninya beternak. sy tetap beroptimis saja, mudah-mudahan di periode april ini dengan kebanyakan indukan kenari sy yg hanya betelur rata-rata 2-3 butir itu semua bisa menetas, Amin.

Seperti yg sy sampaikan diatas hampir semua indukan kenari betina dikandang ternak sy dalam kondisi mengeram, tapi ada 3 ekor kenari betina yg dalam masa proses penjodohan akhir, 1 ekor galak luar biasa, yg 2 ekor sudah siapan, namun masih adaptasi dengan pejantan yg sedikit membutuhkan waktu yg lama, maklum karena ke 3 kenari betina ini semuanya belum pernah produksi alias masih orisinil…hehehe. dari ke 3 nya itu ada 1 kenari betina [F2] yg sudah sangat siap untuk berproduksi dan sudah merapih sarang, artinya tinggal tunggu pejantan. apalagi 4 hari yg lalu sudah bertelur 1 butir [ukuran telurnya sedikit lebih kecil] disarang yang sy tempatkan dikandangnya tanpa pejantan. setelah itu sejak 4 hari yg lalu itu pula sy satukan dengan pejantan [F1] sampai hari minggu tgl 24 april yg lalu.

Hari minggu waktu sy beberes pagi dikandang ternak semuanya terlihat ok, termasuk betina F2 yg sy ceritakan itu, ceritanya sy singkat, pada sore harinya, seperti biasanya kalo hari libur sy biasanya main kekandang ternak pagi dan sore dan kalau hari-hari nguli, kekandang ternaknya shubuh dan malam hari. seperti biasa dikandang ternak sy biasanya hanya duduk dikursi kecil menghadap kandang, yaa sambil menghabiskan beberapa batang rokoklah… , lama sy belum tersadar juga bahwa sy sebenarnya sekalian ingin mengecek kenari F2 yg sy ceritain itu, apakah baik-baik aja dengan sang pejantan, sudahkah pula bertelur? karena sudah 4 hari sy tidak lihat isi sarangnya.

Apa terjadi jauh dari pemikiran sy, Kenari betina itu sudah kaku, diam tak bergerak….MATI !!!, tersungkur didalam sarang dalam posisi miring. sy langsung menarik nafas panjang, benar-benar ada kekecewaan pada waktu itu. sy lalu coba untuk menduga-duga mengapa kenari betina itu mati? Berantem dengan pejantan? sy rasa tidak mungkin dan kecil sekali kemungkinannya, karena terlihat dari awal pasangan kenari terlihat akur, dan tidak ditemukan luka di kenari betina, dan tidak ada bulu-bulu yg jatuh berserakan tanda perkelahian. atau diserang penyakit? hal ini pun sy rasa kecil kemungkinannya, juga tidak mungkin, umumnya dari pengalaman sy selama ini, kenari yg terserang penyakit pasti diawali dengan terlihat kurang sehat, nyerukuk saja, diam dan tidak aktif dibeberapa hari sebelumnya. sedangkan kenari F2 itu dari 4 hari yg lalu sampai pagi minggu masih terlihat sehat dan aktif.

Lalu dugaan sy mengarah ke hal yg sudah jelas berpengaruh besar terhadap nyawa seekor kenari betina yaitu apakah kenari F2 sy itu mati karena sulit mengeluarkan telur? bukankah 4 hari yg lalu sudah mampu bertelur? apakah telur yg selanjutnya membuat kenari F2 itu kesulitan untuk mengeluarkannya? beberapa pengalaman teman-teman sy juga mengatakan sering kenari betina mati waktu bertelur untuk periode pertama kali, dah hal ini sering terjadi, terutama berlaku untuk kenari dara alias kenari muda.

Feeling sy tetap kuat untuk mengatakan kenari F2 itu mati karena kesulitan mengeluarkan telur, ini didukung fakta perut dan dubur terlihat besar seperti membengkak. tapi ya sudah kenari itu sudah mati, inilah seni beternak kenari, walau sy benar-benar sedikit kecewa dengan kejadian itu, karena sy menaruh harapan besar kepada kenari itu, body atau postur besar, dan jinak sekali tetapi semua sudah terjadi. apapun kejadiannya inilah yg disebut dengan seninya beternak, khususnya beternak kenari.

Good bye orange…

[Si orange semasa hidup….]

[Kondisinya 2 hari sebelum si orange mati]

About pondokenari

Salam Kicau... Kicauan burung kenari akan selalu menenangkan hati....

Diskusi

2 thoughts on “Tetap Semangat !!!

  1. Turut prihatin om…thx jg om utk artikel-artikelnya yg memberikan pencerahan…sukses selalu aja om utk PKBF.

    Posted by Aldo | 28 April 2011, 1:02 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: