//
you're reading...
Kenari

Kunjungan Ke Farm


Perjalanan yang saya tempuh terasa sangatlah cepat dari pondok kelapa kediaman saya ke kawasan Harapan indah bekasi, mungkin hari ini tgl 22 april 2011 ini bertepatan pula dengan hari libur nasional, jadi jalanan boleh dibilang tidak seruwet hari kerja biasanya…andai setiap hari jalan-jalan di Jakarta selalu begini, pasti nyaman rasanya, hehehe. hari ini saya sempatkan bersilahturahmi untuk meluncur ke kawasan Harapan indah bekasi dengan maksud berkunjung ke tempat om Wawan, salah satu hobbies kicauan khususnya Kenari dan Love bird.

Kurang dari jam 8 pagi akhirnya saya sampai juga di farm milik om Wawan, dan saya langsung disambut dengan tarikan panjang kekekan suara lovebird dan ngerolan dari beberapa kenari koleksi beliau dan tentunya keramah tamahan si empunya farm. diteras rumahnya saya lihat banyak sekali sangkar burung kenari dan kandang lumayan besar untuk penangkaran love bird, itupun masih ada lagi beberapa burung kenari yg ditempatkan didalam rumah yang juga sempat ditunjukkan ke saya. kesimpulannya koleksi kenari om Wawan banyak dech…hehehehe. termasuk seekor ciblek, seekor prenjak atas,dan sepasang blackthroat yg sudah pasti dimaksudkan untuk isian kenari.

Belum lama celingak-celinguk memandangi koleksi beliau, Pandangan saya pertama langsung tertuju kesalah satu kenari Yokshire milik beliau, postur dan tampilannya sangatlah menawan, hmm…pejantan yg potensial. lalu pandangan saya tertuju ke beberapa indukan kenari betina milik om Wawan. dari materi indukan kenari betina yg om Wawan punya saya lihat semua memiliki body yg cukup besar dan menjanjikan untuk mencetak kenari-kenari bagus.

Om Wawan pun langsung bercerita banyak hal tentang farm miliknya, ternyata beliau memang memiliki riwayat breeding yg cukup panjang. beliau mengatakan jauh sebelum menangkar kenari dan lovebird, beliau pernah menangkar perkutut, derkuku, dan burung-burung lainnya. sehingga bisa disimpulkan menangkar burung adalah sudah menjadi bagian dari hidup beliau, dan hal ini sangat disupport penuh oleh sang isteri tercinta.

Namun ada cerita sedih juga dari cerita Om Wawan, bahwa belum lama ini ada 7 ekor anakan F1 satu beliau mati dengan berbagai sebab. namun semangat breeding beliau saya lihat sangat luar biasa tinggi, dari materi kenari yg beliau ada saat ini saja saya berpikir sudah sangat menjanjikan, namun beliau masih ada keinginan untuk mencari materi indukan yg baru lagi…tapi nanti kalo sudah dapat materi indukan baru, indukan yg lama over ke pondok kelapa yach om….hehehehe.

Dalam kesempatan silahturahmi ini tak lupa saya manfaatkan untuk bertanya banyak tentang ilmu menangkar lovebird dari om Wawan, dari semua koleksi lovebird om Wawan, 3 pasang indukan love bird saya lihat dalam kondisi on produksi alias sedang mengeram. big point yg saya dapat dari apa yg disampaikan dari pengalaman beliau dalam menangkar love bird yaitu untuk cepat mendapatkan hasil yg maksimal sebaiknya lovebird dibiarkan untuk bisa mencari pasangan sendiri misalnya dengan dilepas kekandang koloni dan tidak dipaksakan untuk berpasangan. kalo dipikir-pikir ada benarnya juga apa yg om Wawan sampaikan, karena banyak sekali dari teman-teman saya yang mencoba menangkar lovebird mereka sering menjumpai masalah klasik yaitu sulit berjodoh dan bila sudah mulai berjodohpun lama sekali untuk berproduksi.

Cerita Kunjungan saya ke farm milik om Wawan akhirnya saya tutup sampai disini, terima kasih untuk om Wawan untuk sambutan, keramahtamahan dan tentunya untuk share pengalamannya…eeeits hampir lupa thanks juga untuk secangkir teh manisnya. hehehehe.

Tetap semangat om, sukses selalu…

Beberapa penampakan koleksi Om Wawan…

About pondokenari

Salam Kicau... Kicauan burung kenari akan selalu menenangkan hati....

Diskusi

2 thoughts on “Kunjungan Ke Farm

  1. Mantab om, bsk-bsk ajak sy dong main ke peternak2 kenari. br cpt pinternya…hehehe. Love birdnya boleh jg tuch om…boleh tahu hrgnya?

    Posted by Aldo | 28 April 2011, 1:05 PM

Tinggalkan Balasan

