//
you're reading...
Kenari

Ekosistem Jomplang


Belakangan ini, kita semua disuguhi fenomena mengerikan berkaitan dengan serangan ulat bulu yg sudah mulai tak terkendali. penyebarannya pun semakin hari semakin menggila dan terus meluas. jika ini terus terjadi maka hal ini akan menjadi masalah besar tentunya, karena setiap orang tidak lagi merasa tenang dan nyaman dalam menjalani kesehariannya dan tentunya berdampak terhadap penyakit dan kesehatan manusia secara keseluruhan.

Sebenarnya apa yg terjadi? kenapa ulat-ulat bulu tersebut cepat sekali meluas? kita semua pastilah
mengetahuinya, penangkapan burung-burung kicauan yg dilakukan secara besar-besaran, perburuan telur semut rang-rang [kroto] yg juga tak lagi bisa distop. kita pun menyadari, bagi sebagian orang yg memang mengantungkan hidupnya disitu perburuan yg “gila-gilaan tersebut adalah nafkah. belum lagi harga burung- burung pengicau dan harga kroto yg terus melonjak dan juga ikut-ikutan menggila.

Saya ambil contoh saja, burung kecil sebangsa ciblek saja, burung yg awalnya tak berharga apa-apa, dan dulu pun kita masih sering mendengarkan nyanyian-nyanyian merdu burung ini terlebih diwaktu pagi hari. namun lihatlah hari ini, sangat sulit dijumpai dialam liar, burung yg terkenal dengan kicauan ngebrennya ini pun harganya tidak lagi bisa dianggap burung dengan harga receh, sehingga penangkapan jenis burung ini pun semakin tak bisa lagi dihentikan. kita pun tahu, di alam liar burung ini adalah pemakan utama serangga, termasuk jenis-jenis ulat. seperti yg saya sampaikan diatas ini hanya contoh yaitu burung ciblek, bagaimana dengan burung-burung lain yg juga pakan utamanya adalah jenis serangga dan ulat? jenisnya pun sangat banyak untuk disebutkan, lalu apa jadinya jika terus diburu?

Sangat bisa dibayangkan jika perburuan burung-burung pengicau ini tak lagi mampu dihentikan, dipastikan populasinya terus menurun drastis dan besar kemungkinan dari hari ke hari akan sulit ditemui lagi di alam bebas. sementara ulat dan serangga yg notabene adalah pakan utamanya melimpah karena tak ada lagi pemangsa, sehingga kejadian hari-hari ini dimana serangan ulat yg terus meluas adalah dampak dari ketidak seimbangan ekosistem yg penyebabnya terus menerus dilakukan tanpa henti.

Menyikapi fenomena ini, niat, pemikiran dan pengrealisasikan untuk pelestarian jenis-jenis burung dirasa sangat tepat sebagai langkah penyeimbang terhadap masalah yg terjadi. saat ini begitu banyak kita temui teman-teman kicau mania yg mencoba breeding berbagai jenis burung, hal ini sangatlah luarbiasa positif manfaat yg akan dirasakan dan didapat, seperti misalnya:

1. Menyelamatkan, melestarian burung dari perburuan burung secara besar-besaran di alam.
2. Dengan beternak kita akan banyak belajar memahami karakter burung.
3. Melatih kesabaran, keuletan dan akan lebih memiliki sifat penyayang.
4. Menambah pendapatan / penghasilan.

Ayo, teman-teman hobbies semua, kita mulai dari hari ini untuk menyusun rencana beternak burung kicauan, pengalaman saya pribadi, ada sesuatu yg berbeda yg saya rasakan setelah betenak kenari. untuk membeli burung kicauan dengan harga selangit saja mungkin banyak dari kita yg mampu beli, masa sich modal buat ternak saja sulit? he he he.

Baru-baru ini saya juga sempat bersilahturahmi dengan seorang teman peternak, beliau beternak burung cucak ijo dan ciblek di daerah cikarang. kandang ternaknya banyak sekali dengan awalnya hanya ada sepasang indukan, namun sekarang mampu memproduksi burung cucak ijo 3-5 ekor perbulannya. beliau jg memberikan tips dan masukan bahwa ternyata beliau cuma menekan satu hal, mulailah…dan lihat apa yg akan terjadi.

Saya pribadi juga sangat yakin dan optmis, banyak kok dari kita semua penghobbi kicauan yg sudah mulai melakukan breeding untuk jenis-jenis burung tertentu, dan malah dengan modal ‘gede-gedean’ lagi. semoga dengan kita beternak burung menjadi 1 solusi penyelamatan burung-burung dialam liar untuk tidak segera cepat hilang dan punah. sehingga ekosistem alam akan berjalan seimbang dan tak ada lagi ada cerita serangan ulat dan lainnya…dan kelak yang ada hanyalah alam lestari yg dipenuhi kicauan merdu tiada henti….semoga.

About pondokenari

Salam Kicau... Kicauan burung kenari akan selalu menenangkan hati....

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: