//
TIPS BETERNAK KENARI

Berikut adalah tips beternak kenari yg sy kutip dari Blog nya Om Ahmad Sofyan yg dari tulisan maupun artikelnya banyak menginspirasi sy dalam beternak kenari:

Dalam beternak kenari ada beberapa factor yang harus diperhatikan yaitu usia kenari, jenis kelamin, sarana penunjang ternak dan ilmu tentang ternak.

*BETERNAK KENARI

Usia menjadi factor penentu berhasil atau tidaknya dalam beternak kenari, usia yang terbaik dalam beternak adalah jangan terlalu muda atau jangan terlalu tua. Kenari siap ternak minimal 6 bulan untuk kenari betina dan 8 bulan untuk kenari jantan, tetapi untuk kenari besar seperti Yorkshire dan turunannya sedikit lambat birahi minimal usia 1 tahun.

*JENIS KELAMIN

Anda sebagai peternak harus menguasai ciri-ciri kenari jantan atau betina, dalam menentukan jenis kelamin kenari cukup sulit bagi pemula tetapi bagi hobis senior sangat mudah menentukannya mereka cukup melihat dari postur tubuh kenari walaupun dalam kasus tertentu Kadang-kadang ada kenari yang sangat sulit ditentukan jenis kelaminnya.

* SARANA PENUNJANG

Kadang-kadang kita dalam beternak tidak terlalu memperhatikan hal-hal kecil seperti posisi kandang ternak, lingkungan kandang ternak dan saran penunjangnya. Jika hal-hal tersebut kurang diperhatikan akan mengakibatkan kekesalan di kemudian hari. Contohnya pada saat penempatan kandang ternak kita tidak memperhatikan feng shui (he..he.. maaf becanda) lingkungan di sekitar kandang ternak. Penempatan yang terbaik yaitu sangkar atau kandang ternak menempel ke dinding disamping kiri dan kanan sangkar ditutup. Sangkar ternak di tempatkan di daerah yang bebas dari gangguan serangga atau binatang lainnya seperti tikus, cicak dll.

Untuk menghindari dari serangan serangga seperti semut daerah sekeliling sangkar yang menempek ke tembok di kelilingi dengan kapur bagus (kapur ajaib). Jika kandang ternak besar menggunakan kaki maka kaki-kakinya diolesi oli. Sedangkan pengganggu utama selain semut yaitu tikus, tikus sebetulnya hanya mengambil makanan kenari hanya kalau melihat kenari lengah ya di hajar juga dan kejadian ini sering sekali dialami oleh hobis. Dengan penempatan sangkar di dinding diharapkan bisa meminimalkan serangan tikus hanya kadang-kadang tikus juga pintar mencari celah untuk itu anda harus hati-hati dalam penempatan kandang yang terbaik sich menggunakan kandang aluminium. Saya punya pengalaman mengenai kandang ternak yang diserang semuT, beruntung cepat ketahuan sehingga induknya masih tertolong tetapi anaknya sebagian besar mati dan selanjutnya mati semua karena induknya menjadi over protective (mengenai sifat over protective akan saya bahas di waktu yang lain).

* PROSES PENJODOHAN

Jika anda sudah mempunyai sepasang kenari dengan usia siap ternak proses selanjutkan yaitu proses penjodohan. Proses penjodohan yaitu kenari jantan dan betina di tempatkan pada sangkar yang berbeda, dan kedua sangkar tersebut ditempatkan saling berdekatan. Dalam hal ini banyak new comer (peternak pemula) yang tidak sabar menjalani proses penjodohan mereka langsung masukin jantan dan betina kedalam satu kandang.

Dengan adanya proses penjodohan anda akan mengetahui kesiapan kenari tersebut, jika belum jodoh langsung dimasukan ke dalam satu sangkar akibatnya kedua kenari tersebut bisa berantem. Apabila terjadi perkelahian diantara keduanya dan salah satu kenari ada yang kalah maka waktu penjodohan akan lama lagi, terutama jika yang kalah kenari jantan proses penjodohan semakin lama karena anda harus mengkondisikan si jantan agar berani mendekati betinanya. Ada beberapa tip untuk meningkatkan birahi yaitu :

Kenari di beri makanan yang bergizi tinggi seperti telor puyuh, multivitamin dll.
Dijemur setiap pagi
Pada saat menjemur dan proses penjodohan sangkar jantan dan betina digandengkan terus menerus, kalau ada jantan lain sekali-kali dipanas-panasin dengan menggunakan jantan lain.
Disangkar tempat betina disediakan sangkar berikut isinya.
Jangan lupa berdo’a agar kenari yang diternak bisa cepat jodoh dan menghasilkan anak yang berkualitas.

*PROSES PENJODOHAN

Proses selanjutnya yaitu menyatukan kedua kenari tersebut. Adapun ciri-ciri kenari siap ternak (sudah jodoh) yaitu :

pada saat jantan didekatkan dengan betina sijantan akan mengejar/menabrak sangkar dengan bunyi yang kenceng dan betinanya menggelepar-geleparkan sayapnya tanda minta kawin.
Pada saat sore hari atau menjelang tidur kenari betina dan jantan tidur berdekatan.
Sewaktu-waktu antara kenari betina dan jantan saling meloloh makanan.
Jika didalam sangkar betina di dikasih sarang beserta isinya, kenari betina akan menyusun atau merapihkan isi sarang, jika isi sarang sudah disusun biasanya betina siap ternak.
Dalam menyatukan kedua kenari tidak ada aturan waktu yang baku anda boleh kapan saja menyatukannya, hanya pengalaman saya waktu yang terbaik yaitu sore hari. Dengan menyatukan sore hari diharapkan pada malam hari keduanya sudah rukun sehingga pagi harinya sudah jodoh. Karena sudah mengalami masa penjodohan maka pada saat penyatuan tidak terlalu riskan berantem tetapi kita harus terus memantau karena takutnya terjadi berantem.

Setelah keduanya rukun coba perhatikan isi sarang kalau isi sarang kotor maka ganti isi sarang tersebut dan sebagian isi sarang simpan di dasar sangkar biasanya isi sarang didasar sangkar akan dipindah ke dalam sarang. Untuk memperhalus sarang kenari betina biasanya suka mencabuti bulu halus jantannya atau bulu halus dari kenari betina, biasanya jika di dalam sarang sudah ada bulu-bulu halus tandanya tidak lama lagi induk betina akan bertelor. Untuk mempercepat proses bertelor dan mengurangi mencabuti bulu halus pengalaman saya kedalam sangkar dimasukkan kapas secukupnya. Demikian dulu tulisan mengenai proses penjodohan takutnya terlalu kepanjangan……nanti saya lanjutkan dilain waktu…………..

Sumber sy kutip dari: http://burungkenari.wordpress.com/

Diskusi

480 thoughts on “TIPS BETERNAK KENARI

  1. assalamu’alaikum..
    salam kenal om..saya mau tanya,kenari dah mau kawin tapi betina gak mau nyusun2 sarang itu gimana om??bahan sarang sudah ditaruh di bawah sangkar tapi cuma dimainin aja..mohon pencerahannya biar cepet nyusun sarang..thx

    Posted by ali | 13 Juni 2012, 7:50 AM
    • Bantu buletin sarangnya om, kalo diberantakan lagi sarangnya bantu lagi buletin om, sementara tidak usah ditaruh didasar kandang bahan sarangnya. kalo memang belum mau jg ganti bahan sarangnya dgn yg lebih halus. semoga cepat bertelur om kenarinya.

      Posted by pondokenari | 14 Juni 2012, 10:01 AM
      • bahan udah pake serat nanas om,,,trus sebaiknya kenari tetap dikawinkan atau nunggu betina nyusun sarang dulu?saya pernah punya kenari betina yang bertelur sebelum sarang dibuat,jadi g mau mengerami..

        Posted by ali | 14 Juni 2012, 12:44 PM
      • Umum kenari yg sdh siapan produk lagi/birahi akan membuletin sarang yg kita sediakan dikandang dan akan sering sekali memakan/menggigit tulang sotong yg ada dikandang, inilah saat yg tepat untuk mengawinkannya dg pejantan. atw biarkan saja pasangan kenarinya dlm 1 kandang, selama ketersediaan sarang, tolong sotong dan pasangan kenari dlm kondisi seimbang birahi maka dg sendirinya jg umum kenari betina akan mulai membuat sarang dan bertelur.

        Posted by pondokenari | 18 Juni 2012, 2:22 AM
      • pagi om,……..
        kenari jantan saya abis mbodol, trus macet gak mau gacor lagi. tapi anehnya tiap lihat babon KN selalu ciet-ciet.
        Sedangkan babon KN, saya lihat dah bunderi sarang. sebaiknya harus bagaimana???
        pernah saya coba wat dijadikan satu, tapi saya ndak lihat kalo mereka dah kawin.
        tolong solusinya.
        makasih.

        Posted by iris. | 28 Agustus 2012, 2:01 AM
      • Kenari habis mabung perlu rekondisi, kr pada sesungguhnya masih dalam kondisi pemulihan, sebaiknya disetting ulang perawatannya, mandi jemurnya, telur puyuh stop dulu kr umum kenari habis mabung agk gemuk, banyakin jemur, sementara EF variasikan aja sayuran. canary seednya ditakarin habis pagi sampai sore saja, tidak usah buru2 dikawinkan, kr seandainyapun kawin dan betinanya bertelur dikwatirkan telur kurang baik. intinya alangkah baiknya kenarinya jantannya dikondisikan dulu aja. betina yg sdh birahi dikawinkan saja dg pejantan lain.

        Posted by pondokenari | 28 Agustus 2012, 8:51 AM
  2. Assalamualaikum,salam kenal om,saya wawan dari sragen,bgmn cara memilih betina siapan yang baik yg nantiny akan mnjd indukan yg pandai merawat anaknya,apakah bisa dgn ditelusuri asal indukan yang dulu ato dgn ciri2 fisikny?krn bnyk kasus indukan kenari yg kurang pandai merawat anakny shg anakny bnyk yg mati,makasih om

    Posted by Wawan | 13 Juni 2012, 7:30 AM
    • Waalaikumsalam…
      Salam kenal juga om…

      Memilih kenari betina yg disiapkan utk produk yg paling penting burung sehat om, aktif, nafsu makan besar, mata cerah dstnya. utk kasus2 betina yg sdh bertelur lalu anakannya dalam beberapa hari mati, penyebabnya ada beberapa faktor, dan bukan semata-mata induk betina tidak pandai merawat anak, memang iya ada kasus induk betina yg tidak padai merawat anaknya, namun hal2 lain yg mungkin jd bisa itu terjadi, misal: pengaruh cuaca, piyikan lemah, stress/takut/over protektif, induk betina tidak nyaman berada disarang (dikarenakan ada gangguan) dsbnya. sebaiknya utk mencegah hal2 ini terjadi, perlu disiapkan antisipasinya sesuai kondisi yg sy sebutkan tadi diatas.
      Demikian om semoga membantu.

      Posted by pondokenari | 14 Juni 2012, 9:56 AM
  3. slam kenal pak saya dari medan baru aja belajar ternak kenari bila anakan mati satu ap harus di buang yg satu atau di biari aja pak trimakasih mohon bantuannya

    Posted by mekky yuli purnomo | 27 Mei 2012, 4:04 AM
  4. om , mau tanya adakah trik trik untuk mengatasi sifat betina yang galak ? saat penjodohan pejantan malah diuber uber , mohon bantuan nya om ,,,! terima kasih !

    Posted by pity | 24 Mei 2012, 2:53 AM
    • Pastikan betina sdh masuk umur ideal produksi (diatas 6 bulan), lakukan penjodohan bertahap dg kandang terpisah dg pejantan, setting tingkat birahinya dg mandi jemur yg teratur (konsisten) berikan telur puyuh, variasikan sayuran, seperti sawi ijo, putih, selada, dstnya (hal yg sama utk pejantan), selalu ditempel terus dg kandang pejantan. lihat progressnya setiap hari, sesekali cb disatukan, dan jangan lupa berikan sarang didalam kandang betina, betina yg sdh siap akan merapikan sarang, jika masih blm akur lakukan lg proses penjodohan, jika dlm wkt yg cukup ternyata blm mau utk akur, mgk bs diganti pejantan yg lain sampai betina akur dg pejantan.

      Posted by pondokenari | 24 Mei 2012, 6:42 AM
  5. Saya pernah baca bahwa yang mengeram telur itu betina dan jantannya. tapi kenyataannya di tempat saya hanya betinanya aja yg mengerami, apakah demikian? dan nanti yang meloloh-in anaknya itu yg betina atau yg jantan? tq

    Posted by Abu Salma | 9 Mei 2012, 3:59 AM
  6. mau tanya…setelah bertelur, sebaiknya jantan di pisah setelah kondisi seperti apa? tq..u/ infonya…

    Posted by Abu Salma | 8 Mei 2012, 2:53 AM
  7. om…kenari saya knp sehari ngeram sehari tidak.. apakah memang begitu mengeram-nya? tq

    Posted by Abu Salma | 5 Mei 2012, 12:11 AM
    • Waktu masa mengeram, biasanya betina akan sesekali keluar sarang utk sekedar makan/minum dan mungkin juga mandi utk menjaga suhu tubuhnya, tp kalo sehari disarang sehari tidak, pastikan apakah sarang nyaman? semut, terlalu panas, berdekatan dan saling lihat dg pejantan, sering dilongoh/dilihat2,dll.

      Posted by pondokenari | 7 Mei 2012, 2:03 AM
  8. om…saya berencana membuat kandang bertingkat buat budidaya, tolong info ukuran kandang buat budidaya dan kalau ada beserta gambarnya biar tinggal nyontek aja…hehehehe

    Posted by Abu Salma | 4 Mei 2012, 6:48 AM
  9. untuk pemberian pakan untuk kenari yang baik seberapa banyak?

    Posted by Abu Salma | 4 Mei 2012, 4:04 AM
  10. Ass,wr,wb

    Salam kenal om,sya apip
    Mo tnya om,kenari saya sudah jodoh,tpi ko blum jg mau kawin,pdhal sudh bner2 jodoh tpi lgi2 blum mau kawin,adakah tip’s nya agar kenari saya yg sudh jodoh biar cpet kawin&bertelur.
    Sblum nya sya ucapkan bnyak trimakasih&pondok kenari makin ok aj,

    Saya bner2 pemula om

    Posted by Apip-dabob | 4 Mei 2012, 2:23 AM
    • Jika sdh usia siap produksi, berarti tinggal dikondisikan saja birahi pasangan kenarinya, mandi, jemurnya rutin om, kasih telur puyuh 1 hari 1 butir, berikan variasi sayuran, kenarinya biarkan saja trs dalam 1 kandang, jemur biarkan agak lama, persiapan sarang dan kebutuhannya didalam kandang, lihat perkembangnya setelah beberapa hari kedepan, jika betina sdh mulai rapi-rapi sarang, berarti tidak lama lg betina akan bertelur.

      Posted by pondokenari | 4 Mei 2012, 10:45 AM
  11. Berapa jumlah rata2 telur burung kenari dan di erami selama berapa hari? trmksh

    Posted by Abu Salma | 3 Mei 2012, 10:20 AM
  12. salam kenal..om… mau tanya, kenapa kenari tidak mau mengeram setelah di pindah posisi kandangnya..? kalau telur tdk di erami sebaiknya apa yg dilakukan?

    Posted by Abu Salma | 2 Mei 2012, 2:04 PM
  13. Salam ∫üƙşëş!!
    Om skrang kenariku udah bertelur! Udah 5 telurnya! Harusnya 6 tp 1 pecah wktu mulai bertelur ∂ɑπ saya gak tahu kejadiannya! Yg dipertanyakan sm saya bagusnya pejantannya dipasah gak om ya? Trus agar indukan yg sedang mengerang bagusnya dikasih apa?
    Wasalam!!

    Posted by suhendi | 26 April 2012, 6:41 AM
    • Selamat om, soal jantan mau dipisah tergantung orientasinya om, kalo mau dijodohkan lg, jantan dipisah, kalo tidak mau dijodohkan lg jantan jg tidak mengapa dibiarkan bersama betinanya, khusus utk pejantan yg mau dipisah, lihat reaksi dr betinanya setelah dipisah, tetap mau mengeram atau tidak?, sering keluar sarang atw tdk dstnya, karena ada jg betina tidak mau dipisah dengan jantannya. utk makanan dlm masa pengeraman, seperti biasa aja om, yg penting pakan utamanya canary seed selalu tersedia, utk menjaga stamina betina yg sedang mengeram bisa diberikan suplemen/vitamin di air minumnya dgn takaran yg sesuai 2 X seminggu sdh cukup. semoga semua telur menetas dan menjadi besar om.

      Posted by pondokenari | 27 April 2012, 6:49 AM
  14. makasih banyak om,masukannya smoga bisa jadi,kbetulan kandang baru pesen dari tukang kayu,jadi smentara masih dalam sangkar gantung.sklali lagi makasih Om.

    Posted by heru | 26 April 2012, 1:50 AM
  15. misi om?? mau nanya nich! kalau kenari udah 3(tiga) hari berturut turut kawin itu kira kira mulai nelurnya hari ke brapa ya om? masalahnya ini baru blajar ngrawat kenari. masih banyak harus belajar.& sabar.makasih om?

    Posted by heru | 25 April 2012, 4:05 PM
  16. alamat jelasnya PKBF dimana ya om?

    Posted by hendro | 8 April 2012, 10:39 AM
  17. makasih om pencerahanya yang sudi membagi ilmnya,,sukses selalun buat pencinta kenari….

    Posted by haris | 6 April 2012, 8:38 AM
  18. Salam kenal om.saya pemula mau nanya,kenapa kenari indukan yang jantan setelah di kawinkan,di sekitar leher menjadi botak?apakah itu proses yang normal atau penyakit?apakah akan tumbuh kembali bulu2 nya atau harus di beri vitamin?mohon pencerahanya om makasih…salam..

    Posted by haris | 5 April 2012, 1:22 AM
    • Umum kenari betina yg sdh jodoh dan mau produksi akan menyabut bulu jantan utk dirapikan kesarangnya (karakter alami kenari), utk menyiasati agr betina tdk lg menyabut bulu2 halus pejantan, sebaiknya letakan sobekan kapas ke dalam kandang atw letakan didalam sarang, sehingga meminimalisir betina menyabut bulu pejantannya, bulu leher pejantan yg botak akan tetap tumbuh kok, kan awalnya rapi sebelum disatukan dg betina kan? kecuali penyebabnya oleh kutu, kalo terserang kutu baru diberikan pananganan dg memberi obat kutu. Thx

      Posted by pondokenari | 5 April 2012, 6:49 AM
  19. Mas bro ak punya kenari masih muda ni lg bada bodol tu pe mau nelor masi nunggu berapa lama lg mas bro?

    Posted by Dimas afan | 3 April 2012, 3:40 AM
  20. as. om sya mau tnya lgi?dlm proses penjodohan waktu sya kumpulin jantan dan betina stu sangkar sya belum pernah lihat perkawinannya. tpi knpa betina sya terus merpikan sarangnya.dan yg sya perhatikan.mulai 2hri ini terus mengerami.pdahal belum adah telurnya?

    Posted by Candra rambo | 31 Maret 2012, 5:28 PM
  21. knari sya yg jantan tidak gacor tapi waktu aq jodohin sang jantan ciuman tapi waktu aq kumpulin sang jantan gk mau kawinin gmn ne om

    Posted by candra rambo | 26 Maret 2012, 3:08 PM
  22. Asalamualaikum wr wb
    Saya mau tanya om , disini bisa beli kenari bahan ga om ?

    Posted by thadeo prastya | 18 Maret 2012, 12:48 PM
  23. Asalamualaikum wr.wb
    Slam knal om ..
    Saya mau tanya , saya mau beli kenari siap kawin , ada ga om ? Trimksi
    Wsalam .

    Posted by thadeo prastya | 18 Maret 2012, 12:45 PM
  24. om mau tanya kalau pejantan lagi mabung jarak yang ideal untuk di kawinkan dengan betina berapa minggu, maksih om

    Posted by sugeng | 7 Maret 2012, 8:37 AM
  25. Siang om salam kenal dri apip-dabob
    Om mau tanya,kenari saya blum juga bunyi,padahal udh di plihara sebulan lebih,umur kenari nya udh gde/dewasa,kenapa?
    Trus membedakan kenari jantan yg udh gde/dewasa gmna ya?
    Mhon pnjlasan nya.
    Makasih ya om

    Posted by Apip-dabob | 5 Maret 2012, 4:13 AM
  26. assalamualaikum wr.wb
    salam kenal bang..dari saya agus “magetan”
    saya mau tanya, bagimana cara mengatasi indukan yang tidak mau meloloh anakannya…?
    terima kasih bang..atas bantuan infonya…

    Posted by agus suprayitno | 28 Februari 2012, 7:42 AM
    • Waalaikum salam…
      salam kenal jg om, karekter betina induk memang ada yg seperti yg om sampaikan, setelah telur menetas beberapa hari/minggu kemudian sudah tdk mau lg melolohi anak, faktor2 mengapa hal ini terjadi menurut pengalaman pribadi saya saja, kemungkinan besar betina induk birahi lagi, karena mungkin biasanya kita setelah telur menetas umum selalu memberikan telur puyuh, dgn harapan piyik kenari cepat besar, namun disisi lain pemberian yg berlebihan sedkit byknya jg akan mempengaruhi tingkat birahi betina induk karena telur puyuh byk terkandung protein tinggi yg secara bersamaan menaikkan tingkat birahi si induk, lalu hal lain (kemungkinan, berdasarkan pengalaman sendiri) si betina melihat induk jantan (kandang berhadapan langsung/berdekatan dg kandang pejantan, sehingga membuat betina induk dan pejantan gelisah/saling memanggil, yg akhirnya secara tdk langsung jg membuat induk betina tdk fokus melolohi anak2nya (birahi lg), kr tiap hari selalu berada dikondisi yg sy sampaikan diatas. kemungkinan lain sarang kurang nyaman, sering terganggu, suhu kandang terlalu panas, dll, atau mungkin jg si induk betina tdk mau melolohi anak ini sdh menjadi karekter kenarinya, namun hal terpenting yg hrs dijalankan/sebagai solusinya adalah menggunakan induk babuan om, jadi anak dr betina induk yg tdk mau melolohi anaknya dititipkan ke induk betina lain yg jg sama dlm kondisi melolohi, namun jika tdk ada induk babuan ini, maka mau tdk mau hrs kita yg bantu lolohi sendiri om.

      Posted by pondokenari | 29 Februari 2012, 4:03 AM
      • om kasih saran dong? knari sya yg jantan tidak gacor tapi waktu aq jodohin dia ciuman sama betina/ pas aq masukin satu sangkar dia terus ciuman tapi sang jantan gk mau kawinin? gmna ne om caranya?

        Posted by candra rambo | 26 Maret 2012, 3:13 PM
      • kalo sdh sama2 siapan, kenarinya akan bertelur kok om. utk membuat kenarinya siapan produksi (baru atw sdh produksi) sdh sy share dikomentar sebelum2nya.

        Posted by pondokenari | 28 Maret 2012, 2:29 AM
  27. mau tanya om……kenari betinaku dah bertelur 2 truz jantan tak pisahin ko malah ga nelur /mengeram ya om….trus kira – kira tar lama – lama mau mengeram ga ya om? atau telurnya dipindahin truz jantanya di gabung lagi biar bisa bertelur lagi ya om……..kalau telur yg 2 td disimpan bisa ga dan gimana cara penyimpananya…

    Posted by Vergil Linkinpark Undergruond | 20 Februari 2012, 2:19 AM
    • Kalo kondisi seperti itu, berarti kenari betinanya tdk mau dipisah pak, masukan saja lagi pejantannya, sehinga betina mau mengeram lagi, jika mau memakai sistem kawin cabut, coba lg beberapa hari, sampai kenari betinanya tdk mencari jantan jika dipisah, jika tetap betinanya tdk mau dipisah ya biarkan saja pejantannya disarang sampai telur2 menetas baru nanti dipisah, utk menyimpan telur biar dlm proses pengeraman bisa menetas bersamaan, tempatkan telur diwadah yg dialas bahan lembut, perlu diperhatikan adalah hati2 mengambil telur, jgn sampai terguncang kuat (bisa membuat telur tidak menetas), jangan terlalu keras memegang, karena telur kenari sangat tipis/rapuh mudah sekali pecah, tempatkan disuhu ruangan aja, jgn terkena air, dsbnya. setelah betina bertelur yg ke 3 atw 4 butir masukan semua telur yg disimpan, bila dilakukan dg cara yg benar/berhati2 dan telur memang isi mudah2an telur bisa menetas bersamaan, minimal beda sehari.

      Posted by pondokenari | 20 Februari 2012, 9:13 AM
  28. Ass. .Gan aq mau tnya niy. . .Kenari ku tu g mau bertelur di sangkarny,pdhal jg sdah buat sangkar udah jd tp kok bertelurnya sambil nangkring dan jatuh pecah gtu,gmana solusinya gan?
    Dan kyaknya telurnya msih ada coz cman 1x brtelur,perutnya jg msih buncit tp kok g dkeluarin y perutny

    Posted by awan | 19 Februari 2012, 10:37 AM
    • Waalaikum salam.

      Sering dijumpai memang betina yg seperti bpk pny sekarang, sementara utk antisipasi, cepuk makan ganti dg yg kecil, sehingga betina tdk bs bikin sarang (memasukan sobekan koran atw bahan2 sarang yg lain ke cepuk makan), lalu sarang tetap dibantu dirapikan pak kalo memang dirusak lg, pancing dg telur yg kopyor (yg ga jd) letakan didasar sarang, dg harapan betina bisa fokus utk mau duduk disarang. betina bertelur diluar sarang jg bisa dipengaruh faktor lain pak, seperti contoh (pengalaman pribadi) sarang yg tidak nyaman, baik dari bahannya, wadah/tempatnya yg mungkin kebesaran atw kekecilan, terlalu dalam atw terlalu keatas bahan sarangnya. lalu penempatan sarang tdk diposisi yg betina sukai, terlalu gelap, terlalu panas, byk gangguan misalnya, cicak, semut, dsbnya. umum kenari muda sering seperti ini, namun jika sdh mau sekali mudah2an betina tdk akan bertelur sembarangan lagi. sukses pak utk breeding kenarinya…

      Posted by pondokenari | 20 Februari 2012, 9:01 AM
  29. assalamualaikum…
    om …. boleh tanya pasal birdiing kenari nih maklum lagi pusing bgt nihh……
    begini om..ku sudah menjodohkan sepasang kenari yg jantan lokal yg betina AF…nah keduanya sdh kawen dan betina sdh membuat dan merapikan susuannya. untuk diketahui keduanya sepasang JEJAKA n PERAWAN. yg jd masalh nih ……………..
    1. jantan kalau minta kawen n betina lagi ngak mood kok susuannya dirusak ma yg jantan, akhirnya ku coba sistim cabut ehhh si betina kok ngak semangat yahhhhh malas diem di susuannya, malas ngerapiin pokoknya ngak semangat deh ( padahal saya sdh yakin sibetina ngak akan mendengar suara jantannya)…
    2. apakah ada kemungkinan betina males kawen gara2 mau bertelur, karena saya lihat perutnya udah buncit dan merah bgt dan ven nya udah semakin besar.
    3. apakah tidak masalah mngeluarkan betina yg belum bertelur dari box ternak untuk dimandikan dan dijemur?
    4. berapa lama lagi yahhh sibetina bertelur dgn keadaan perut membuncit sperti itu?
    terima kasih sebelumnya om…..mudah2 PKBF makin good ajah….

    Posted by hendyk | 11 Januari 2012, 2:53 AM
    • Waalaiukumsalam,
      Kalo sdh disatukan kenarinya dan sering kawin, berartikan kenarinya sdh jodoh (akur) ya biarkan saja terus dalam 1 kandang pak, ga usah dipisah2 (ga ush diapa2in lg) sampai betinanya bertelur, paling 2-3 hr lg bertelur yg penting pakan, EF dan air minum cukup, dan ga usah sering diganggu lagi (sampai betina bertelur), kalo betina merusak sarang kitapun bantu buletin, sampai betina mau duduk disarang dan bertelur, ga ush kwatir kenarinya pasti bertelur kok kalo dr yg bpk sebutkan sdh pernah melihat kenarinya emg sdh kawin. kenari yg sdh membulatkan sarang dan masa mau produksi kalo sy ga pernah dimandi jemur, paling mandi sendiri dicepuk minum yg ada didalam kandang, Yg terpenting lg sabar pak dalam breeding kenari, sabar, telaten, eeeeh…tahu2 disarang sudah ada piyik kenari. he he he.

      Posted by pondokenari | 12 Januari 2012, 4:14 AM
  30. Salam Kicau… pak saya mau nanya nih pak… untuk tambahan penerangan lampu saat musim hujan itu lebih baik pakai lampu yang berapa watt ya pak?? takutnya nanti malah kepanasan… soalnya kenari saya baru bertelur nih pak…

    Posted by dedot | 2 Januari 2012, 9:43 AM
    • Jika memang mau diberikan penerangan lampu, kalo kandang ternak bpk berada didalam rmh, sy kira pemberian lampu relatif, bisa dikasih lampu ukuran 3-5 watt dan disesuaikan sj posisi lampu dg sarang (tempat bertelur) agr tdk berdekatan walaupun lampu berada didalam kandang, hal ini dimaksudkan agr induk yg lg mengeram tdk kepanasan dan malah sering keluar sarang sehingga proses pengeraman terganggu, lampu sebaiknya tidak dinyalakan sepanjang hari, diatur/disesuaikan sj dg kondisi, terutama pd mlm hari khususnya.

      Utk kandang ternak sy, tidak sy berikan lampu pak (perkandang maksudnya), sy hanya berikan 1 lampu di atas plafon sebagai penerangan utk semua kandang, itupun lampu yg bukan pijar, hal yg terpenting dalam pemanfaat lampu adalah ketika induk dalam proses meloloh/atau anak baru menetas pak, dg cuaca kurang mendukung/dingin misalnya, nah pemberian lampu akan lebih efektif.

      Posted by pondokenari | 3 Januari 2012, 2:39 AM
  31. bang..mo nanya nih..ciri khusus pada kenari jantan yg baru umur sebulanan ada gak ya bang??
    mohon pencerahannya bang ttg ciri-ciri jantan betinanya klo baru umur sebulan ???coz masih bingung bgt nihh..makasiiih.
    tlong diberi petunjuk y bang..

    Posted by fahfeh | 17 Oktober 2011, 3:27 PM
  32. om. Mau tanya kenariku udah umur 3 blan tp kok susah bedain jantan dan betinanya. Bis ngriwik semua. Tolong kasih tipsnya. Mkasih sblmnya.

    Posted by arief | 5 Oktober 2011, 5:23 AM
    • Thx pak Arief sdh mampir ke blog sy, paling mudah jika sdh sering ngeriwik pak, yg lebih sering dan lumayan keras biasanya dominan jantan, utk anakan kenari betina memang terkadang jg suka ngeriwik tp pasti lebih jarang frekuensinya, kr anakan kenari jantan apalagi umur 3 blnan jika sdh dimandikan trs dijemur biasa akn lebih sering/lebih rajin cepat/sering ngeriwik.

      Posted by pondokenari | 10 Oktober 2011, 4:27 AM
  33. salam kenal oom, mau tanya nih,kenari saya sudah bertelur 4 butir,telur pertama tanggal 8 kemarin oom, koq sampai sekarang (tgl 24)belum menetas juga yach?? sudah 16 hari oom, normal gak yah?, mau saya candling tapi takut telurnya pecah om, apa ada cara lain selain candling buat menentukan telur2 tsb fertil atau tidak om?,

    Posted by hendrik | 24 Agustus 2011, 11:42 AM
    • Mf baru bls, libur lebaran soalnya, he he he, smg sdh menetas yach pak, kalo sy sich biasanya kalo sdh lewat 14 hr tp blm netas dan telur tdk keliatan terang sy biarin 1 minggu lg itu jg paling lama, setelah lewat dr itu itu telur disingkirkan/dibuang.

      umum org utk mengetahui telur fertil or tdk, biasanya akan dilakukan penerawangan telur usia pengeraman 1 minggu, jika terlihat agk lebih gelap telur biasanya isi, jika sebaliknya keliatan terang telur fertil, namun tehnik ini hrs dilakukan dg hati2, kr cangkang telur kenari sgt tipis sekali.

      Demikian pak, semoga berkenan..

      Posted by pondokenari | 5 September 2011, 5:02 AM
      • /sampai hari ini sudah 2 x bertelur omm masing2 4 butir, yg terakhir jg gak menetas, sy pecahin telornya, sudah jd anak cuma mati di dalam telur, ada salah dimana yah omm, apa penempatan kandangnya kurang tepat? cos kalau sore kena sinar matahari, apa harus dipindah ke tempat teduh?, soalnya saya sering lihat kalau siang indukannya sperti kepanasan:(paruhnya terbuka)

        Posted by hendrik | 28 September 2011, 12:56 PM
  34. omm saya mau ternak kenari & ini awal dri sya mencobanya,setelah kenari jntan dan betinanya di satukan,kpan meraka bsa dipisahkan lg???apakah selama proses perkawinan sampai menelur si jantan msh disatukan jg???
    vit pa yg biasanya di berikan saat proses pengengkraman omm??
    tlng tipsnya yaaa omm & slm kenal

    Posted by daryanto | 7 Agustus 2011, 6:01 PM
    • Idealnya, jika pejantan mau dipisah setelah betina bertelur yg terakhir pak, selama pengeraman sebaiknya berikan vitamin utk stamina aja (byk dipasaran), berikan secara teratur dan terukur, kr kalo pemberian vitamin yg berlebihan dan tdk terukur bukannya sehat malah membuat KN sakit atau bermasalah, berikan 1 minggu 1 x saja sdh cukup, hari yg lain berikan air putih biasa yg bersih dan sehat.

      Posted by pondokenari | 8 Agustus 2011, 4:07 AM
  35. Asalamualaikum SLM KENAL sy niko dr subang sy lg belajr ternk KN masalahNYA betina nya botak yg saya binggung cara bertelur nya di mana saja hingga pecah trus mau naek sarang,n membuat sarang ya jg jelek kurang rapih,gmn ky gt om,mhn bantu an nya

    Posted by niko irahsa | 22 Juli 2011, 7:00 AM
    • Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Itu kenarinya terserang kutu pak, berikan abat kutu yg sdh byk kok dijual dipasar/kios burung. kalo kenarinya bertelur sembarangan misalnya ditempat makan, dsb. faktornya bisa saja sarang tidak nyaman, terlalu kecil, terlalu besar, terlalu dalam, ataupun bahan sarang yg terlalu penuh, dan perlu jg dibantu utk rapikan/buletin sarangnya pak.

      Posted by pondokenari | 22 Juli 2011, 10:34 AM
  36. om met kenal,mau nanya nih aku punya kenari sepasang yang jantan udah siap kawin tapi betinanya belum siap kawin.
    kalo kayak gitu dipisah ato digabungin om,soalnya pernah tak gabungin gk berantem tapi berantemnya kalo yang jantan bunyi trus ya kejar-kejaran gitu.
    mohon jawaban dan saranya om…….
    terima kasih.

    Posted by raka | 11 Juli 2011, 1:40 PM
    • Salam kenal jg pak Raka, berarti betina blm siap pak, mungkin sdh pernah produksi, tp blm birahi lg, atau pasangan sebelumnya diganti dengan yg sekarang sehingga betina jd sedikit galak, pisahin aja dulu, berikan pakan yg cukup, EF variasi sayuran segar, telur puyuh tiap hari setengah saja 2 hari sekali. mandi jemur teratur, dan gantung berdekatan dengan jantannya, jemurpun begitu usahakan berdekatan kandang/tempel kandang istilahnya, cara ini walau tdk langsung efektif/jodoh, tp paling tidk membiasakan kenari utk saling kenal dan jika sdh jodoh kenari yg melewati proses penjodohan akan baik dalam proses perkembangbiakannya. jika sdh melakukan cr yg tersebut diatas betina msh lambat ngangkat birahinya bisa ditambah dengan multivitamin khusus untuk mengangkat birahi yg sdh byk dijual dipasaran.

      Demikian pak. Thx sdh berkunjung ke blog sy.

      Posted by pondokenari | 18 Juli 2011, 9:00 AM
  37. salam kenal om,saya baru belajar beternak kenari.awal-awal saya berhasil.1 indukan bisa netas 3 sampai4 ,namun sekarang semua indukan pada macet, rata-rata burung tidak mau kawin atau kawin dan bertelur tapi tidak mau menetas.tolong om saya dikasih masukan bagaimana burung kenari saya bisa rajin bertelur dan berhasil lagi.terima kasih

    Posted by fatchul aman | 4 Juli 2011, 12:20 PM
    • Kenari indukannya berikan perawatan extra pak, berikan suplemen vitamin, mineral secara rutin dan terukur sehingga kenari2nya tetap vit dan sehat. jika ternaknya menggunakan kandang permanen sebaiknya kenarinya juga dilakukan mandi dan penjemuran yg cukup (dg memindahkan ke kandang harian misalnya, setelah itu dikembalikan ke kandang awalnya), tempat makan dan minum harus jg bersih, terutama tempat minum hrs diganti tiap hari, lalu kandang juga harus bersih karena kandang yg agak kotor akan membuat kenari2 lebih cepat kurang vit. sayuran jg hrs selalu diberikan secara rutin dan bergantian karena sayuran byk memberikan mineral yg baik utk kenari. burung yg vit dan sehat pasti akan berproduksi baik. telur akan isi, lalu sarang utk bertelur jg harus dlm keadaan bersih dan nyaman, lalu proses pengeraman jg hrs diperhatikan, misalnya letakkan kandang kenari mengeram di tempat yg lebih tenang, tdk berisik, dan tidak panas, dan jgn sering dilongoh atw diganggu, ganti makan dan minum 2 hari sekali saja utk kenari yg sedang mengeram. semoga kenarinya kembali vit dan sehat dan mulai berproduksi lg dg baik pak.

      Demikian pak, semoga sukses.

      Posted by pondokenari | 5 Juli 2011, 2:03 AM
  38. salam kenal om,mau tanya?,aku punya kenari jantan dan betina tapi betinanya belum siap untuk dikawinin.nha gimana om caranya biar cepet kawin?? trims
    mohon sarannya/tipsnya

    Posted by raka | 4 Juli 2011, 6:46 AM
    • Salam kenal jg pak Raka, betinanya umur brp y? dan pasti betina loch? jika betina sdh memasuki usia produktif yaitu kr2 diatas 7 bulanan, kalo betinanya blm mau kawin, berarti kenari betinanya hanya tinggal ditingkatkan birahinya, dgn cr misalnya, berikan telur puyuh 2 hari sekali, sayuran seperti sawi putih, sawi hijau, oyong, secara bergantian, dan lakukan mandi jemur secara rutin. dan diberikan suplemen peningkat birahi yg byk dijual dipasaran, jika perlu.

      Posted by pondokenari | 5 Juli 2011, 1:44 AM
  39. Om Anda’
    bgm cr mengatasi kenari galak? mohon pencerahannnya? Thx

    Posted by Iwen | 1 Juli 2011, 7:41 AM
  40. Asalamualaikum Wr. Wb

    om,sya m konsul neh om..klu ciri2 telur dibuahi dalam waktu 2-3 hari pertama gmn yah om?
    trus ad tips nya g om biar telur kenari cepet netas?
    mohon dijawab yah om,terima kasih banyak sebelumnya……

    Posted by bobby | 25 Juni 2011, 4:01 AM
    • Waalaikumsalam Wr Wb

      Telur yg dibuah jika diterawang akn kelihatan garis-garis merah bercabang dan berwarna agk lebih gelap pak, dan lebih jelas terlihat setelah 7 hr pengeraman. telur yg kosong atau yg tdk dibuahi tidak akan terlihat seperti itu.

      Normal setelah 14 hari proses pengeraman, telur-telur kenari akan menetas. selama proses pengeraman sebaiknya indukan dikondisikan lebih tenang, tidak sering terganggu. kandang ditempatkan ke tempat lebih nyaman dan sejuk, tdk bising, kandang jgn sering terguncang, kr telur jg ikut terguncang, penempatan kandang tdk panas, karena jika panas induk kenari akan lebih sering keluar sarang, dan akan lebih sering mandi hal ini akan bisa membuat telur dingin dan tidak jadi. utk beberapa kasus (jika sistem cabut pejantan) jauh kan dr si pejantan pasangannya, kr ada jg indukan lebih sering keluar sarang ketika melihat pasangannya, dll

      Demikian yg sy pahami.
      Thx sdh berkunjung ke blog sy…

      Posted by pondokenari | 27 Juni 2011, 1:17 AM
      • terima kasih banyak yah om jawabannya,insya Allah sangat bermanfaat om bwt saya..

        sukses selalu utk PKBF

        Posted by Bobby | 11 Juli 2011, 11:29 AM
  41. Asalamualaikum…

    salam sukses selalu om, sukses selalu utk PKBF, sdh lama nich ga main ke PKBF. nanti kalo aku ke jkt lg pasti mampir dech om, nanya dikit y, kenari pejantan sy baru selesai/beres mabung, sdh rapi semua bulu2nya, tp knp blm bunyi lg y om, pelan jg ga, brp lama sich om dr mabung nyampe gacor lg, trm ksh om, sukses trs y om.

    Posted by Heru supiana | 3 Juni 2011, 4:05 AM
    • Waalaikumsalam Wr. Wb

      Salam sukses jg om, Thx. silahkan om jika mau mampir ke gubuk sy. utk kenari om yg belum mau bunyi lg setelah selesai mabung, itu hal lumrah kok om, kenarinya masih dalam masa peralihan /pemulihan dan biasanya sedikit gemuk, perawatannya tetap konsisten aja om, mandi-jemur rutin setiap hari, berikan timun tiap hari sampai terlihat tidak terlalu gemuk kenarinya. khusus utk penjemuran biarkan sedikit lama setiap harinya om, sampai gacor lagi waktunya relatif om, tp kalo perawatannya benar-benar konsisten maka umum kenari beres mabung akan cepat berkicau lg.
      Demikian. semoga berhasil. Thx

      Posted by pondokenari | 3 Juni 2011, 7:25 AM
  42. Salam kenal, salam sukses selalu, anak kenari umur brp utk disapih.

    Posted by Jaya | 31 Mei 2011, 5:53 AM
    • Salam kenal jg om Jaya, kenari umur 1 bulan sdh bisa dipisah om, walupun memang hrs lebih byk menyediakan sayuran didalam sarangnya (biji2an ttp aja diberikan, biar anakan kenarinya mau belajar makan biji2an jg) sukses jg buat om. Thx

      Posted by pondokenari | 31 Mei 2011, 10:25 AM
  43. Om, nangani kenari galak gmn ya om? thx

    Posted by Uking | 30 Mei 2011, 8:27 AM
  44. Kenari 5 bulan apa sdh bisa dijodohkan om? kenari sy yg umur 5 bulanan sepertinya sdh birahi? andai bertelur bs jadi ga om? mks

    Posted by Wahyu | 30 Mei 2011, 8:12 AM
    • Utk beberapa case memang seperti itu pak, tp memang ini jarang terjadi tp ada memang. kenarinya dikawinkan aja jg ga apa2 pak, selama kenarinya mau dijodohkan dan mau dikawinkan pejantan. persentase utk menetas akn tergantung dr kondisi indukannya sendiri, telur, dan proses pengeramannya dan tentu tetap bisa menetas pak.

      Posted by pondokenari | 7 Juni 2011, 8:59 AM
  45. om mau tanya, 1 indukan dgn 4 piyikan perlu kt bantu loloh ga om? kr sy pernha pny kejadian sebelumnya netesin 3, mati 2 ekor. gmn om? mhn masukannya. matur suwon sanget om…

    Posted by Ismail | 30 Mei 2011, 4:48 AM
    • Diloloh sendiri atw dilolohin indukan tergantung dan flexible aja om Ismail, artinya tdk mutlak dan disesuaikan dg kondisi aja, induk yg bagus biasanya tdk akn ada masalah dg melolohin 4 anakan sekaligus, ttp sebaliknya utk indukan yg kurang pandai merawat anak hrs dibantu dg induk babuan, kalo boleh tahu 2 anakan yg mati sebelumnya kenapa? tdk dilolohin, kegencet indukan, atw kr apa? masukan aja (berdasarkan pengalaman pribadi) utk meminimalisir kejadian anakan mati diluar faktor indukan yg kurang pandai merawat anak, utk kenari yg menetaskan telur yg cukup byk misalkan menetaskan 4 telur, lihat besaran sarangnya om, kalo terlalu kecil utk ditempatkan anakan dan indukannya sebaiknya sarang diganti aja dg yg sedikit lebar atw ditata agak cekung dan cekungannya tdk terlalu dalam,sehingga anak2kan kenari sedikit leluasa bergerak walaupun ditindihin indukannya, kr pengalaman sy sarang kecil membulat kedalam akan membuat anakan akn gampang tergencet oleh indukannya dan mati…demikian om. thx

      Posted by pondokenari | 30 Mei 2011, 6:34 AM
  46. Mas, mau tny obat kutu yg bagus apa yach? suwon…

    Posted by Ray | 30 Mei 2011, 4:24 AM
  47. om Radit, menurut yg sy pahami om, 90% wrn pasti akn mengikuti asal wrn dr keturunan/generasi indukannya, perkawinan silangan dr indukan (bukan merah) namun diharapkan mendapatkan anakan murni berwarna merah sampai saat ini sy pribadi jg blm pernah mendapatkan. jika salah satu indukannya berwarna merah sedangkan indukan lainnya tdk merah bisa ada kemungkinan salah satu anakannya (50%) akan mengikuti salah satu wrn indukannya yg dikenal dlm teori mendle.

    Posted by pondokenari | 25 Mei 2011, 9:47 AM
  48. om,klu pgn punya anakan warna merah (selain dengan indukan merah lagi) silangan warna apa dengan apa yah om..
    mohon pencerahannya yah om..terima kasih sebelumnya,,

    Posted by radit | 24 Mei 2011, 2:56 PM
  49. om, Gmn cara masterin kenari yg baik yach? soalnya baru beli kenari F1 umur 3 bulan, sdh mulai ngeriwik dan master apa yg bagus utk kenari yac? trm ksh om

    Posted by Bintang | 28 April 2011, 1:25 PM
    • usia 3 bulan memang usia yg sangat ideal om untuk “mengisi” kenari, sering didengerin aja kenarinya om Bintang dengan suara burung pemasternya, bisa langsung dengan burung-burung masteran seperti ciblek, prenjak, mozambiq, blackthroat, manyar, dll, atw bisa juga menggunakan master dengan perangkat audio yg menggunakan CD yg berisi suara-suara burung kicauan, untuk CD master, dan sudah banyak kok dijual, misalnya om Bintang bisa gunakan CD mastering dari om Irvan Sadewa. untuk pemasteran menggunakan master langsung dari burung, yaaa..om tinggal dekatkan kenari dengan burung pemasternya sebaiknya kalau dari pengalaman saya kenarinya dikerodong aja [tidak mutlak] hal ini dimaksudakan agar kenarinya biar lebih tenang mendengarkan suara burung pemasternya ini pun berlaku untuk pemasteran melalui CD, dengan setelan suara yg tidak terlalu kencang ataupun terlalu pelan, biasanya burung kicauan akan lebih cepat merekan suara pemasternya, termasuk burung kenari.

      Demikian om.

      Posted by pondokenari | 28 April 2011, 1:51 PM
  50. Assalamualaikum wr.wb

    salam…

    om, sy pemula, dan lg belajar ternak kenari, sy ada 3 ekr, 2 pejantan dn 1 btn, umr nya sich sdh 8 bln, semua wrn kenari sy kuning. sy masukan jd 1 kandang. 1 betina sdh bertelor 4 butir, dan yg satu blm, tetapi knp betina yg bertelur itu ga mau mengerami telur-telurnya, apa sy harus pisahkan dgn jantan dan betina yg lainnya y? minta pencerahannya om.

    Thx’

    Assalammualaikum…wr.wb

    Posted by Aldo | 5 April 2011, 7:07 AM
    • Waallaikumsalam…wr…wb

      Trm ksh om aldo sdh mau berkunjung ke blog sy, sekali lg sy mau sampaikan, sy jg msh belajar om, ilmunya msh cetek…hahahaha. utk kondisi kenari yg om punya, menurut yg sy pahami aja loch om, beberapa kemungkinannya:

      1. Sarang tempat mengeram mungkin kurang nyaman, bisa dari bahan sarangnya, bisa disebabkan jg adanya gangguan semut, atau hewan-hewan lain. sebaiknya jg di sisi- sisi dinding dimana sarang ditempatkan ditutupi plastik atau kertas, sehingga indukan yg mengeram lebih nyaman didalam sarang.

      2. Kemungkinan lain, indukan kenari tidak mau mengeram kerena terganggu dengan indukan betina yg lainnya yg mungkin sesekali menghampiri betina yg lg mengeram, atau sengaja memang ingin mengusir kenari yg lg mengeram tsb.

      3. Lingkungan dan penempatan kandang yg terlalu panas, dan terlalu berisik jg bisa membuat kenari jd tidak nyaman dan gelisah.

      masukan sy betina yg sdh bertelur itu dipisah aja om, br bs mengeram lebih tenang, setelah itu lihat lg bgm keberlanjutannya…

      Posted by pondokenari | 5 April 2011, 7:54 AM
      • Om mau tanya ..
        Kenari saya itu saut sautan bunyinya , itu bertanda sdh jodoh pa blm , tapi kalu sdh jodoh tapi kok belum maw kawin …

        Posted by Ilyas | 14 September 2012, 11:49 AM

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 118 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: