//
PERAWATAN KENARI

Burung kenari adalah burung ocehan yg memiliki suara khas dan mempesona. selain itu keindahan burung ini mencakup suara dan bulu. Selain sehat, juga perlu dijaga agar burung ini berada dalam keadaan senang. Sebagaimana umumnya binatang piaraan yang berada dalam kandang, maka makanan dan minuman haruslah diperhatikan, di samping itu juga keadaan sangkarnya sendiri. Sangkar kecil yang kotor dan bau tentulah kurang meng gembirakan, apalagi kalau tempat makanan serta minuman juga kotor tak terawat.

Penyelidikan tentang tingkah laku binatang telah berjalan sejak lama, dan penilaian kita akan binatang piaraan yang kita kurung sebenarnya tidak bernilai bagi binatang itu sendiri. Seorang sarjana Prof Hediger, telah membuktikan secara ilmiah bahwa seekor binatang yang telah berada dalam peliharaan manusia akan diangap lingkunganya itu sebagai wilayah tempat tinggalnya. Ini berlaku bagi binatang yang telah dipelihara manusia dari generasi ke generasi, dan dikembangbiakan dalam lingkungan tangkapan, dalam hal ini sangkar sebagai tempat tinggalnya.

Selain sangkar tetap dijaga kebersihanya yang lebih utama adalah kesehatan burung itu sendiri, karena sifat kenari suka membasahi tubuhnya maka untuk lebih baiknya ditempatkan beberapa wadah untuk mandi, biasanya dapat dilakukan pada waktu menyemur di pagi hari atau dapat juga sore hari. Mandi bagi burung kenari sangat berarti sekali terutama pada waktu proses ganti bulu.

Banyak pengemar burung mengatakan bahwa jika burung kenari itu sedang sakit bisa ditandai dengan seringnya ia membasahi dirinya, dengan memandikan dirinya lebih dari biasanya. Keadaan yang sama juga kita lihat jika kenari habis mengerami telunya, akan sangat sering membasahi tubuhnya dengan air. Juga dalam hal penyemuran panas matahari hendaknya harus kita awasi agar tidak berpengaruh jelek pada burung, sudah tentu menjemur dengan berkepanjangan akan sangat membahayakan burung itu sendiri beberapa burung akan mati sia sia jika kita tidak mengawasi penjemuran tersebut

Tentunya kita dapat menyaksikan bahwa hewan-hewan piaraan memiliki “perasaan”. Kalau burung kenari diperlukan dengan tenang dan lemah lembut setiap saat, lama-lama (dalam waktu relatif singkat) burung ini akan rnemberikan kepercayaan tertentu kepada yang memeliharanya. Burung ini dapat belajar dengan cepat untuk mengetahui siapa yang mengisi makanannya, siapa yang membersihkan minumannya dan siapa yang memberikan sayuran kepadanya. Begitu besarnya rasa mudah percaya, sehingga burung kenari ini dapat dilatih untuk bertengger dijari kita atau di telapak tangan kita. Sudah tentu ini harus dengan latihan. Merawat burung-burung ini memang memerlukan ketenangan, dengan gerakan-gerakan lembut yang selalu terkendali. Dengan cara inilah ada pihak yang berpendapat bahwa memeliliara burung kenari dapat menjadi obat pengendali syaraf bagi para penggemarnya. Sudah tentu ini berlaku bagi penggemar burung kenari yang menangani sendirii pemberian makanannya dan merawatnya. Bukan model penggemar burung yang menyerahkan pemberian makanan dan pemeliharaannya kepada orang lain, misalnya pembantu rumah tangga.

Dengan menyerahkan segala sesuatunya kepada orang lain, tentu itu tidak mempunyai hubungan dengan binatang piaraannya itu.Rasa gugup atau tingkah gugup, rasa jengkel atau gerak tak terkendali, yang muncul dengan tiba-tiba pada diri manusia tidaklah disukai oleh binatang. Rahasia berhasilnya seorang pemelihara yang baik di dalam memelihara binatang Di samping perlakuan yang lembut terludap burung ini, burung kenari memerukan perawatan lain. Di sini, suatu perawatan terhadap paruh dan kuku-kuku jari penlu dilakukan. Burung kenani akan mendapat kesempatan mengasah paruhnya kalau padanya disediakan tulang ikan-sotong yang dapat dibeli di pasar burung. Dan ada makanan burung kenari dan luar negeri yang sengaja dipadatkan, sehingga burung harus mencukil dengan paruhnya. Dalam taraf tertentu makanan mi membantu mengasah paruhnya. Selain paruh, kuku binatang ini terkadang eukup panjang sehingga sudah sepantasnyalah kalau dipotong. Kalau kita memiliki burung kenari dan luar negeri yang memakai cincin, kita akan tahu umur dan burung itu. Dan burung yang baru berumur satu tahun kita akan tahu berapa panjang kuku normal. Panjang kuku normal kenari 5 mm.

Burung dewasa yang sudah tergolong berumur akan memiliki sisik kaki yang kaku dan tenlihat kurang menarik. Hal ini adalah biasa. Burung kenari bukan hanya ‘berganti bulu, tetapi kulitnya juga diganti, sehingga sisik kaki yang kaku lagi buruk itu akan digantinya. Burung yang mendapat banyak kesempatan mandi umumnya lebih cepat mengganti bagian sisik-sisiknya yang kaku di kaki dan di jar Sisik yang baru sebenarnya telah tersedia di lapisan bawahnya. Kalau Iapisan sisik yang tua terlalu keras dan terlalu kuat, itu biasanya akan menempel pada sisik yang muda itu. Dalam keadaan ini langkah yang dapat diambil adalah merendam kaki itu pada air hangat atau minyak hangat. Bila memakai minyak hendaknya sangat hati-hati agar jangan mengenai bulu, Cara ini akan melembekkan sisik yang keras sehingga mudah lepas. Segala macam krem kecantikan atau krem kulit dapat dipakai untuk meminyaki sisik kaku. Caranya dengan mengoles-oleskan krem itu ke kaki/jari burung. Agar bersih dan sisiknya akan dengan sendirinya akan rontok.

PERAWATAN HARIAN BURUNG KENARI

Perawatan harian untuk burung kenari relatif sama dengan burung berkicau jenis lainnya, kunci keberhasilan perawatan harian yaitu rutin dan konsisten.

Berikut ini pola perawatan harian dan setelan harian untuk burung kenari:

1. Jam 07.00 burung diangin-anginkan di teras.
2. Jam 07.30 burung dimandikan, tergantung pada kebiasaan masing-masing burung
3. Bersihkan kandang harian, berikan makan dan minum yg baru.
4. Berikan sayuran segar dan buah kesukaan kenari.
5. Penjemuran dapat dilakukan selama 1-2 jam/hari mulai pukul 08.00-10.00.
6. Setelah dijemur, angin-anginkan kembali burung tersebut diteras selama 10 menit, lalu sangkar dikerodong.
7. Siang hari sampai sore jam 10.00-15.00, burung dapat dimaster dengan burung lain.
8. Jam 15.30 burung diangin-anginkan kembali.
9. Jam 18.00 burung kembali dapat dimaster suara burung lainnya selama masa istirahat sampai pagi hari.

Diskusi

289 pemikiran pada “PERAWATAN KENARI

  1. assalamualaikum om salam kenari mania, om minta solusinya kenari sy BR import umur 1,7thn suaranya serak seperti ad lendirnya dari pertama sy beli,sy sdh komplain ke importirnya, kata importinya nanti juga sembuh blm adaptasi iklim di kita trnyata sy sdh rawat dgn optimal 4blnan sdh berbagai obat kimia maupun herbal KN sy tak kunjung sembuh tapi alhamdulillah sdh pernah ngisi 2x anaknya sehat” dan tidak mewarisi penyakit bpknya,, trmakasih

    Posted by iyanx | 19 April 2014, 10:24 PM
    • Jika sudah dari awal sdh demikian, dan coba dirawat dengan insentif termasuk mencoba dgn berbagai altenatif pengobatan lalu hasilnya nihil, bisa saja kemungkinan besar ini masalah bawaan, atau sakit yg dari awalnya tidak ditangani secara baik (sebelum dijual). namun selama tujuannya utk breeding dan menghasilkan ini lebh baik dari pada kenarinya sakit.

      Posted by pondokenari | 21 April 2014, 3:45 AM
  2. Om mau tanya
    Apa semua jenis kenari jantan pasti gacor ?
    Jika dirawat dengan benar dan teratur

    Posted by amsori | 31 Maret 2014, 5:17 PM
  3. om gmana cara mengobati anakan burung umur 1,5 bulan yang sangkarnya jatuh dari gantangan

    Posted by nanang cell | 6 Maret 2014, 7:59 AM
  4. om gimanacara mengobati kenari anakan yang jatuh dari gantangan

    Posted by nanang | 6 Maret 2014, 7:49 AM
  5. Malam Om…
    Om mau tanya kalau untuk pemberian telur puyuh pada saat kenari mabung berapa kali seminggu? Dan kalau pemberiannya tiap hari apa dampaknya??
    Mohon pencerahannya Om. Thanks Om…

    Posted by Dwy Nugraha | 26 Februari 2014, 11:25 AM
  6. om kalo KN kakinya suka dilipat sebelah keatas itu kenapa ya?

    Posted by aries | 20 Februari 2014, 11:01 PM
  7. mau tanya nih om, . .
    Saya punya kenari jantan lokal Usia 1thn sudah pernah ngisi 1x sekarang lagi birahi”nya,dan betina lokal usia 7 bln kulit daerah perut sudah mulus dan licin dan mereka sedang saya jodohkan, tetapi pada saat si jantan naikin si betina,si betinanya menghindar melulu dan habis itu si betina sering diem ( Kaya lagi angkrem ) di sarangnya,dan sudah sekitar 2 mingguan masih belum kawin juga.
    Tetapi pada saat saya pisah si jantannya keduanya malah saling sahut-sahutan.
    Apakah dengan kondisi tersebut ,kedua kenari itu bisa kawin ??

    mohon pencerahannya om

    Posted by Tegar paratma | 19 Februari 2014, 8:22 PM
  8. salam kenal om mau nanya kenari saya umur 5bln warna orange bond tapi kok suara ngeroll nya kecil ya?
    biar mecah suara nya gimana ya om maklum pemula soal kenari

    Posted by rifki | 17 Februari 2014, 10:13 AM
  9. mau nanya ni .
    kenari kalo’ kawin apa bener ya om nggk berkicau lagi?
    cuman ngerrrrriiiiiiiikk gitu doang
    tolong penjelasan nya om

    Posted by umar | 13 Februari 2014, 7:42 PM
  10. Pagi..saya mo nanya saya punya kenari sejodoh jantan birahi betina dara sudah siap perut bersih kemerahan dijodohin udah dua bulanan tapi ga nelor nelor padahal udah sering kawin sering lolohan sama jantanya ,,tiap hari dicek betinanya tambah kurus sampe sekarang kurus pisan tapi burungnya tetep sehat kira kira penyebabnya apa??

    Posted by Fathulwafi (@fathulwafi) | 13 Februari 2014, 5:33 PM
  11. terima kasih infonya

    Posted by sera | 11 Februari 2014, 12:16 PM
  12. Numpang tanya om,,,knp kenari saya kok yg saya jodohkan suka saling kejar2an,,,karna aku jodoh dgn sngkar yg aq gandeng kliatan dah mau jodoh tp stlh aq cmpur jadi satu kok sprt yg utarakan atas,,,,,?!,trms sblumnya,,,,

    Posted by Faridh | 8 Februari 2014, 11:59 AM
  13. om,saya punya kenari umurnya sudah 8 bulan lebih,sekarang abis mabung.tetapi belum bunyi-bunyi,baru ngeriwik-ngeriwik.mohon om….kasih tahu caranya biar cepat bunyi dan ngeroll??satu lagi om,sebenarnya umur berapaan burung kenari bisa bunyi ngeroll

    Posted by Kumaha Aing | 28 Januari 2014, 11:47 PM
  14. Salam kenal mas..

    Mas tolong, saya mau nannya.
    Saya punya kenari orange postur lumayan gde umur 11 bulan udah gacor owor-owor
    Materi lagu standar selingan tembakan ciblek.
    Dan saya mau adopsi kenari lg F1 spanis timbrado kondisi stengah jadi umur 6 bulan.

    Nah yg saya mau tanyakan.
    Klo kedua kenari saya dempetkan tp tidak saling lihat. Karena terbatas tempat gantangan.
    ada dampak buruknya ngga mas??

    Posted by wooooooy | 20 Januari 2014, 9:22 PM
    • Tidak masalah selama kenari tidak ‘ngadu/tarung’, karena umumnya jika dibiarkan saling lihat/tarung maka biasanya salah satu akan malas bunyi (jika awalnya 22nya gacor) atau yg mulai rajin bunyi jadi macet/malas-malasan bunyi. tinggal bagaimana mempertahakan materi lagu yg sudah ada saja atau mungkin menambahnya.

      Posted by pondokenari | 21 Januari 2014, 3:32 AM
  15. Om mau nanya,kenapa kenari saya umur 6 bulan masih belajar ngerol dan jarang ngerolnya. Apa kenari saya betina?? dan umur berapa kenari bisa di ketahui pennya?? Mohon pencerahannya om.

    Posted by Dwy Nugraha | 12 Januari 2014, 5:16 AM
    • Umur 6 bulan mestinya sdh sangat jelas perubahan ventnya, jika dirawat normal mandi jemur pakan dan EF cukup tp tidak ada tanda-tanda perubahan untuk lebih sering ngeriwik halus/kasar dan ngerol kemungkinan besar betina.

      Posted by pondokenari | 21 Januari 2014, 3:46 AM
  16. Mau tanya om,.. Saudaraku punya kenari dulu sering juara di LATPRES. Tp sudah satu tahun di ternak. Dan beberapa kali udah produksi. Nah yang mau saya tanyain ap masih di lombakan gak om kenari itu?

    Posted by m basori | 11 Januari 2014, 3:05 AM
  17. Om..kenari betina saya pasca meloloh anaknya mabung,,sudah hampir 5 bulan masih nyulam nggak habis habis om,,apa ada obat untuk menghentikan nyulam pada bulu sekaligus agar cepat birahi lagi,
    Mohon petunjuknya om,
    Terimakasih.

    Posted by ilham | 25 Desember 2013, 9:07 PM
  18. om,saya punya kenari umur bru satu bulan lebih,g mana y cra perawatan hariannya.
    apa kenari suka pepaya

    Posted by gacor | 24 November 2013, 6:08 PM
  19. Om,,,kenari pejantan saya paruh yang atas kok sePerti kuku manusia yg mau lepas om,,
    Terus kenarinya pun sudah tak se gacor dulu lagi,,sering nyengkerung om,sepertinya sakit paruhnya,,
    Pertanyaannya om::apakah kenari bisa berganti paruh lama ke paruh yg baru,,???
    Kalau ada obatnya tolong apa nama obatnya dan di mana saya harus beli om,,terimakasih sebelumnya OM,,,,

    Posted by ilham | 13 November 2013, 9:10 AM
  20. gan kenari saya macet bunyi sejak saya pakai buat pejantan hampir 1 bulan berturut turut, gimana nih mengembalikan bunyinya

    Posted by andre | 12 Oktober 2013, 6:28 AM
  21. Mau tanya om,knapa y kenari saya jadi kurang aktif,banyak makan,sering ngeruji,sering tidur dan sering didis. Padahal perawatan dan kebersihan kandang udah saya lakukan tiap hari pagi dan sore. Mohon infonya ya om,takutnya kalo tau2 sakit trus mati.

    Posted by Dody | 3 Oktober 2013, 5:07 AM
  22. Slm kenal om salam KM. sy mau nanya dikit aja om. gimana cara memberi wortel untuk kenari. di belah,di iris kecil2 atau di haluskan(di parut)

    Posted by Iwan | 1 Oktober 2013, 9:25 AM
  23. Salam kenal om,,,,
    Minta pencerahanya nie,,,saya punya kenari jantan dari teman saya kenarinya baru slesai mabung n dach gacor lagi””tp kenapa kaalau d gantang d luar rmah,,,malah ngak ad suuaranya ya om,,,tp klu d gantang d dlm rmah gacor nya minta ampun”””gmn cara mengatasinya om supaya mau gacor d luar rumah ^???,,,,mksh

    Posted by topanbobo | 28 September 2013, 8:58 AM
  24. Kenapa kenari sering ngruji waktu lomba,

    Posted by rio | 25 September 2013, 1:24 AM
  25. Mau tanya om kenapa kenari saya ngeruji waktu lomba kemaren,padahal sebelumnya kenari saya pernah 2x dapet juara 1,mohon petunjuk om,Ά̲̣̥ρά̲̣̥ faktor kandang jg pengeruh waktu lomba,karena setelan kandang jg saya ganti

    Posted by rio | 24 September 2013, 6:54 AM
  26. Mau tanya om kenapa kenari saya waktu lomba kemaren sering ngeruji,padahal kenari saya udah 2x dapet juara 1,gmna caranya biar kenari saya ga ngeruji lagi dan berkicau di tangkringan saja,dan Ά̲̣̥ρά̲̣̥ faktor kandang pengaruh terhdadap ngeruji,mohon info nya om,terima kasih

    Posted by rio | 22 September 2013, 2:55 AM
  27. Om kenapa ya burung kenari saya waktu dilombakan melompat lompat dan ngeruji,padahal burung kenari saya pernah 2x mendaptkan juara 1,mohon petunjuk om supaya kenari saya bisa berkicau tenang di tangkringan tanpa ngeruji saat lomba,Ά̲̣̥ρά̲̣̥ faktor kandang juga berpengaruh terimakasih atas info nya

    Posted by rio | 22 September 2013, 12:02 AM
  28. om mau tanya, kenari saya uda gacor banget, terus saya latih pake tangan supaya mau hinggap di jari..
    dan akhirnya berhasil om, kenari saya mau bertengger di jari, tapi jadi ga bunyi om..
    itu tandanya apa om?

    Posted by putra | 17 September 2013, 12:47 AM
  29. Mau tanya ni om,baru seminggu angkat kenari g tau usia berapa,yg jelas jantan vent-nya lancip msh berwarna putih dan wktu d kndng ombyokan suka ngriwik,yg ingin saya tnyakan
    1.Knp kok tiba2 pas d bw k rmh hnya bunyi trilili..trilili
    2.Sdh d ksh cangkang sotong mlh makan cangkangnya telor.
    Mohon penjelasannya om

    Posted by heroe | 30 Juli 2013, 1:22 PM
  30. omm… minta solusinya, kenari jantan saya sering dikawinkan yang berakibat suaranya serak/hanya nganga2 aja, cara agar kenari tsbt suaranya kembali normal bagaimana??

    Posted by tutuy | 10 Juli 2013, 7:48 AM
  31. Assalamu’alaikum om,mohon pencerahanya. Induk kenari betina meloloh piyikan2 umur skitar 10 hari.siInduk tetap meloloh tapi kalau malam tidurnya ditangkringan (tdk disarang brsma anak2nya). Apakah ini wajar om?atau karena ada pnyebab lain?
    Salam
    Ragil

    Posted by Ragil | 9 Juli 2013, 10:35 AM
  32. Pgi om pa kbr..
    Om mohon bantuan KN sya brumur 2bln d bgian kplanya sdikit rontok jdi sdkit keliatn botak. Knp ya om. Perawtan sy ksh bijian yg bagus ebod kenari trs sy ksh d tempt minum fitmn jg tiap hr. Sawi sayran tiap hri cuman di mandiin satu kali ajj tiap hr jam 11an gtu n jemur setgh jam soalna sy krja gk smpet; mhn d bntu y om. Mksh om..

    Posted by Fox ajach | 15 Juni 2013, 2:25 PM
  33. om kalo kenari betina itu masa berhenti produksinya sekitar umur berapa?..ada cara g buat kenari yang sudah tua supaya mau kawin dan bertelur lagi?

    Posted by Anton | 12 Juni 2013, 6:54 AM
  34. Om tanya ni. Sy pnya KN udh gacor waktu jemur kandang nya jatoh gara2 ada kucing di atas. Nyampe skrng gk mau bunyi. Bagaimana caranya agar KN sy mau bunyi lg. Trim

    Posted by Wong cilik | 5 Juni 2013, 7:33 PM
  35. om burung jenis apa yang di takuti kenari ?

    Posted by adi | 4 Juni 2013, 9:04 PM
  36. trims om!bermanfaat bgt buat saya.
    Mu nnya 1x lg om mf!kaki,y gk tao patah gk tao pa pas tdi pgi jari yg dblakang.y kdang nilap kdang engga gmn om cara pengobtan.y om?

    Posted by rony onetunehase | 30 Mei 2013, 11:53 PM
  37. om mf jd bnyak tanya!
    Barusan beli anakan kenari baru usia 1bln lbih!cmn saya blm tau cara membedakan jantan dan betinya!gmn om yg lebih yakin bahwa KN tu jantan atw betina.?makasih om suxes selalu,

    Posted by rony onetunehase | 30 Mei 2013, 7:28 AM
    • Kenari anak jantan, biasanya akan saat mulai rajin ngeriwik terlihat tenggorokan bergerak lebih lebar, lebih sering ngeriwik dan durasi ngeriwiknya agak panjang-panjang sampai bertambahnya umur suara ngeriwik akan lebih jelas terdengar, itu yg paling muda/efektif membedakan jantan-betina pada anak kenari, karena melihat vent menurut sy akan lebih efektif digunakan pada kenari muda/dewasa.

      Posted by pondokenari | 30 Mei 2013, 11:15 PM
  38. om gmn cara burung kenari saya kenceng suara.y!pa umur KN pengaruh sama suara.y?yg saya baru 5bln!

    Posted by rony onetunehase | 30 Mei 2013, 6:58 AM
    • Belum ada racikan/suplement dsbnya yg mampu membuat suara kenari menjadi keras, semua dominan akan dipengaruhi oleh gen (induk), pola rawatan baik dan tentu betul faktor usianya. semakin (bertambah usianya) burung maka semakin maksimal ia berkicau.

      Posted by pondokenari | 30 Mei 2013, 11:10 PM
  39. Om mau tanya kandang kenari saya pke bambu. Ko kenari sya suka gigitin bambunya nyampe ini udh patah 8. Mohon pencerahan nya

    Posted by Wong cilik | 28 Mei 2013, 1:29 AM
    • Memang ada yg seperti itu, solusinya cukupi multivitamin (vitamin dan mineral) untuk kenarinya, tentu dengan pemberian yg terukur dan tidak berlebihan. berikan pula tolong sotong/grid dalam kandang.

      Posted by pondokenari | 28 Mei 2013, 5:38 AM
  40. malam om, yorkshire saya sudah 6 ekor yang mati karena sakit kaki, kata dr hewan setelah di cek menggunakan mikroskop katanya kena jamur, tapi pada akhirnya mati juga. pemeliharaan rutin : kandang setiap hari dibersihkan, pakan dan air minum juga diganti baru, tangkringan kalau agak kotor dicuci dan disikat, pemberian vitamin rutin setiap hari. pada saat diberitahu kena jamur, semua kandang yang ada di semprot desinfektan, apa penyakit ini menular? bagaimana menanganinya dan obatnya apa ya om? maaf terlalu banyak pertanyaannya ya om, sebab sekarang yorkshire nya ada yg sakit kaki lagi.terima kasih.

    Posted by Melania | 27 Mei 2013, 8:46 AM
    • Perlu dicermati juga faktor-faktor lain, YS adalah kenari import yg berasal dari negara yg sangat berbeda iklim dengan Indonesia, YS yg baru ‘masuk’ ke Indonesia membutuhkan adaptasi yg cukup. karena byk kasus temui kenari-kenari import yg baru datang lalu kita beli, sampai di rumah 1- 2 minggu masih terlihat sehat, setelah itu mulai ada masalah, seperti nafsu makan berkurang, kurang aktif bergerak, lebih banyak tidur, sampai mengalami mati ‘mendadak’. penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari iklim/cuaca yg berbeda (sangat signifikan sekali), kebiasaan pemberian pakan yg juga berbeda sampai ke perawatan yg sebelumnya dilakukan, nah YS termasuk kenari yg sangat sensitif terhadap hal-hal yg sy sebutkan diatas, karena ada beberapa pengalaman juga kasus kenari YS yg sdh beradaptasi (dipelihara) cukup lama tiba-tiba mengalami masalah kesehatan yg berujung mati. faktor-faktor tadi yg sebutkan diatas kemungkinan besar adalah penyebabnya, misalnya YS tidak kuat dengan penjemuran yg terlalu lama, dll. pola rawatan yg anda lakukan sudah sangat baik, namun faktor-faktor lain perlu jg diperhatikan dan bukan hanya soal jamur penyebab utama matinya kenari-kenari tersebut.

      Posted by pondokenari | 28 Mei 2013, 5:05 AM
      • Yang 3 ekor memang YS import om,malah yang 2 sudah jago kawin n pny keturunan, juga tiga2nya saya beli bulan Oktober 2012, sedangkan yang 3 ekor lagi YS lokal sudah saya pelihara sejak piyik sampai umur 9 bln dan akhirnya mati karena jamur kaki. bukannya seharusnya YS lokal lebih kuat? 2 tahun pelihara kenari baru kali ini mengalami penyakit seperti ini. saya bingung menangani penyakit jamur kakinya om, mohon pencerahannya om. terima kasih.

        Posted by Melania | 28 Mei 2013, 8:51 AM
  41. mlm om,om kenari taiwan saya klo liat kenari anak(set volume)suka nubruk”sangkar.supaya tdk gtu gmn ya om???

    Posted by mahawarmantea@ymail.com | 27 Mei 2013, 8:25 AM
  42. slmt pgi om,..
    sya mau tanya om,sy pya kN berumur 2bln warnanya kuning’a ga tajam bgt gtu om da warna kuning bgt di bagian dada n sayap n ekor cmn be2rpa totol/titik doang kunng pekat’a, supy biar warn kuning pekat’a rata pake apa ya om trs klau bunyi iak..iak’a pelan bgt tp klw ngriwiknya keras udh rjin n aktif muter2 terus d tangkai sangkar’a..sering skali kalau burung kutilang tetangga bunyi KN sy menjawbnya.. penjelsan’a gmn tuh om. apakah ntr lama2 niru suara kutilang n mslh warna om bgimn tuh om?

    Posted by fox | 26 Mei 2013, 2:16 PM
    • Untuk mempertegas warna kenari bisa dgn memberikan suplement atau zat tertentu/pakan khusus utk kenari warna (sdh byk dijual dipasaran), untuk mudahnya perbanyak pemberian sayuran ciasin/sawi ijo saja, lalu penjemuran jangan berlebihan atau lama (menyebabkan bulu kenari cepat kusam, kering dan kurang cerah)

      Untuk kasus kenari ke ‘isi’ suara kutilang jarang sekali terjadi karena suara tidak sekarakter, tp bukan tidak bisa, kenari ke isi suara Jalak suren, cuca jenggot yg tidak bersuara sekarakter saja pernah ada/kenari bisa menirukannya. lebih idealnya kenarinya perbanyak dimaster dgn suara seperti ciblek, prenjak, Blacktroat, sanger, mozambik, Glawing, dll

      Posted by pondokenari | 26 Mei 2013, 11:33 PM
      • ok baik om jawabannya sangat membantu tentang perawatannya.. sya ucpkn terima ksh byak om.. slm kicau om.. :)

        Posted by fox | 27 Mei 2013, 10:40 AM
  43. Siang om kenari sya setelah mabung bagian kepala danleher ny tidak jg rapi sudah hampir 2bln dan gacor ny pun berkurang mohon solusi ny???

    Posted by chucky | 24 Mei 2013, 1:52 AM
    • Bisa ada kemungkinan mabung bermasalah atau diserang kutu. kondisi burung mabung baik dari awal mau mabung s.d selesai mabung akan ada penurunan performa yg sangat drastis, dari dari gacor jd malas bunyi sampai macet/tidak bunyi sama sekali. namun hal yg demikian adalah wajar, kenari mabung/rapi mabung membutuhkan pengkondisian ulang untuk kembali ke keadaaan/kondisi semula sebelum mabung/untuk gacor lagi.

      Posted by pondokenari | 26 Mei 2013, 11:07 PM
      • Klau di serang kutu obat ny apa om sampai saat ini belum kunjung rapi kenari saya.extra puding pun tak pernah putus

        Posted by chucky | 8 Juni 2013, 5:08 AM
  44. mlm om.mf mu numpang tanya!saya pnya kenari orange sekitar 4blnan,dah lmyan rajin bunyi cman gk keras tpi panjang suara.y!yg saya mu tnyain!tu KN lgi mabung atou nyulam?soal,y banyak bulu yg lebih terang agak merah dsekitar dada sama sayap.y!pa tu proses ganti bulu dewasa?kira2 om smua nya bkal bulu merah gk?terus gmn merawat.y biar cepat jatuh bulunya dan berapa lama om?mf bnyak tanya.maklum masih pemula om!minta penjelasanya.terimakasih

    Posted by rony onetunehase | 23 Mei 2013, 8:29 AM
    • Bisa saja sedang memasuki masa mabung, rawat normal untuk kenari mabung (Lihat saja diweb ini). selama proses mabung khususnya masa tumbuh bulu baru perbanyak sayuran yg mangandung beta karoten seperti ciasin/sawi ijo, rebusan wortel, selada dll. hal ini dimaksudkan agar membantu warna kenarinya (paling tidak mempertegas warna orennya)

      Posted by pondokenari | 26 Mei 2013, 10:57 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 102 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: