//
PENYAKIT KENARI

Secara umum kenari identik dengan burung mudah perawatan, tetapi rawan penyakit yg dikarenakan daya tahannya sebagai burung hasil ternakan.

Berikut beberapa penyakit kenari yang merupakan penyakit umum yang biasa terjadi dan penyakit bawaan kenari kenari impor.

Coccidiosis

Gejala Berak darah, penurunan berat badan /kurus, paruh keluar air; kematian setelah 4 hari dari timbulnya gejala
Penyebab Menelan makanan atau air yang tercemar oleh air liur kenari yang sakit
Pencegahan Pembersihan dan desinfeksi kandang dan peralatan
Penanganan Isolasi, desinfeksi dan obat terkait

Colibacillosis

Gejala Mengantuk, kehilangan nafsu makan, diare dan kotoran kehijauan; kemungkinan kematian 50%
Penyebab Menelan makanan atau cairan yang terkontaminasi
Pencegahan Cermati peralatan kebersihan dan kandang
Penanganan Berikan satu atau dua miligram streptomisin dua atau tiga kali sehari selama 4 hari

Radang usus atau enteritis

Gejala Malas, mengantuk, diare, banyak minum, kurangnya nafsu makan, kurus, kematian
Penyebab Kebiasaan makanan yang buruk, infeksi pada umumnya, parasit
Pencegahan Perhatian terhadap makanan yang kotor, kadaluwarsa, menjamur
Penanganan Berikan antibiotik sesuai pemeriksaan kotoran

Muta Abnormal

Gejala Bulu selalu rontok terutama di musim panas
Penyebab Kesalahan makanan, kebersihan yang buruk
Pencegahan Makanan segar dan tambah suplemen kesehatan dan bersihkan kandang
Penanganan Berikan multivitamin dalam ‘air minum

Parasit Exterior: tungau abu-abu atau tungau merah, kutu

Gejala Selalu gelisah, terus-menerus mematuki bulu, rontok bulu
Penyebab Kondisi kebersihan kandang minim dan peralatan kotor
Pencegahan Hati-hati dan bersihan celah celah tempat kutu
Penanganan Semprotkan pestisida secara teratur

Pneumonia

Gejala Kesulitan bernapas, kebocoran lendir dari hidung
Penyebab Udara kotor, angin dan sering di tempat terbuka
Pencegahan Penempatan kandang harus sesuai dan hindari angin langsung dan debu berlebihan
Penanganan Jemur secukupnya, lalu berikan antibiotik dan vitamin

Salmonellosis

Gejala Diare dan malas, banyak tidur akhirnya mati
Penyebab Menelan makanan atau air yang tercemar dengan kotoran seperti kotoran tikus, cicak, nyamuk, lalat, dll ..
Pencegahan Pembersihan kandang dan kontrol makanan dan minum untuk kebersihan
Penanganan Kebersihan, kehangatan, ketenangan dan pemberian vitamin yang memadai agar daya tahan tubuh kuat

Cacingan: Cestodes, Ascaridi, Capillaria Ascaris, Capillaria

Gejala Kelelahan, mengantuk, penurunan berat badan, berak putih ; kematian disebabkan obstruksi usus
Penyebab Kandang kurang bersih
Pencegahan Pembersihan tempat makan dan kandang
Penanganan Berikan antibiotik yang sesuai

Vaiolo Difteri atau difteri-cacar

Gejala Mengacak-acak bulu, diare, mata sayu, kesulitan bernapas dengan keluar busa dari paruh; kematian
Penyebab Kontak dengan makanan tercemar atau sakit mata disebabkan penularan kenari lain
Pencegahan Bersihkan dan sterilkan kandang
Penanganan Sendirikan jangan sampai menular dan beri antibiotik terkait

Tungau Kaki

Gejala Keriput dan bercak abu-abu pada kaki, cacat kaki, kematian
Penyebab Minimnya pembersihan bagian bawah sangkar dan tenggeran
Pencegahan Semprot dan desinfeksi kandang
Penanganan Berikan minyak goreng, saleb atau sejenis untuk melenturkan kaki dan juga beri antibiotik

Gumpalan

Gejala Bengkak di bagian belakang dan sayap
Penyebab Perkawinan sedarah
Pencegahan Perhatikan alur proses penjodohan
Penanganan Manfaatkan saja secara maksimal dan jodohkan dengan lain keturunan

Sumber: lopstar.co.tv

 

 

Diskusi

114 thoughts on “PENYAKIT KENARI

  1. gan kenari sya mcat bunyi gra2 kandangny jatuh dri gantangan…. gmn cra mengatasiny gan?????????

    Posted by alwi | 13 Oktober 2014, 3:36 AM
  2. saya mau tanya…
    saya tadi memotong kuku kenari dan tidak sengaja satu jari kaki kenari keluar darah karena mungkin pembuluh darah terpotong sedikit…

    kira” bagaimana penanganannya? karena saya kuatir kaki kenari saya bengkak atau infeksi…

    Posted by mahmud yusuf | 1 Oktober 2014, 5:02 AM
  3. Booos sy hr senin kemaren dikasih tmn, warna kunig, dr hr pertama sering tidur, makan normal, rabu siang sy ksh telur pyh abis setengah, tp malamnya keliatan lemas, sy pegang KN sy pasrah, g gesit kenapa ya boss

    Posted by Taufik hidayat | 25 September 2014, 8:11 AM
  4. Bos kenari sya melet2 dan main2kan paruhnya pada tangkingannya…sekarang macet bunyi…obat yg sy sudah kasih…Super N, Tera Vit…tapi blm juga sembuh meletnya, mohon solusinya…thxs

    Posted by Raden | 21 Agustus 2014, 2:17 AM
  5. om saya mau nanya, saya punya kenari tapi banyak yg mati, hari pertama mati sepasang, besoknya mati satu , besoknya mati satu lagi . gejalanya itu pertama kenarinya diam, bulu mengembang,, mata mulai meram, kepala ditekuk kedalam, lalu kejang2, ga lama mati, kenapa ya ??? apa penyebabnya tolong kasih solusinya om . maksih

    Posted by niko adic | 22 Juli 2014, 1:08 AM
  6. Mhon d bls yah gan..
    Kenari saya, kaki n badan’y berdarah, keluar darah segar,,
    Smpe kaki’y pincang 1.. Itu kenap yah?
    Trs cara penanganan’y gmn??
    Mhon kasih info’y
    Mksih yahh

    Posted by arfan | 13 Juli 2014, 3:26 AM
    • Lukanya kena apa y? kemungkinan kejepit/tersangkut kawat jeruji/alas kandang dsbnya. jika demikian, bersihkan luka dg alkohol/air panas lalu beri obat luka yg umum yg kita pakai, sendirikan burung dgn pengontrolan intensif (kwatir lukanya parah maka dgn pengawasan yg baik mencegah hal-hal yg parah)

      Posted by pondokenari | 21 Juli 2014, 3:44 AM
  7. tooooolong ya bos, tanggapi permasalahan aku !!!!!
    bos mau tanya kenari jantan saya sudah 1 bln sering bunyi ngik-ngik / nafas terputus2 kayak asma, sudah saya beri obat (nafas 1 dan 2, super N, biojanna, extravit) tapi ngak sembuh2,
    sampai sekarang burung masih rajin bunyi dan aktiv, nasfu makan juga bagus
    mohon bimbingan dan solusinya bos ……..???
    makasih banyak ya bos

    Posted by fathul | 8 Mei 2014, 3:46 AM
    • Sebaiknya pemberian obatnya yg hrs diperhatikan, dosis, waktu pemberian (konsisten dan tidak berlebihan) dan tidak pula dgn berbagai merk, air minum sebaiknya diganti tiap hari dengan air siap minum (bukan air mentah/blm siap minum) jangan dijemur dulu cukup di gantung/diangin2kan saja. malam kerodong.

      Posted by pondokenari | 13 Mei 2014, 11:02 PM
  8. om kenari sya lehernya botak trus kenari itu gak pernah ganti bulu,gimana caranya bulunya bisa tumbuh lagi om?.mohon bantuannya.

    Posted by adi k | 29 April 2014, 8:16 AM
  9. Admin knari saya matany tertutup slaput smua tetapi mata yg satuny msih trbuka sebesar jarum yg bs buat lht tlg dung admin cr penanganany gmn ? D kasih obat ap ya?

    Posted by wahyuzeesultan | 10 April 2014, 1:34 PM
  10. gan tolong ditanggapi keluhan kami ya… ap peyebab kaki kenari cacat. padahal waktu menetas dulu ga cacat. setelah dewasa kok jadi cacat/ ga normal. makasih/

    Posted by agung | 4 April 2014, 9:26 PM
  11. asallamuaalikum… sy mau numpang tanya nih, kenari taiwan betina pantatnya bengkak tapi kalau buat makan sih lahap banget obatnya apa yah ? thaks

    Posted by usman | 13 Februari 2014, 10:27 PM
  12. Om saya puny kn jantan kox pantatnya bengkak knp ya?solusi nya om tlg

    Posted by rudi | 22 Januari 2014, 11:05 AM
  13. Om gimana cara nanganin kenari yang kaki nya membengkak dan kuku nya nyaris copot..? Dan tolong merk obat nya

    Posted by kiman | 29 Desember 2013, 8:27 AM
  14. KN sy napsu makan nya kurang,gmn cr mengatasi nya?

    Posted by sutisno | 14 Desember 2013, 8:11 PM
  15. om klo burung kenari pantat(bol)nya membesar,jarang BAB
    n burung ngap2an itu kenapa ya
    PUPnya warna hitam pekat n kadang berwarna hijau
    burung makannya doyan tp PUPnya sedikit
    tlg bantu gan

    Posted by apau | 12 Desember 2013, 3:59 AM
  16. Kenari saya bengkak pangkal pahanya pindah pindah dari yg kiri ke kanan knapa ya?sekarang j bdan nya agak kurus

    Posted by kusnandar | 11 Desember 2013, 8:59 AM
  17. Assalamualiakum,,,pagi gan, saya puny permasalahan kenari yg sama dg mas uphay yaitu adanya flek kuning pada kaki kenari sampai akhirnya lumpuh, cacat, dan akhirny mati, sdh ad skitar 5 kenari yg mengalami hal tsb 4 ekor mati cm 1 yg survive dan itu pun cacat kaki kananny patah smpai paha dikarenakan stlh trkena penyakit tsb perlahan kakiny mengering spt terbakar dan patah dg sendiriny, sdh smua treatment sy coba tp ttep saja g ad hasil, mhon pencerahanny gan…mksh banyak!!!

    Posted by ibahtiar | 4 Desember 2013, 7:17 PM

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 116 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: