//
PENJODOHAN

Proses penjodohan dirasa perlu karena dalam proses penyatuan kedalam satu kandang nantinya sepasang kenari yg ingin dijodohkan akan cepat melakukan perkawinan karena sudah mengenal satu sama lainnya, kalaupun masih terlihat berantem (dengan tidak menyerang dengan mencabut bulu) tidak akan memakan waktu yg lama. kenapa proses penjodohan ini penting??? hal ini saya alami sendiri terhadap beberapa indukan kenari saya yang lama sekali berjodoh karena saya paksakan untuk berjodoh dengan langsung disatukan didalam satu kandang, namun dengan melakukan proses penjodohan sepasang indukan akan lebih cepat jodoh dan akan segera berkembang biak.

* LANGKAH PENJODOHAN

1. Sepasang indukan yg akan dijodohkan haruslah sudah memasuki masa berkembang biak, usia kenari betina dan jantan sebaiknya diatas sekitar 7 bulanan [alangkah baiknya usia kenari penjatan lebih "Tua" - usia diatas 8 bulan]. walupun tidak mutlak karena ada beberapa kenari betina dan jantan saya umur 5 -6 bulan sudah minta kawin. namun dari pengalaman saya, sepasang indukan kenari yg cukup umur akan mengurangi masalah-masalah seperti telur tidak isi, tidak mau mengeram, kualitas anakan yg lemah, dll.

2. Selanjutnya sepasang indukan kenari yg akan dijodohkan ditempatkan dalam kandang masing-masing [ukuran kandang 30X30x40cm] sudah cukup. tempatkan/gantung selalu bergandengan “tempel”, juga waktu penjemuran harus selalu diusahakan berdekatan. lalu diusahan proses penjodohan dengan saling “tempel” ini sepasang indukan kenari yg akan dijodohkan tidak berdekatan atau melihat kenari yg lain, hal ini akan diharapkan proses penjodohan akan lebih cepat karena masing-masing kenari lebih fokus ke pasanganya masing-masing.

3. Untuk pakan dalam proses penjodohan tetap seperti biasa dengan selalu tersedianya bijiian mix dan sayur kesenangan kenari seperti sawi, gambas, selada,dll. hanya untuk mempercepat masa birahi saya biasanya memberikan telur puyuh setiap 2 hari sekali.

4. Selama masa penjodohan sebaiknya sepasang indukan harus cukup penjemuran.

5. Lamanya proses penjodohan ini relatif saja, bisa 3 hari, 1 minggu, dst. kalau sepasang kenari yg dijodohkan sudah saling berdekatan, walaupun terpisahkan kandang dan terkadang terlihat saling meloloh dengan kandang yg didekatkan/dirapatkan. lalu jika kita jauhkan salah satu pasangannya, masing-masing kenari seperti gelisah tidak tenang dan seperti saling memanggil dengan bersaut-sautan. jika dalam 3 hari sudah terjadi demikian. maka dari pengalaman saya pribadi biasanya dalam waktu 5-7 hari sepasang kenari sudah mau berjodoh.

6. Jika point 5 sudah terlampaui mulailah kita mencoba menyatukan sepasang indukan kenari tersebut dalam kandang [bisa kandang permanen ataupun kandang gantung biasa]. jika sudah tidak berantem berarti dipastikan kenari sudah berjodoh. kalaupun masih sedikit berantem dengan hanya gertak-gertakan tetap biarkan saja dalam satu kandang, asal jangan masing-masing kenari menyerang dengan mencabut bulu, jika itu terjadi langsung pisahkan kenari, karena itu menunjukan bentuk kebencian dan kenari tidak mau jodoh, namun jika hanya sifatnya hanya saling gertak tetap biarkan saja dalam satu kandang, karena dalam 1-2 hari berikutnya kenari tersebut sudah kenal dan rukun/mau untuk jodoh.

7. Seterusnya, sepasang indukan kenari yg sudah berjodoh berikan cukup sayur, jemur, telur puyuh, tulang sotong untuk mencukupi kebutuhan mineral dan kalsium. apalagi bagi kenari betina yg sudah siap bertelur karena akan baik untuk membantu proses pembentukan cangkang. dan terakhir tentunya kita akan menyiapkan sarang untuk kenari bertelur.

Demikian beberapa langkah langkah penjodohan kenari yg saya lakukan, walupun tidak mutlak, karena ada juga kenari yg tidak perlu penjodohan terpisah karena langsung dimasukan dalam satu kandang dan mau untuk jodoh. tetapi untuk mengurangi masalah-masalah kenari yg sulit berjodoh dll, proses penjodohan saya rasa adalah jelas solusi yg mutlak untuk dilakukan.

Selamat Beternak kenari……………..Semoga Sukses bersama Anda…!!!

Diskusi

364 pemikiran pada “PENJODOHAN

  1. Om…mau nanya… kenari sy sdh 2 x produksi, tp skrg kok susah sekali ya bertelurnya…padahal sdh sering kawin. terimakasih.

    Posted by Pujo@kenari jember | 19 April 2014, 4:20 AM
    • Di istirahatkan saja dulu beberapa periode, rawat secara intensif mandi jemur teratur, EF yg cukup nanti baru coba dikawinkan lg, ada saatnya memang kenari betina krg sehat secara internal, jadi butuh ‘istirahat’

      Posted by pondokenari | 21 April 2014, 3:47 AM
  2. Om tanya lagi ya…hehehe. Kalo pasangan udah sering kawin” terus tp knapa ya sang cewean mematuki bulu sang jantan untuk d jadikan sarang kalo sy rasa sarang yg sy berikan cukup banyak…..kejadian ini sy alami sampai akhirnya sang jantan mati ( kurang kontrol oom ). Tp sang betina tetap mengeluarkan telurnya tp gak dierami ……tolong oom masukannya…..trims ya oom sukses selalu

    Posted by yono | 17 April 2014, 8:38 AM
    • Normalnya memang begitu, betina mencabut bulu jantan pasangannya adalah prosesi normal/bawaan, utk kasus pejantan mati kemungkinan tidak disebabkan kebiasaan betina mencabut bulu pejantan, kemungkinan besar diserang penyakit atau faktor lainnya.

      Posted by pondokenari | 21 April 2014, 3:50 AM
  3. om saya mau tanya nih saya pnya kenari bond sdah slesai mabung tpi suaranya tidak rutin, sperti blum dwasa apa emng umurnya blum dwasa ..

    Posted by Jingga Frastawa | 16 April 2014, 7:07 AM
  4. Om mau tanya neh, sya punya kenari jantan n betina begitu langsung dijodohkan sang jatan trus mengejar betina terkadang keduanya saling meloloh n terkadang pula seperti saling berantem, tlg penjelasannya apakah kenari tsb berjodoh atau tidak ?

    Posted by Eko | 12 April 2014, 2:04 AM
  5. Oh ia satu lagi min..ketika masa penjodohan itu,waktu nempelnya sepanjang hari atau ketika jemur sama tidur doang??

    Posted by medz doang | 10 April 2014, 9:26 PM
  6. Knari saya sudah saling meloloh bila kandangnya ditempel,dan kalo dipisah yg jantan berkicau nggak berenti2,betinanya galau lari ksana kmari smbil manggil2..heheh..tp ketika disatukan malah berantem,dan jantannya dikejar2 ngelilingin sangkar,dan sekali kali jantan bales berkicau sambil pingin kempoy,tp betinanya ngg mau..berarti mesti penjodohan lg ya min??

    Posted by medz doang | 10 April 2014, 9:21 PM
  7. Punten om,mohon pencerahan dan solusinya.saya punya 2 ekor betina kenari yang 1 sudah 5 kali anakan dan yang 1 baru satu kali anakan.masalahnya sekarang kedua betina telurnya kosong terus sudah 4 periode bertelur dan sudah pake 3 jantan yg berbeda.kira kira kenapa dan harus bagaimana ya om.terima kasih

    Posted by dalil | 8 April 2014, 9:29 AM
    • Di istirahatkan saja dulu, lalu lakukan perawatan yg intensif seperti mandi jemur, EF yg cukup, dstnya. kenari betina hrs dalam kondisi vit/sehat secara internal. setelah di istirahtakan beberapa periode coba dikawinkan lg, namun gagalnya telur menetas tidak hya semata disebabkan indukan krg vit secara internal, namun faktor lain jg mempengaruhi, seperti kondisi adanya gangguan lingkungan (baik hewan maupun manusia), kondisi lingkungan yg tidak mendukung seperti terlalu berisik, terlalu panas, betina sering meliihat pejantan, dll.

      Posted by pondokenari | 21 April 2014, 4:29 AM
  8. om mau nanya berapakah umur ideal canari betina
    untuk bisa bereproduksi

    Posted by andika | 5 April 2014, 3:58 AM
  9. om permisi mau tanya apakah kenari mengejar2 betina dalam satu kandang tidak pengaruh? maklum pemula

    Posted by antonio | 24 Maret 2014, 9:32 AM
    • Lihat frekuensinya, jika terlihat saling serang dan jatan sangat dominan mengejar dan menyerang terlebih sampai mencabut bulu maka sebaiknya pasangan kenarinya dipisah karena sdh dipastikan mereka blm cocok dan saling menerima.

      Posted by pondokenari | 26 Maret 2014, 3:45 AM
  10. Oom mau tanya lagi nih….kenapa telur kenari sy kopyor ya alias gak ada isinya ? apakah bisa karena kandang ternak langsung terkena sinar matahari. Secara kalo sy perhatikan burung kenari sy seperti ngos-ngosan ? Trims ya oom

    Posted by yono | 23 Maret 2014, 3:05 AM
  11. Om kalau yg saya kenari betinanya (dara) galax melulu padahal udh 1 tahun

    Posted by Iwan | 22 Maret 2014, 1:47 AM
  12. Oom tanya lagi dunk…apakah saat bertelur kenari boleh mandi ?

    Posted by yono | 16 Maret 2014, 4:57 AM
  13. Lam kenal oom…mau tanya apakah 1 betina bisa dijodohkan dengan beberapa pejantan ? Hal tsb untuk mencari hasil yg lebih baik…trima kasih ya oom

    Posted by yono | 15 Maret 2014, 7:50 AM
  14. Lam kenal oom…mau tanya apakah 1 betina bisa dijodohkan dengan beberapa pejantan ? Hal tsb untuk mencari hasil yg lebih baik…

    Posted by yono | 15 Maret 2014, 7:49 AM
  15. om mau tnya pjtn kn sya dileher bulunya gk ada aliat gundul kyk ayam saigon?itu krn kena kutu ato emang lg nyulam ato faktor usia cozz pjtnnya udh umur 2thn om?

    Posted by abi | 11 Maret 2014, 11:59 AM
  16. mau tanya om kenapa anakan kenari saya selalu ada yg mati, pdh sudh sy kasih lampu.

    Posted by sinyo | 27 Februari 2014, 2:36 AM
  17. maaf saya nanya kenari saya kok udah di satuin terus pas tidur saling perdekatan , terus kenari betina y di ajakin sama yg jantan kaya menghindar gth , apakah betina belum birahi y?
    maaf tolong beritahu solusi y ?

    Posted by eko widiastomo | 3 Februari 2014, 12:24 AM
  18. misi tanya om apakah kenari betina yang kegemukan akan menurunkan birahi knari tersebut? solusi nya bgmn agar mengurangi kegemukannya tapi birahi ttp terjaga? krn kl dikasih mentimun bisa mengurangi lemak tapi seringkali birahi jd turun.. dtunggu solusinya om.trims

    Posted by roi | 21 Januari 2014, 1:17 AM
  19. mau nanya om kenari betina saya bertelor trus telornya di pacok in sama betinanya” trus gimana cara mengatasi telor biar gak di pacok in sama betina nya?

    Posted by agus sudarsono | 14 Januari 2014, 6:37 AM
  20. misi Om mau nanya kalau tempat sarang kenari yg sudah pernah bertelur diganti yang baru bagai mana akibatnya? kemarin dari anyaman rotan aku ganti dengan batok kelapa

    Posted by Ruwadi Bege | 11 Januari 2014, 9:52 AM
  21. Om mau minta solusi agar si induk kenari brenti mencabuti bulu bulu anaknya
    Thx

    Posted by Ade | 11 Januari 2014, 3:58 AM
  22. Ilham hadir lagi om,,
    Maaf selalu merepotkan pondok kenari
    Begini om.kenari betina saya dulu selesai meloloh anaknya terus mabung om..nah sekarang sudah rampung mabungnya,,tapi saya heran om,,sudah 4 bulan pasca mabung belum juga menunjukan tanda2 birahi,,dan pada PEN nya belum muncul kemerahan bahkan terlihat sngat kecil bila saya tiup bagian PEN nya,padahal sudah sya pancing pakai pejantan gacor agar mau birahi,,,
    Segala obat dan vitamin untuk menambah birahi pun sudah saya berikan termasuk penjemuran rutin 2 – 3 jaam tiap pgi hari,,
    Apa ada obat/vitamin yg benar2 bisa mendongkrak birahi pada kenari betina om,,
    Mohon petunjuk nama obat dan solusinya,
    Terimakasih sebelumnya om,,,
    Succses buat PONDOK KENARI

    Posted by ilham | 27 Desember 2013, 11:28 AM
  23. Omm Salem kenal , mW nanya kenari betina saya kok cuman nelur 1 , udh 3 hari INI gk nambah , sebab nya APA ya ?

    Posted by igor | 20 Desember 2013, 11:03 AM
  24. om numpang tanya.. saya pemula buat jadi peternak nih
    saya udah jodohkan kenari saya pas jam 3sore seblum nya udah di deketin trus waktu d jemur selama 1 hari si jantan udah g kuat pengen kawin,, nah pas d satuin si jantan itu ngeloloh betina nya, tapi si jantan minta kawin si betina nya bunyi cuit2 trus kabur2 truss ,, saya takutnya kenari betina saya terluka.. mohon sarannya om

    Posted by Hari Rizki Fauzi | 16 Desember 2013, 8:27 AM
  25. om saya mau tanya punya dua pasang kenari,kenari jantan q danbetina sudah jodoh malah sering menaaikin betina maungawin gitu,cuma jantan kalu dah naikin betina turun lagi padahal betina sudah pasrah,tolong om…

    dan yg satu jantanku udah berumur tapi birahinya kurang padahal sudah jodo …makasih om

    Posted by sayidi | 9 Desember 2013, 6:27 PM
  26. Um Mau tanya kie:

    Saya punya 2 kenari warna putih semua umur ke dua duanya 5-6bln udah 3 hari saya dekatkan kandangnya setelah saya satukan kenarinya tidak mau damai malah yang jantan lari2 mulu.

    Bagaimana solusinya om

    Posted by Bhuthur | 9 Desember 2013, 6:15 AM
  27. Mas Saya mau tanya nie tlng di comen soalnya saya masih binggung sekalllllliiiiiiiii nie.

    Saya punya 2kenari warna putih dua duanya satu keturunan yang sama dan umurnya juga sama yaitu 5 bulan,
    Tapi saya masih binggung ke dua duanya jantan semua atau jantan dan betina soalnya setiap saya peggang burungnya dan saya liat duburnya ada tonjolanya semua yang 1 agak panjang dan yangg satunya agak pendek.
    Tapi kalo sore sangkarnya saya tempelkan kedua duanya tidurnya berdampingan.
    Apakah kalo kenari jantan sama jantan tidurnya juga bisa berdampingan?
    Tolong solusinya mas saya sungguh2 Binggung.

    Posted by Bhuthur | 5 Desember 2013, 10:31 PM
  28. salam Om.
    mau tanya resiko kenari yang baru bertelur apa ?
    Terima kasih

    Posted by arief deansyah | 4 Desember 2013, 9:06 AM
  29. salam Om.
    mau tanya resiko kenari yang baru bertelur apa yah ?

    Posted by dhean | 4 Desember 2013, 8:56 AM
  30. salam kenal om, ane punya 1 pasang kenari, jantan sdh umur 1 tahun betina umum 7 bulan, ketika dijadikan satu awalnya salaing tengkar selama 1 minggu sdh akur, sdh 3 minggu ga ada proses bunder sarang malah si betina minta diloloh sang jantan, why ya?

    Posted by zean affri | 3 Desember 2013, 5:34 AM
  31. Om________mau nanya nich? kenari saya udah nelor 4 tp jantannya gk saya pisah,dgn maksud jantanya mau ikut meloloh anaknya kelak? cara jantan gk dipisah kira2 besok mau gk ikut merawat anaknya,om?

    Posted by mas giat | 27 November 2013, 11:18 PM
  32. makasih atas pencerahanya sangat membantu pemula seperti saya

    Posted by elhajer unior | 27 November 2013, 4:53 AM
  33. Pagi om,mau nanya ni,kenari saya udah usia satu tahun tapi kok gak mau kawin kenapa ya? Makasih

    Posted by Pay | 11 November 2013, 7:25 PM
  34. Pagi om.. Mau tanya ni, saya punya sepasang kenari jantan dan betina,keduanya dah usia 1tahun, yang jantan udah gacor. Yang mau saya tanyakan kenapa saat di campur dalam sangkar ternak yang jantan gak mau ngawin? Tp mereka juga gak berkelahi tapi sepakat untuk damai dan sante2 aja gak mau kawin, kenapa ya om dengan kenari saya? Makasih.

    Posted by Pay | 11 November 2013, 7:21 PM
  35. pagi om saya masi pemula,,,,minta petunjuknya, saya punya 2 pasang kenari sudah mau kawin tapi gak nelor2 padahal sudah duduk di sarang 1 minggu lebih…untuk makan / ef terpenuhi…untuk perutnya sudah mbotoli / buncit…. itu kenapa?

    trima kasih mohon pentunjuk dari senior

    Posted by ragil | 9 November 2013, 6:15 PM
    • kondiskan saja lagi untuk penjodohan/produksi selanjutnya, kondisikan benar-benar vit/sehat (karena sehat/vit tdk bisa dilihat dari nafsu makan yg baik saja) jika sudah dikondisikan kembali dijodohkan, jika tetap tidak mau ganti salah satu pasangan kenarinya (karena bisa saja kasus-kasus tertentu kenari mandul, dan ini bisa diketahui setelah dicoba dengan berganti pasangan)

      Posted by pondokenari | 13 November 2013, 5:50 AM
  36. Om,saya punya 2 pasang kenari, sudah kawin dan bertelur di sarang,masing-masing pasangan sudah bertelur 1 butir.Tapi kenapa sarangnya diorak-arik oleh indukan kenari tersebut yang menyebabkan sarangnya berantakan. Apa dikarenakan keadaan sarang yang tidak nyaman atau ada faktor lain.Untuk sarangnya,saya menggunakan sarang dari plastik dan serat nanas.

    Posted by sansan | 9 November 2013, 1:16 PM
    • Bisa saja bahan sarang yg belum nyaman/tidak disukai, coba diganti dengan bahan sarang lain dan kita juga bantu merapikan/membundari sarang setiap sarang kembali dirusak, lama kelamaan nanti kenarinya akan merasa nyaman.

      Posted by pondokenari | 13 November 2013, 5:53 AM
  37. assalamualaikum..om master mau tanya..saya pemula berternak kenari,saya lg nyoba jodohin kenari jantan 8bln betina 9bln..sebelmnya sy pisah kenari jantan bunyi terus ke arah betina dan betina juga mendekat ahirnya saya cba campurkan tapi ketika si jantan mendekati betina malah betinanya matuk matuk dan jantanya kabur..itu gmn oom?apa knari sya udah jodoh atau blm atau jg blm siap?mohon pencerahanya oomm..

    Posted by chandra | 9 November 2013, 7:19 AM
  38. salam kenal om……mau nanya kenari saya sdh beberapa kali kawin tp kok g juga bertelur y???bgmn cara mengtsi yorkser yang mabung biar cpt birah…
    ‘terima kasih

    Posted by aurora_afifah | 4 November 2013, 7:54 AM
  39. Salam kenal om…
    Klo kenari jantan F1 dikawinkan dengan betina yorksher bisa gak ya? Cara yang effektif perjodohannya bagaimana om..
    Terimakasih atas pencerahannya…

    Posted by Anjar | 27 Oktober 2013, 6:35 PM
  40. mlm om mau nanya nih anakan kenari saya umur 6 hr aq kasih ring tp induknya ngga suka sering diambil dan dimasukin ketempat pakan itu gmn ya.

    Posted by rohmat widodo | 20 Oktober 2013, 12:15 PM
  41. mas mo tanya.. klo mengawinkan di capurnya berapa lama ya..

    Posted by muklis | 19 Oktober 2013, 7:01 AM
  42. Permisi Om sy coba ternak kenari,ada 2 pasang kenari yg menurut sy perempuannya dah siap, karena d perut bagian belakang sudah terlihat sperti ada telornya, jantannya sudah pernah d kawinkan dan punya anak, yg sy tanyakan..kenapa klo d satuin perempuannya belum mau d kawin, sedangkan jantannya ngejar2 terus..apalagi d sore hari. trims Om.

    Posted by adams | 8 Oktober 2013, 10:59 PM
  43. Om saya mau nanya ni tlong d’jwb ya maklum pemula , ,
    gni om sy pny KN 1psang ,udh kawin slma 5hrian blm nelor” jg ,udh gtu stiap betina mw ksarang d’serang oleh jantan ,knp ya om ap harus dipisah ?
    Tlong pencerahannya om makasih

    Posted by Fariz | 4 Oktober 2013, 3:02 AM
  44. di tempatkan saja dalam satu kandang dua dua nya… jangan di pisah2kan lagi.. selama masa itu, kasih makan yang cukup… berdasarkan yang saya baca, makanan harus mencukupi, tambahkan dari porsi biasa yang kita kasih…
    kenari saya baru bertelur setelah 1 setengah bulan di dalam satu kandang… dan jika sudah bertelur, makanan harus benar2 cukup.. karena jika kurang, induk betina akan memakan telurnya, dikarenakan faktor ke khawatiran anaknya nanti tidak bisa di beri makan…

    Nah yang saya mau tanyakan, kalau sudah bertelur, tidak apa kah jika betina dan jantan di satukan dalam satu kandang?
    terimakasih

    Posted by osborn | 1 Oktober 2013, 9:35 PM
  45. nanya om…..
    brarti klo kenari betina sering ke sarangnya n sering cabut cabutin sarang dah mulai ada tanda2 mau bertelor n siap kawin ya…
    maaf om masih pemula

    Posted by likas | 8 September 2013, 9:46 AM
  46. Mlm om sy pnya kenari 1psng dah satu sangkar udah kawin 4x yg mau sy tanyain (1)sampai proses apa jantan bsa dipisahkan(2)sarang udah di ganti sm smua jenis,bahkan kertas tisu kapas tp slau dijatuhin diacak acak tp kdang d akut lagi berulang2 kpan nelornya(3)apa sangkarnya hrs ditutupin kiri kanan blakangnya tp dlm posisi belum ada telor(4)mhn bantuanya,mksih om met mlm

    Posted by Oded | 8 September 2013, 6:10 AM
  47. om saya mau nanyak nich .. saya punyak kenari sepasang , dan yang betina ini kyaknya uda mau kawin, soalnya udha sering ngepak”an sayapnya . dan yg jantan ini masih brumur 4/5 bulan dan masih menjalani masa mabung. dan pertanya’an saya apakah burung kenary tersebut bisa disatukan / dikawinkan. . tolong kasik saranya . soalnya saya ndak tau sama sekali.

    Posted by Ryan Eanc Clalu S'tia | 6 September 2013, 6:42 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 102 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: