//
MANYAR MASTER KENARI

Dulu waktu sy belum fokus untuk hanya merawat kenari dan lovebird, sy punya seekor burung manyar kepala kuning [manyar mas], rajin sekali berkicau, hormoni kicauan burung manyar menurut sy sangat menarik, dan sangat baik untuk memaster burung burung kicauan lainnya, termasuk kenari.  burung manyar adalah burung yg unik, seperti dalam hal merayu manyar betina dengan membuat istana sarang yg memerlukan tingkat kreatifitas luarbiasa tinggi bagi seekor  burung yg relatif kecil seukuran burung manyar, belum lagi keunikan-unikan lainnya.

Kenapa manyar adalah salah satu burung yg baik sebagai masteran kenari? karena menurut sy nyanyian burung manyar termasuk nyanyian yg tidak “berat” untuk bisa ditirukan oleh burung-burung pengicau, tentunya termasuk kenari, sederhana namun kicauannya sangat  enak didengar kalau boleh tidak dibilang aktraktif, berulang-ulang dan ramai.

Burung Manyar adalah burung pemakan biji-bijian (granivior), menyukai habitat yang terbuka seperti padang rumput, tepi hutan, rawa  dan persawahan. Musim berbiak dimulai bulan April hingga Oktober. jantan dapat mengawini lebih dari satu betina (poligami). Keberhasilan jantan dalam mengawini betina sangat bergantung pada “kesempurnaan” sarang yang dia bangun. para betina yang tertarik pada jantan tertentu akan menyelidiki sarang sang jantan dengan cermat, dan bila sang betina berkenan, maka perkawinan dapat terjadi.

Di indonesia, yang dikenal sebagai manyar masuk dalam marga ploceus. Arti luas adalah semua anggota suku ploceidai. Ada empat jenis manyar di Asia Tenggara dan tiga di antaranya dapat dijumpai di Indonesia, yaitu Tempua (Ploceus philippinus), Manyar Jambul (Ploceus manyar), dan manyar jambul (Ploceus hypoxanthus).

Sarang manyar berbentuk sangat unik, merupakan salah satu yang paling rumit; dalam bahasa inggris “weaver bird” berarti burung penganyam. beberapa jenis sarang bahkan dilengkapi dengan “pintu tipuan” untuk mengelabui pemangsa. Pintu tersebut tampak jelas menganga, sementara pintu yang sebenarnya tersembunyi. pemangsa yang mencoba masuk pintu tipuan akan menemui jalan buntu, tidak terhubung ke rongga dimana telur atau anak burung berada.


Diskusi

61 pemikiran pada “MANYAR MASTER KENARI

  1. manyar….. teringat di tahun 90-an didesaku, disetiap daun pohon kelapa banyak sekali burung manyar, hidup bebas dan membuat sarang. tapi sekarang entah kemana keberadaannya.

    Posted by agus mindarto | 7 Maret 2014, 4:25 AM
  2. ane bru beli manyar anakan mash ngeloloh rp 30.000
    katanya manyar emas
    bEDain yg masih mudah jantan betina nya gmna gan

    Posted by agus | 8 Februari 2014, 1:11 AM
  3. Om ane pnya manyar 3 tp klo di gantung deket” pd gak ada yg bunyi tp klo jauhan atau gak keliatan baru pada maen saut”an
    Ko bisa gt si om…thankz

    Posted by angga | 5 Februari 2014, 1:41 AM
  4. gan ane ada manyar tpi unyinya hanya coet2 aja ..brapa lama se manyar rajin berbunyi??

    Posted by guntur | 8 Oktober 2013, 10:57 AM
  5. KALO DI BANDINGKAN SUARA KENARI & MANYAR LEBIH KERAS & PANJANG MANA….
    thx..

    Posted by GUNAWAN | 2 Oktober 2013, 3:20 AM
  6. Gmana om jinakin manyar yg jitu? Btuh proses brapa lama om?

    Posted by Nur apry | 10 September 2013, 11:00 PM
  7. Om saya pnya manyar kelapa, manyar msih muda tpi dah ngriwik, itu gmana supaya bza isian kenari dan lbih mantap suaranya?

    Posted by Nur apry | 9 September 2013, 6:39 AM
  8. om gmna cara’a menyilangkan kenari dgn burung gereja? maaf y om pertanyaanya d luar topik. :D

    Posted by arif | 28 Juni 2013, 6:34 AM
  9. Ma’af ganggu om. Q pny brung manyar tiap hari dah tak mandi’in pagi dan sore & tidak lupa q taruh di tmpt keramaian tapi kok msh giras ya om. 1 lagi om gimana cara downloud suara burung manyar(tanpa isian). Susah banget downloud nya kalok pake hp ampek setres aq ngak dpt suara burung manyar yg tanpa isian. Mohon saran nya om

    Posted by Nanang | 3 Juni 2013, 11:16 AM
  10. harga manyar gacor brapa um

    Posted by aji | 31 Mei 2013, 1:15 AM
  11. saya beli burung manyar tangkapan hutan ! apakah bisa di master

    Posted by kahfi | 16 Mei 2013, 7:58 AM
    • Tentu saja bisa setelah melewati masa adaptasi yg panjang (karena sangat giras) – (mapan dulu), namun tidak semua manyar bisa menyimpan suara master dengan banyak dan beragam pun cenderung pendek-pendek. keorisinilin suara manyarlah yg sebenarnya sangat baik utk memaster brg lain (terutama yg bersuara sekarakter dengan manyar)

      Posted by pondokenari | 17 Mei 2013, 5:05 AM
  12. misi om. .manyar betina bisa ngoceh kayak yg jantan gag om ?
    makasii sebelumnya om

    Posted by herry poetra | 13 Mei 2013, 11:05 AM
  13. saya baru beli burung manyar 35000 murah apa mahal yah om

    Posted by Frdiry Rizky Tampan | 22 April 2013, 9:18 AM
  14. MANYAR SAYA MASIH NGELOLOH TP BARU MULAI MAKAN,KEMARIN DAH TAK LATIH MAKAN MILET,EHH SKRANG MALAH GAK MAU MAKAN VOER,MALAH FUEL MILET HE E E
    AQ PUNYA 4 MANYAR,ADA YANG MAU?

    Posted by bamby | 15 April 2013, 11:39 AM
  15. amazing!! ;)
    mau tanya ney yg sedia jwb saya ucpkan thankz.
    Apakah burung manyar mau makan voer?

    Posted by joko kicau | 6 April 2013, 5:50 PM
  16. suara manyar mantap bangt bung, suaranya merdu & lengkingan nya, sangat kencang. muantaf decch

    Posted by yuda pratama | 18 Januari 2013, 9:54 AM
  17. malam bos ane mau nanya2 nih,tentang makanan nya itu apa aja sih trus kalau menjinakan gimana tuh,maklum baru punya manyar kepala kuning,thanks bos

    Posted by sigi | 14 Januari 2013, 1:01 PM
    • Berikan canari seed saja (pakan buat kenari). utk proses penjinakan, tempatkan manyar dalam kandang yg tidak terlalu besar (memperkecil ruang gerak), sering mandi, jemur, tempatkan/gantung di lokasi ramai aktifitas rumah, awal-awal memang manyar akan ‘berdarah-darah’ (karena karakter manyar tangkapan liar (GIRAS FULL) tp luka bisa sembuh dan brg bisa lebih jinak.

      Posted by pondokenari | 14 Januari 2013, 11:05 PM
  18. Gimana caranya memaster manyar/melatih manyar biar cepat bersuara

    Posted by Astu | 27 Desember 2012, 12:50 AM
  19. Q pnya manyar kepala maz/kuning… Udah bnyi suara’y mirip greja,kenari & d’akhiri kyak siulan cipow/sirtu… Yg sya tanyakan apakah suara kyak kenari biza panjang2 kyak kenari biaza’y…

    Posted by Wakhid TenGgil | 9 Desember 2012, 6:36 PM
  20. Assalamu’alaikum?
    Mas…. Ane pny burung manyar betina. Bs dimaster g?

    Posted by Liga Rosyidin Ahmad | 24 November 2012, 7:39 AM
  21. om kemaren sy maen ke PB pramuka ada manya eropa katanya warnanya kuning terang ama hitam trs ada lg yg warna merah terang ama hitam katanya dari afrika bgsan yg mana tuh om…

    Posted by mahesa jenar | 9 November 2012, 6:21 AM
  22. om sy punya sepasang manyar klau di gabung cewenya di kejar terus…ttp engak bramtem apa lama2 bisa jodoh,,dua2nya dah bunyi ttp masih liar…gaimana bisa spy jinak..

    Posted by kimlun | 5 November 2012, 8:19 AM
    • Karakter manyar yg memang gesit, sulit jinak utk tangkapan dewasa, lakukan perawatan rutin agar manyarnya jinak, seperti sering didekatkan/digantung dekat dg aktifitas org, sering mandi dan jemur dstnya, utk mau jodoh rasanya sulit dan tdk mungkin, karena manyar termasuk burung unik dalam soal memikat pasangannya yaitu dg mendesaign sarang – sarang terbaiknya utk dijadikan sesembahan kepada manyar2 betina.

      Posted by pondokenari | 5 November 2012, 10:16 AM
  23. Ciri anakan manyar yg bgus n brprospek apa brow. .?

    Posted by Panji | 1 Oktober 2012, 12:16 AM
  24. manyar kok bunyie kaya burung greja anakan

    Posted by andre | 24 Mei 2012, 2:18 PM
  25. om..kl manyar betina bunyi nggak dan misal kl bunyi apakah sebagus yg jantan..soalnya saya punya tp kepalanya tdk berwarna kuning…thx before

    Posted by bryan | 11 Februari 2012, 1:06 PM
  26. bos,bisa gak manyar disilang kenari???

    Posted by anton.s | 18 November 2011, 2:13 PM
  27. Om beda jantan-betinanya donk..tertarik jg mo miara manyar..thk

    Posted by fino | 31 Mei 2011, 9:31 AM
    • Manyar emas jantan sangat mudah diidentifikasi, karena warnanya yang kuning emas diseluruh tubuh begitu mencolok. Sedangkan yang betina sulit dibedakan. Ukurannya sedang (15 cm), sama seperti manyar lain ataupun burung gereja errasia. Untuk membedakan, manyar tempua jantan memiliki warna emas hanya pada mahkotanya, sedangkan ciri-ciri tubuh lainnya tidak terlalu beda. Demikian om…

      Posted by pondokenari | 31 Mei 2011, 10:20 AM
  28. Om Anda> Manyar bgs ga kao dikasih kroto? trs suara manyar sy jg msh kecil, gmn y om br suaranya jd kenceng! trims

    Posted by Coky | 31 Mei 2011, 3:28 AM
    • Manyar di kasih kroto bgs-bgs aja om, kandungan protein dikroto sgt baik utk burung kicauan termasuk kenari, utk suara nya yg msh kecil cb pola rawatannya dirubah, lebih sering mandi jemur, kroto rutin, cb gantung sendirian dulu, biar berani dan rajin utk berkicau dulu, biasanya kalo sdh berani dan tdk takut lg berkicau burung (termasuk manyar) biasanya akn mengeluarkan suara kicauannya secara sempurna (selain burung hrslah sehat secara fisik dan mental). Demikian om. Thx

      Posted by pondokenari | 31 Mei 2011, 3:56 AM
    • Selama manyarnya mau, berikan aja pak, soal besaran vol dirawat saja dulu secara konsisten, sehingga manyarnya bisa mengeluarkan kemampuan berkicaua terbaiknya, namun jika dirasa kecil jg vol nya berarti sdh bawaan pak,,,

      Posted by pondokenari | 24 Januari 2012, 4:18 AM
  29. Gmn sich om jinakin manyar, grabakan trs nih manyar sy, bunyi sih bunyi tp ya itu nabrak-nabrak trs sampai luka paruh dan kepalanya..thx om…sukses selalu

    Posted by Uking | 30 Mei 2011, 8:25 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 102 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: