//
KENARI MOULTING-MABUNG

PERWATAN KENARI MOULTING ATAU MABUNG

Masa mabung (moulting) merupakan masa yang sangat menuntut perhatian penghobi burung. Bulu yang hilang dan digantikan selama masa mabung atau meranggas ini menyerap 25% dari total protein yang ada di dalam tubuh burung. Inilah mengapa selama masa mabung perlu ditambahkan juga protein sebesar seperempat total protein dalam tubuh burung.

Bulu-bulu dan selongsong bulu terdiri atas lebih dari 90% protein, khususnya protein yang disebut keratins. Protein bulu berbeda dengan protein pada tubuh dan telur serta memerlukan jumlah proporsional yang berbeda atas asam amino (pembangun sel atau blok protein). Burung harus mengonsumsi makanan dengan kandungan asam amino jenis ini kemudian menyerap dan disimpan sebagai protein (keratin) khusus bagi keperluan pertumbuhan bulu. Proses ini sangat penting bagi burung dan tubuh burung harus bekerja ekstra untuk mendapatkan gizi yang cukup untuk membentuk bulu secara sempurna.

Ketika burung mabung, mereka juga memerlukan energi yang besar untuk memproduksi bulu baru. Keperluan energi yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan protein, menyebabkan burung harus mengonsumsi lebih banyak makanan selama meranggas untuk dapat mempertahankan pertumbuhan bulu baru. Untuk diketahui saja, energi yang diperlukan burung selama masa mabung sebesar dua setengah kali lebih banyak ketimbang burung yang sedang memproduksi telur (lihat misalnya penjelasan pada “Moulting in Bird” di situs vetafarm.com yang menjadi referensi utama untuk tulisan mengenai masalah mabung ini).

Faktor-faktor yang berpengaruh pada masa mabung tidak bisa sepenuhnya dipahami, karena sangat kompleks. Umur burung, musim saat mabung, cuaca harian, kadar hormon dan siklus perkembangbiakan, semua menjadi faktor penentu bagi keberhasilan atau kegagalan burung melewati masa mabung.

Hal yang paling utama untuk diingat adalah bahwa pada saat burung mabung, Anda harus memberikan suplai pakan yang cukup sehingga mereka bisa mengembangkan bulu-bulu sesempurna mungkin.

Untuk menyediakan protein yang diperlukan untuk peningkatan produksi bulu, Anda harus meningkatkan asam amino yang mengandung sulfur seperti metionin dan sistin. Protein seperti itu bisa ditemukan di dalam daging hewan. Daging dapat diberikan kepada kebanyakan burung yang sedang mabung dalam jumlah kecil plus pemberian suplemen makanan yang baik. Suplemen multivitamin dan multimineral yang baik seharusnya mengandung berbagai vitamin dan mineral serta asam amino untuk memungkinkan tumbuhnya bulu secara normal.

Meskipun pada umumnya mabung berjalan normal, ada beberapa hal yang sering mengganggu masa mabung burung, khususnya tumbuhnya bulu yang tidak merata atau bahkan ada bulu yang tidak rontok (sekadar nyulam).

Pola prawatan masa mabung:

1. Tempatkan burung di tempat yang sepi, jauh dari lalu lintas manusia. dan lebih banyak dalam kondisi dikerodong.

2. Mandi cukup 1x seminggu saja dan jemur maksimal 30 menit/hari/Tidak mutlak

3. Pemberian porsi pakan tambahan diberikan lebih banyak, Misalnya: Tambahkan biji niger sed +  telur puyuh serta sayuran dan buah.

4. Berikan multivitamin yang berkualitas yang dicampur di air minum. (Dengan takaran yg sesuai dan tidak berlebihan)

5. Lakukan pemasteran. Masa mabung membuat burung lebih banyak pada kondisi diam dan mendengar. Inilah saat yang tepat untuk mengisi variasi suara sesuai dengan yang kita inginkan. Lakukan pemasteran dengan tepat, sesuaikan karakter dan tipe suara burung dengan suara burung master.

Diskusi

225 pemikiran pada “KENARI MOULTING-MABUNG

  1. malam om…kn saya 2 hari ini bulunya berjatuhan..kalau saya kasih obat supaya bulu cepat rontok gmana om?
    atau saran untuk kn yang blu nya baru mau rontok(ef/pakan)..makasih om

    Posted by restu firmansah | 5 April 2014, 2:43 PM
  2. Om sya mw tnya,. Klo knari muda umur 3blan, ukuran nya bsa gde lg ga om smpai dwasa, apa ttep sgtu. Mhon d coment y om,.
    Trmakasih,

    Posted by Rere partll | 26 Maret 2014, 6:17 AM
  3. om slm kicau…dari kaltim om mau tanya brpa kira2 batas usia kn yang dikatakan tdk lyk lgi untuk lomba apakah 1-2 atau 3-4 thn,perlu diketahui kn sy umurnya kira2 3th dan mantan juara yg sdh sering koncer di hampir smua kls yg dilombakan jnisnya AF terahir koncer 3 di lomba nasional piala presiden cup II bln april th 2012 stelah itu mabung dan macet msih sempat nyabet juara 3 lokal sampai skrang sy pusing om merwatnya, gmn cara mengembalikan perfomnya lgi om ini lgi kondisi mbung macet total om puyeng liatnya mhn bantuan om sblmnya mksih

    Posted by ishak | 9 Februari 2014, 1:17 PM
    • Batasan umur rasanya tidak berpengaruh signifikan utk lomba, selama burung sehat, dan masih mempu menunjukan kemampuan terbaiknya tidak ada soal. namun tentu burung kenari yg sdh berprestasi sudah dipastikan memiliki perwatan/pendekatan yg berbeda biasanya (tidak mutlak) yg terpenting buat burung sehat terlebih dulu, semua kebutuhannya terpenuhi, baik kandang, pakan, EF sampai perawatannya, apalagi burung lomba biasanya hanya butuh perhatian saja utk kembali perfom.

      Posted by pondokenari | 14 Februari 2014, 1:46 AM
  4. Om mau tanya. Ane beli kenari jantan anakan umur 2 bulan kurang seminggu kata ternaknya dan sudah hampir 2 minggu ini bulu halus kenari ane pada rontok dan kalo masalah ngeriwik jadi makin keras suaranya dan lumayan rajin,gizi dan vitaminnya tercukupi sesuai perwatan kenari bakalan baca di internet. Yang ane mau tanyain:
    1. Apa bener kenari ane umur 2 bulan kurang?
    2. Apakah dengan rontoknya bulu tidak akan mempengaruhi kondisi kenarinya?
    Mohon pencerahannya Om. Terima kasih….

    Posted by Dwy Nugraha | 1 Februari 2014, 8:45 PM
  5. Om mau tanya. Saya punya kenari jantan umur 2 bulan tp bulunya sudah pada rontok ngeriwiknya tetap rajin. Apakah itu normal Om? mohon pencerahannya…

    Posted by Dwy Nugraha | 25 Januari 2014, 4:55 AM
  6. permisi om mau tny kalo kondisi cuaca sedang mendung burung di mandikan apa gpp?soal ny di perhatikan burung mlh mandi sendiri,pdhl cuaca sedang mendung.mohon pencerahan ny om..thx

    Posted by egi | 11 Januari 2014, 10:34 PM
  7. Om saya mau tanya. Saya punya kenari tp suaranya “tirilik tirilik” gitu doang… kira2 kenari saya jantan ato betina biasanya?

    Posted by wildan | 11 Januari 2014, 6:26 AM
  8. permisi om saya mau tny nih

    1.saya pemula punya KN mau jln 4 bulan,apa di umur segitu msh proses mabung?
    2.mabung kalo proses selesai ny pd umur brp bulan yah?

    tlng pencerahan ny :)

    Posted by egi | 6 Januari 2014, 10:26 AM
  9. Om kalou kenari betina dare mabung bisa berapa lama/hari ya om?
    Trimksih

    Posted by Sobari | 4 Januari 2014, 7:39 AM
  10. Misi om. Mo tanya ni om. Apakah kenari mau mulai ngerol stelah melewati proses mabung pertamanya? Thanks y om

    Posted by Kurniawan nasotion | 4 Desember 2013, 10:17 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 102 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: