//
CIBLEK MASTER KENARI

Perenjak jawa atau yang juga dikenal dengan nama ciblek adalah sejenis burung pengicau dari suku Cisticolidae (pada banyak buku masih dimasukkan ke dalam suku Sylviidae). Dalam bahasa Inggris burung ini dikenal sebagai bar-winged Prinia, merujuk pada dua garis putih pada setiap sayapnya. Nama ilmiahnya adalah Prinia familiaris Horsfield, 1821.

Burung kecil ramping, dengan panjang total (diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor) sekitar 13 cm. Hampir seluruh sisi atas badan berwarna coklat hijau-zaitun. Tenggorokan dan dada putih, perut dan pantat kekuningan. Sisi dada dan paha keabu-abuan. Ciri khasnya sayap dengan dua garis putih, serta ekor panjang dengan ujung berwarna hitam dan putih.Paruh panjang runcing, sebelah atas berwarna kehitaman dan sebelah bawah kekuningan. Kaki langsing dan rapuh berwarna coklat kemerahan atau merah jambu.

Burung yang ramai dan lincah, yang sering ditemui di tempat terbuka atau daerah bersemak di taman, pekarangan, tepi sawah,hutan sekunder, hingga ke hutan bakau. Juga kerap teramati di perkebunan teh. Dua atau tiga ekor, atau lebih, kerap terlihat berkejaran sementara mencari makanan di antara semak-semak, sambil berbunyi-bunyi keras cwuit-cwuit-cwuit.. ciblek…ciblek…ciblek…ciblek…! Ekor yang tipis digerakkan ke atas saat berkicau.

Mencari mangsanya yang berupa aneka serangga dan ulat, perenjak jawa berburu mulai dari permukaan tanah hingga tajuk pepohonan. Burung ini membuat sarangnya di rerumputan atau semak-semak hingga ketinggian sekitar 1,5 m di atas tanah. Sarang berbentuk bola kecil dianyam dari rerumputan dan serat tumbuhan.

Perenjak jawa adalah burung endemic (menyebar terbatas) diwilayah diwilayah sumatra, jawa dan bali, disumatra tidak jarang sampai ketinggian 900 m dpl, sedangkan dijawa dan bali umum sampai ketinggian 1500 m dpl.

Sebelum tahun 1990-an, burung ini boleh dibilang tidak memiliki nilai ekonomi, sehingga banyak dibiarkan bebas dan meliar seperti halnya burung gereja dan burung pipit. Sifatnya yang mudah beradaptasi dan tidak takut pada manusia menyebabkan populasi burung ini cukup tinggi pada wilayah-wilayah yang sesuai. Setelah tahun-tahun itu, burung ini mulai banyak diburu orang untuk diperdagangkan terutama di Jawa. Apalagi burung ini mudah dijumpai di wilayah perkebunan dan memiliki keistimewaan mudah jinak. Sifat jinaknya membuat ia mudah ditangkap dengan cara dipikat yaitu memakai bantuan cermin di dalam sangkar. Burung yang tertarik dengan bayangannya sendiri akan terjebak di dalam sangkar.

Cara lain adalah dengan memasang jerat atau rajut di sekitar sarangnya, atau dengan perangkap getah (pulut) pada tempat-tempat tidurnya di waktu malam. Para penangkap burung yang terampil, bahkan, kerap hanya bermodalkan senter, kehati-hatian dan kecepatan tangan menangkap burung yang tidur di malam hari.

Sayang sekali burung ini mudah stres dan mati dalam pemeliharaan, terutama apabila yang ditangkap adalah burung dewasa. Belum lagi jika pemeliharanya tidak berpengalaman. Namun ini agaknya tidak menyurutkan minat para penangkap burung untuk terus memburunya. Sampai sekarang, burung ini belum berhasil dibiakkan dalam tangkaran. Para penggemar burung masih bergantung pada tangkapan dari alam.

Eksploitasi yang berlebihan ini segera terlihat akibatnya. Di wilayah-wilayah tertentu kini seolah ‘kehabisan stok’ padahal sebelum tahun 90-an burung ini masih melimpah. Perenjak jawa semakin jarang terlihat di taman-taman, dan hadir terbatas di tempat-tempat tertentu yang masih dekat hutan.

Dalam pemeliharaan biasanya burung ini sering diberi makanan berupa kroto (tempayak dan anak semut rangrang), ulat hongkong, serta pelet (voer).

Jantan dibedakan dari betina dengan ukuran tubuhnya yang lebih besar dan aktif berkicau. Ekor lebih panjang dan warna sayap yang lebih gelap.

Ciblek (Prinia familiaris)
Burung ciblek di pasaran saat ini ada dua jenis yaitu Prinia familiaris familiaris dan Prinia familiaris olivaces. Kalau masih muda akan sangat sulit membedakan keduanya, tetapi ketika sudah dewasa akan mudah sekali membedakannya apalagi ketika berkicau.
Pada jenis Prinia familiaris familiaris warna bulu lebih gelap, garis putih di sayap lebih lebar, badan lebih lebar, dan dada tampak bidang, jantannya bersuara keras, tajam dan tebal membentuk vokal ciikrak…ciikrak.. yang dikombinasi suara cicitan, penyebarannya di daerah Jawa Timur, Bali dan Jawa Barat.

Pada Prinia familiaris olivaces warna bulu tampak lebih terang atau lebih muda, garis putih di sayap lebih pendek dan agak kecil, tubuh tampak ramping, serta dada tidak terlalu bidang, bulu dada jantannya hitam yang tampak tipis atau samar, kicauannya lebih menonjolkan jeritan panjang satu nada dan tidak membentuk vokal seperti ciikrak..ciikrak..cet..cet.. oleh karena vokal suaranya tidak terbentuk maka suara kicauannya terdengar tipis dan kurang keras. Penyebarannya di Jawa Tengah, Jawa Barat dan Sumatera.

Penyebaran:
Ciblek lebih banyak dijumpai di Jawa, Bali dan Sumatera.

Habitat:
Daerah sawah, kebun, ladang, pinggiran hutan dan di sekitar rumah penduduk, dari dataran rendah hingga pada ketinggian 1000 m dpl sangat mungkin dijumpai burung ciblek. Musim berkembangbiaknya tidak pasti, akan tetapi pada umumnya mereka berkembangbiak pada saat menjelang musim hujan dengan jumlah telur yang dihasilkan antara 2 sampai dengan 3 butir. Makanan alami yang paling disukai ciblek adalah serangga, seperti ulat daun, rayap, telur kupu-kupu, telur semut dan jenis serangga lainnya.

Membedakan Ciblek Jantan dengan Ciblek Betina

Ciri-ciri ciblek jantan antara lain:
Badan lebih besar dan ekornya lebih panjang dari yang betina, bulu dada atas dan samping kanan kiri berwarna hitam, bulu dada ke bagian perut kuning keputih-putihan, atap kepala hingga ke sayap abu-abu gelap, untuk ciblek dewasa paruh bawah berwarna hitam,bunyi suara ciikrak…ciikrak..!! Sedangkan untuk ciri-ciri ciblek betina adalah: badan lebih kecil serta ekor lebih pendek dari yang jantan, bulu dada kuning keputihan, bulu atap kepala hingga ke sayap abu-abu pucat, untuk burung dewasa paruh bawah berwarna putih, mempunyai alis berwarna putih di atas mata, serta bunyi suara cineniin…cineniin…

Daya Tarik burung Ciblek

Daya tarik burung ciblek umumnya pada suara kicauannya, meskipun senada kicauannya menarik dinikmati ketika berulang-ulang dan terus-menerus terlebih lagi apabila kicauannya pada tempo yang tinggi dalam waktu lama.

Ciri-ciri ciblek yang baik

Umumnya ciblek dikatakan baik apabila telah rajin berkicau, namun hal ini belum menjadi ukuran kalau ingin membawanya ke arena lomba, suara kicauannya dikatakan baik kalau volumenya besar, keras, tajam, cepat dan tebal, hal ini sangat tidak mungkin dperoleh pada ciblek bakalan atau baru ditangkap. Biasanya suara burung berkicau yang baik dapat ditandai dengan meliha paruhnya, paruh yang agak panjang dan tidak begitu tebal menandakan burng memiliki suara yang baik dan rajin berkicau, sementara paruh yang pendek dan tipis biasanya kicauannya jarang dan ngambang.

Perawatan ciblek dari bakalan muda hutan yang belum makan voer

Menjinakkan bakalan ciblek muda hutan dari hasil tangkapan atau membeli di pasar burung yang belum makan voer sangat mudah, beberapa langkah perawatannya adalah sebagai berikut:

1. Untuk mengkondisikan ciblek tersebut pada sangkar barunya sebaiknya ciblek di masukkan sangkar yang ketiga sisinya (samping kiri kanan dan belakang) ditutup dengan koran ataupun kain, kemudian ditaruh di tempat yang sepi, selama kurang lebih 3 (tiga) hari ciblek dikasih kroto segar setiap pagi dan sore.minuman bisa dicampur dengan multivitamin/antistress untuk burung.

2. Hari selanjutnya adalah meracik campuran kroto dengan voer lembut ditambah air sedikit. 2-3 hari pertama komposisi kroto dengan voer adalah 75%:25%; 2-3 hari kemudian 50%:50%; 2-3 hari kemudian 25%:75%. Pemberian campuran kroto dengan voer ini diberikan pada pagi dan sore hari, bisa ditambah dengan 2 (dua) ekor jangkrik kecil. Kira-kira 6 – 9 hari ciblek sudah mau makan voer, dengan melihat kotorannya yang sudah berwarna seperti warna voer. Campuran kroto bisa diganti dengan ulat hongkong.

3. Setelah warna kotorannya sudah menyerupai warna voer langkah selanjutnya adalah memberikan voer kering 100% selama 1 minggu yang diselingi dengan pemberian extra fooding berupa kroto segar/ jangkrik/ ulat hongkong dengan jumlah terbatas setiap pagi dan sore, sekaligus membuka ketiga sisi sangkar yang tertutup. Hal ini dilakukan untuk membiasakan secara perlahan-lahan terhadap dunia barunya. Pada tahap ini ciblek sudah dapat makan voer secara total, namun karena burung ciblek adalah burung pemakan serangga alangkah baiknya jika ciblek diberikan selingan jangkrik/ kroto/ ulat hongkong walaupun 1 (satu) hari sekali dengan jumlah 2-3 ekor jangkrik kecil atau 3-4 ekor ulat hongkong atau ½ sendok teh kroto.

4. Untuk menjinakkan ciblek, trik selanjutnya adalah menaruh burung ciblek pada keramaian dengan menggantungkannya pada posisi yang agak tinggi kemudian setiap pekan berangsur-angsur semakin rendah, sambil dilatih pemberian extra fooding dengan tangan.

5. Setelah 3 – 4 bulan burung ciblek anda akan berkicau dengan riang.
Pemberian kroto setiap hari akan merangsang burung ciblek cepat berkicau.

Perawatan burung ciblek supaya rajin berkicau
Untuk menjadikan burung ciblek anda rajin berkicau berikut tips perawatannya:

1. Pagi jam 05.00 WIB buka krodong, kemudian digantang di luar rumah, para kicaumania sering menyebut diembun-embunkan, namun sebenarnya untuk semua jenis burung senang akan suasana pagi hari menjelang matahari terbit.

2. Jam 07.00 WIB ciblek diberikan extra fooding berupa jangkrik kecil 2-3 ekor, kroto ¼ – ½ sendok teh, ulat hongkong 2 – 4 ekor (pemberian extra fooding bisa disesuaikan dengan settingan), kemudian disemprot dengan setelan semprotan lembut.

3. Penjemuran bisa dilakukan pada pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 09.00 WIB.

4. Setelah itu di gantang ditempat yang teduh.

5. Sore hari jam 16.00 WIB pemberian extrafooding dengan jumlah yang sama dengan pemberian extra fooding pagi harinya.

6. Sore jam 17.00 WIB burung dikrodong.

(Yoyo2007) – disarikan dari duniahobby dan berbagai sumber…

Diskusi

112 thoughts on “CIBLEK MASTER KENARI

  1. salam kenal
    aku puya ciblek kristal ,tp skrang lagi mabungg.kira kira berapa lama y om biar jdi gacor lagi?

    Posted by ilut | 9 Mei 2013, 3:53 AM
  2. om saya mau tanya,,,
    ciblek dlm kurung jatuh,dia jdi salto”,dan tidak bunyi bgai mna kalo ingin cepat bunyi dan tdak salto lagi,,,

    Posted by cilay | 7 Mei 2013, 7:09 AM
    • Kondisinya lagi stress dan msh trauma, sementara disendirikan saja dulu dr brg lain, perawatan normal seperti biasa, EF seperti kroto jangkrik jgn putus (kroto diperbanyak) lakukan penjinakan lagi, dgn memancing/menggoda menggunakan jangkrik sebelum dikasih.

      Posted by pondokenari | 8 Mei 2013, 4:21 AM
  3. selamat malam..

    salam kenal…
    om mau tny, gmn mengatasi ciblek biar mau nagen dtangkringan..
    trima ksh sblm’y..

    Posted by hafis | 6 Mei 2013, 7:52 AM
  4. Sala,
    Dirumah ada ciblek krisatal, awalnya saya dapat dengan kondisi suara keras lantang dan nyaring,tapi sudah tiga (3) bulan ini tidak mau bunyi, hanya pada saat mau dikasih makan, n’ semprot mandi, , selama ini perawatan nya, jangkrik, p/s 5 ekor kcil, vorr campur tepung jangkrik,gimana ya om supaya cible Q bisa berkicau lagi

    Posted by harryana | 5 Mei 2013, 10:14 PM
    • Pasti ada perawatan yg berubah dari sebelumnya. sekarang settingannya coba di ubah. mandi jemur rutin tiap hari, kalau perlu jemur lebih sering, utk 1-2 minggu pertama ini EF berikan full kroto aja 1 sendok P/S. nanti setelah sdh mulai rajin lagi kroto kurangin jadi seminggu 2-3 X aja dan tambahkan jangkrik tiap hari P/S 2/2 saja ukuran yg kecil. lakukan konsisten pasti ada kemajuan.

      Posted by pondokenari | 5 Mei 2013, 11:04 PM
  5. Om mo nanya lagi nich tentang CB yang kemarin, bolehkan!
    Saya dah tanya sama tetangga katanya CB saya CB kristal yang masih muda. Yang mo saya tanyakan…
    1.CB gak suka makan kroto,setiap saya kasih pasti masih utuh.
    Jadi cuma saya kasih voer dan UH.
    Kata tetangga saya kalau kebanyakan makan UH akan membuat mata CB seperti mo keluar bakan bisa buta.
    Apa benar itu Om?
    2.Saya kasih UHnya pagi 6ekor dan sore 8ekor siang tidak saya kasih karena saya kerja.
    Apa itu sudah cukup Om?

    Posted by sigit | 30 April 2013, 11:04 AM
    • 1. Ciblek yg tidak suka kroto bisa di ganti atau dikombinasikan UH dan Jangkrik (keci-sedang) sehari misalnya pagi jangkrik kecil 2 UH 1 aja, sore juga sama.
      2. Pemberian EF apapun yg berlebihan pasti efeknya tdk baik juga, berikan secukupnya saja, P/S 1 atau 2 ekor UH sdh cukup, yg terpenting jika sdh disetting EFnya sebaiknya jangan sering-sering diubah lagi.

      Posted by pondokenari | 30 April 2013, 11:46 PM
  6. salam kenal om…
    Om q mau tanya, q pnya cb kristal tapi ngebrenx cempreng g tebal klo tembakanx lumayan bagus, perawatanx gmna y om supaya suaranya tebal…
    Trz 1 gi om, klo di adu jago kandang klo drmh mntalx lumayan tpi klo dbw ktmpt tmn malah diam liat” lingkungan, cara menanggulanginya gimna y om…

    Posted by ghibran | 24 April 2013, 8:54 AM
    • 1. Tebalnya suara biasanya sudah bakat/bawaan dasar masing-masing burung (ciblek)namun jika msh muda kemungkinan suara msh bisa lebih matang dengan bertambahnya umur cibleknya.

      2. Ciblek adalah burung petarung, utk diadu dengan byk ciblek ,perlu dibiasakan dulu dengan 1-2 ciblek dulu, nanti jika sdh matang mentalnya dia akan berani melawan dengan banyak ciblek (misal di arena lomba)

      Posted by pondokenari | 26 April 2013, 5:31 AM
  7. Mas saya pny ciblek tp warna bulu dadany kehitam-hitaman. Itu ciblek jenis apa ya? cara perawatan kalau lagi mabung gimana?

    Posted by sigit | 23 April 2013, 11:12 AM
    • Kalau tdk lihat pic nya susah mengetahuinya. umum ciblek yg dikenal adalah ciblek sawah, ciblek kebun dan ciblek gunung. perawatan ciblek mabung sama seperti burung-burung lainnya. lebih baik dikerodong, perbanyak EF, jangkrik dan kroto, dan tdk dimandi jemur.

      Posted by pondokenari | 26 April 2013, 5:27 AM
  8. om , saat ini sya sedang merawat CB dari anakan(lolohan) umur -+ 1,5bln , sangat jinak n manja sekali CB saya . seting udah seperti saran Om ..kira2 umur berapa bulan bisa gacor/ngebren .
    makasih sebelumnya , salam kicau CB mania ?

    Posted by Andez putra kenari | 15 April 2013, 10:12 AM
    • Tentu tergantung rawatan (pemberian pakan, minum, kebersihan kandang, mandi jemur, dan yg paling penting adalah pemberian EF yg teratur seperti jangkrik, kroto, UH (wajib konsisten) lalu dengan bertambahnya umur –> dewasa, bulu sudah full, biasanya ciblek akan mulai nembak-nembak. sering di pancing dengan suara ciblek ngebren dari MP3 misalnya tp jangan keseringan dan dengan suara yg keras (karena ciblek anak–>muda mental blm ok)

      Posted by pondokenari | 16 April 2013, 5:21 AM
  9. Salam om kicau tanah air

    Posted by Nding | 15 April 2013, 2:14 AM
  10. Salam kicau mania..
    Manu nanya om..kalau ciblek itu paling tidak umur berapa minimal nya bsa mulai dilomba..trmaksih

    Posted by Nding | 14 April 2013, 4:13 AM
    • Kalo sy pribadi, jika ciblek sdh kondisi gacor, punya vol keras sdh full, sdh pny mental (terlihat waktu di adu dengan 1 – 2 dan seterusnya dengan ciblek gacor yg lainnya, jika sdh keliatan mental bagus sepertinya sudah ok di bawa ke lomba. ciblek jelas burung petarung dan biasanya ciblek yg sudah gacor tinggal setting mentalnya agar tetap ngotot ‘tempur’ jika di adu.

      Posted by pondokenari | 16 April 2013, 5:15 AM
  11. Setahu saya ciblek selain EF brupa jangkrik.UH dn kroto..ciblek juga menyukai ketimun atau oyong sbg mkanan tmbhan nya..smga bermanfaat dan mhn maaf bla slah kata

    Posted by Nding | 11 April 2013, 3:28 AM
  12. salam kicau mania om..
    mau tanya nih kira” ciblek qu di deketin sama burung kutilang ada efek samping’a gak,?
    soal’a pertama x beli,ciblek qu sudah lumayan gacor tapi skrng mlah gak bunyi sma skali..
    tolong info’a om..

    Posted by fuad.616@gmail.com | 2 April 2013, 8:38 AM
  13. *salam untuk smua kicau mania..

    om mau tanya nih knapa ciblek saya kalo di dketin sama ciblek lain’a yg udah lumayan gacor gk mau bunyi ia,padahal ciblek saya sudah lebih terlihat tua dari ciblek yg sudah gacor tsb..,??

    Posted by fuad.616@gmail.com | 2 April 2013, 6:35 AM
    • Perhatikan apakah perawatan harian ada yg berubah, seperti mandi jemur tdk teratur, pemberian atau settingan EF juga berubah dan tidak tentu, sehingga brg dlm keadaan tidak vit/sehat secara fisik dan mental, saran sy cb sementara sendirikan cibleknya, mulai lg dengan mandi jemur teratur, berikan kroto wajib 2 hari sekali (wajib-utk mengangkat kembali birahinya) tiap hari berikan jangkrik P/S 2-2 ekor (ukuran kecil) atau jika jangkrik besar 1-1 saja/sehari. jangan di adu dulu, biar sampai cibleknya berani bunyi lagi(kr pasti tdk akan mau ‘ngadu’ kr cibleknya dalam kondisi droop mental/stress/tdk sehat—>jika di adu makin merusak mentalnya dan pemulihannya jg makin lama lg). (jika konsisten—> 2-3 minggu kedepan sdh akan ada kemajuan yg baik)

      Posted by pondokenari | 2 April 2013, 10:09 PM
  14. salam kicau mania..
    om saya mau tanya kenapa burung ciblek saya awal pertama beli lumayan gacor skrng mlah gak bunyi sma skli ia,,apa penyebab’nya di karenakan takut sma burung kutilang saya.?
    soal’a burung kutilang saya kalo bunyi gk tau waktu malam saja masih bunyi..

    tolong jawab’an nya ia..
    ¤salam untuk para kicau mania..

    Posted by fuad.616@gmail.com | 2 April 2013, 6:28 AM
    • Perhatikan apakah perawatan harian ada yg berubah, seperti mandi jemur tdk teratur, pemberian atau settingan EF juga berubah dan tidak tentu, sehingga brg dlm keadaan tidak vit/sehat secara fisik dan mental, saran sy cb sementara sendirikan cibleknya, mulai lg dengan mandi jemur teratur, berikan kroto wajib 2 hari sekali (wajib-utk mengangkat kembali birahinya) tiap hari berikan jangkrik P/S 2-2 ekor (ukuran kecil) atau jika jangkrik besar 1-1 saja/sehari. jangan di adu dulu, biar sampai cibleknya berani bunyi lagi(kr pasti tdk akan mau ‘ngadu’ kr cibleknya dalam kondisi droop mental/stress/tdk sehat—>jika di adu makin merusak mentalnya dan pemulihannya jg makin lama lg). (jika konsisten—> 2-3 minggu kedepan sdh akan ada kemajuan yg baik)

      Posted by pondokenari | 2 April 2013, 10:08 PM
  15. terimakasih banyak 0m. . .

    Posted by priyan | 23 Maret 2013, 12:11 AM
  16. Salam kicau om… saya bru punya ciblek sudah 3 mgg smp skrg bunyiny msh setengah2. gimn supaya bisa ngerol y?? trs klo saya yg org pekerja gimn stelanny supaya cepat ngerol??

    Posted by Agung | 20 Maret 2013, 4:12 AM
    • Ciblek tidak akan berbunyi dgn sebutan ngerol, karena suara ciblek lebih dominan 90% tembakan (disitilahkan ngebren)
      Merawat ciblek bahan dibutuhkan kesabaran dan konsistensi dalam perawatannya. mandi jemur tiap hari secara teratur, pemberian EF (kroto-jangkrik) rutin tiap hari (minimal 2 hari sekali). untuk kita yg tiap hari hrs bekerja sebaiknya jika ingin merawat burung bijaksananya membelilah yg sdh gacor saja.

      Posted by pondokenari | 21 Maret 2013, 10:46 PM
  17. Salam kenal,,salam kicau mania seindonesia… Trimakasih atas saran nya,,mudah2′an bermanfa’at bagi saya dan para kicau mania seindonesia… Sukses selalu buat anda…
    Wassalam….

    Posted by Ridwan | 7 Maret 2013, 3:03 AM
  18. Kulunuwun . .salam cb cwuit. .cwuit. .
    Om mau tanya suara cb saya serak apa terkena penyakit y om?
    Mohon donk om solusinya. . .

    Posted by Denny aka 47 | 6 Maret 2013, 8:36 AM
    • Coba berikan larutan penyegar (untuk panas dalam) yg rasa tawar sepeti air putih 3 hari berturut-turut. bersihkan tempat makan, tempat minum (air ganti tiap hari) dan bersih-bersih kandang tiap hari.

      Posted by pondokenari | 8 Maret 2013, 3:54 AM
  19. Om CB saya yg tadinya rajin,ko sekarang jadi ga mau bunyi ya
    Padahal bulunya ga rontok,makan teratur,sangkar bersih
    Knp tuh

    Posted by ade | 21 Februari 2013, 8:01 AM
  20. Om, gmn ciblek biar cepet ngebren, Ciblek sy cuma nada panggil2 aja…mohon tips perawatannya…sukses utk om…

    Posted by Roy | 4 Januari 2013, 1:56 AM
    • Jika positif jantan, rawat saja dengan konsisten, lakukan proses penjinakan, pagi mandi jemur rutin, pagi kasih 2 ekor jangkrik kecil atw 1 ekor ukuran sedang, sore juga gitu kasih lagi jangkrik 2 ekor yg kecil, kroto cukup 2 hari sekali. terus lakukan selama 1 bulan, mudah2an akan ada terlihat perkembangannya.

      Posted by pondokenari | 7 Januari 2013, 3:46 AM
  21. wahh informasinya sngat bgs…. om mau tanya neh, apa bnr pelihara ciblek hrs sepasang jantan dan betina?…

    Posted by zippo | 29 Desember 2012, 11:15 AM
    • Tidak harus jg miara sepasang, kebanyakan penghobby miara ciblek betina bertujuan untuk membuat ciblek jantan selalu dalam keadaan birahi yang seimbang (Ngecas), sehingga diharapkan nantinya akan rajin bunyi/dalam kondisi gacor. tentu hal ini akan terlihat hasilnya jika perawatan yang baik dan konsisten terus dilakukan utk ciblek jagoan kita.

      Posted by pondokenari | 30 Desember 2012, 9:04 PM
  22. permisi om, sy mau tanya apa bnr ciblek gunung suaranya lebih rapat drpd ciblek kebun?…

    Posted by granita | 17 Desember 2012, 7:55 AM
  23. permisi om, saya mo tnya apa bnr ciblek gunung suaranya lebih rapat dari pda ciblek kebun?..

    Posted by granita | 17 Desember 2012, 7:53 AM
  24. Miara ciblek gacor 2 ekor dalam 1 rmh kr2 bisa bikin droop satunya ga mas, karena sy baru dapat 1 lg ciblek semi gacor, yg dirumah jg gacor. gmn kr2 mas? trm ksh utk jawabannya.

    Posted by Maman | 5 Desember 2012, 2:32 AM
    • Ok2 saja, semua akan dipengaruhi oleh perawatan dan perlakuan. namun untuk idelnya piara 1 saja, jika ingin miara 2 ekor, beli ciblek betina saja untuk membantu atau menjaga tingkat birahi ciblek jagoan dirumah. pengalaman pribadi dulu miara 4 ekor ciblek gacor, dengan lahan yg tidak terlalu luas maka penempatan ciblek2 tersebut tidak bisa ideal, sehingga akan ada yg tertekan oleh ciblek gacor yg dominan.

      Posted by pondokenari | 7 Desember 2012, 3:29 AM
  25. mau tanya om..
    saya punya ciblek kristal semi.kira2 bagus gak ya dari segi suaranya,karena kata teman2 lebih bagus suara yang kristal karena banyak variasinya.

    Posted by ade | 2 Desember 2012, 9:17 AM
    • Bagus saja, pemilihan ciblek yg baik, dari segi postur/jingkring ( kaki panjang), ketebalan dan panjang paruh, kerapatan ekor, terlebih msh tergolong muda, itu sdh cukup menjadikan modal awal yg menjanjikan kedepannya (berlaku utk jenis ciblek apapun). setelah itu lakukan rawatan yg baik, temukan pola rawatan yg pas, dan lakukan terus secara konsisten.

      Ciblek semi terkenal memeliki kekerasan dan ketebalan suaranya, ciblek kristal memiliki suara yg bersih/bening dan bernada tinggi. untuk variasi umum akan tergantung dari pola rawatan dan pemasteran sesama brg ciblek.

      Posted by pondokenari | 2 Desember 2012, 10:50 PM
  26. Selamat siang om…om saya punya ciblek….sudah gakor…untuk pakan kroto …apakah harus dikasi tiap hari atau 3 hari /minggu pagi sore….gmn om?

    Posted by kenari295 | 28 November 2012, 11:17 PM
  27. salam knal oM…
    sy pnya ciblek ktrekan dah gacor bgt trs mabung bgs ny suara ga ilang gmna biar mabung nya cpat tuntas om…?
    trs klo mabung nya dah tuntas apa bsa lgs di kontes oM…?…

    Posted by ijoel | 23 November 2012, 9:22 PM
    • Perawatan burung mabung termasuk ciblek harus baik, jangan dipaksa untuk cepat rapi, biarkan proses mabungnya berjalan normal saja. perawatannya sama seperti burung mabung yg lain, selama mabung berikan porsi jangkrik dan kroto yg bagus agak lebih banyak. setelah benar2 rapi mabung, bulu sdh rapi sempurna sementara jgn langsung dibawa lomba, karena burung rapi mabung perlu kondisi dulu, sampai benar2 dalam kondisi gacor dan vit lagi baru boleh kembali dijajal lomba, diadu dengan beberapa ciblek dulu lebih baik untuk mengangkat mental tarungnya lagi.

      Posted by pondokenari | 26 November 2012, 10:25 PM
  28. Assalamualaikum om…
    Salam kenal…
    Sy baru ciblek 3 hari yg lalu, beli udah stngah jadi dari rawatan di rumah. Pas d rumah semula, tuh ciblek udh nembak2 trus om. Pas nyampe rumah sy ganti sangkar, eh skrg malah diem om. Paling ada suara ciitt..ciitt…cittt… Agak panjang. Nah, solusinya gmn tuh om? Mohon bantuannya…
    Wassalam…

    Posted by taz | 22 November 2012, 4:34 AM
    • Setiap burung pasti perlu adaptasi, mengenal lingkungan yg baru, burung yg sudah gacor dan mapanpun juga perlu waktu ketika berada dilingkungan yg baru. setelah itu dilewati baru akan berani berkicau lg. berapa lamanya? relatif, tergantung seberapa sering kita berinteraksi dengan burung yg baru tersebut. untuk rawatan ciblek bisa lihat blog ini juga. rawat saja dengan dengan konsisten sampai cibleknya benar-benar ‘ngerti’ dgn lingkungan baru dan settingan kita.

      Posted by pondokenari | 22 November 2012, 9:50 PM
  29. om salam kenal
    kalo gman ya supaya ciblek sy mentalnya sip??
    tolong saranya om

    Posted by kyay | 13 November 2012, 12:27 PM
    • Lakukan perawatan yg baik, sampai betul2 cibleknya mapan dan gacor, jika sdh demikian akan lebih memudahkan utk melatih mentalnya, misalnya coba diadu dengan ciblek teman, itu pun tdk usah lama2 sembari diliat reaksi dan perkembangnnya. setelah itu lakukan lg mgk dg 2 ciblek lain, dg seringnya diadu secara bertahap akan membuat ciblek akan terbiasa dan berani menunjukkan kebolehannya. tp ya itu td ciblek kt hrs betul2 dlm kondisi sdh gacor dan mapan/berani/sdh tdk takut org dan lingkungan.

      Posted by pondokenari | 13 November 2012, 10:01 PM
  30. pha kbar master ciblek..mo nanya nie om!!
    om klu ciblek abs d trek trus stres krna kalah..trus krng ciblek’a diem mulu jarang bunyi..gmn sih om caranya biar ciblek ane mau buny lgi??

    Posted by Adhel D'lovers Alviansyah | 17 Oktober 2012, 11:23 AM
    • Yg namanya mental lg droop, perlu pemulihan. sebaiknya rawatan tidak usah diganti2 lagi, settingan seperti yg sdh dijalankan selama ini aja, cm sementara ini disendirikan saja dulu cibleknya, tempat biasa kandnag digantung jgn dipindah2 dulu, kecuali sehabis jemur. kalo ada ciblek yg gacor dirmh jgn didekatkan dulu apalagi saling lihat, moga cpt pulih.

      Posted by pondokenari | 18 Oktober 2012, 10:30 AM
  31. Om saya beli ciblek dada kuning ko mati terus ya, belinya dipinggir jalan jatinegara sampe 6 burung ciblek mati terus??

    Posted by Agung | 16 Oktober 2012, 11:30 AM
    • Penyebabnya tentu ada dan byk, mulai dari tingkat stres yg tinggi yg pada akhirnya brg ketakutan-tdk mau mkn-mati. penangkapan brg yg menggunakan makanan yg sdh dicampur racun sehingga brg akan bertahan 1-2 minggu saja, menggunakan pancingan dstnya. lebih baik membeli ciblek yg sdh mau utk adaptasi/sdh rawatan, karna walaupun blm gacor tp resiko mati sangat kecil, memang hrg lebih sedikit tinggi dibanding membeli ciblek bahan yg dipinggir jln, namun akan lebih baik dari pada membeli brg bahan tp 1-2 hari mati.

      Posted by pondokenari | 18 Oktober 2012, 9:38 AM
  32. salam kenal om,,
    mw tnya ni,sy pny ciblek semi kondisinya drop gimana y biar gacor lgi… sy gandeng pake betina bener gx itu om

    Posted by Baw Word Thomas Edison | 9 Oktober 2012, 5:47 PM
    • Sendirikan dulu CBnya, rawatan normal saja (seperti yg sdh dijalankan selamai ini) utk sementara lebihkan pemberian kroto, sementara jg CBnya tidak usah dipindah dulu tempat gantungnya sampai CBnya kembali mulai rajin bunyi lagi.

      Posted by pondokenari | 10 Oktober 2012, 2:53 AM
  33. Sore , gmn cranya suara tmbakn ciblek bs pnjng bnget,mksh sblme

    Posted by Jhon r | 11 Agustus 2012, 9:32 AM
    • Umum ciblek dari basicnya sudah memiliki suara tembakan, perawatan yg baik, konsisten dan tepat baik menyangkut pakan, EF serta pola rawatan wajib seperti mandi dan jemur + pemasteran, Insyaallah akan membuat ciblek senang berkicau.

      Pola rawatan yg terapkan utk ciblek sy: pagi mandi semprot (gerimis aja/ga usah sampai kuyup) kr biasanya cibleknya akn meneruskan mandi dicepuk minum, jemur 1-2 jam sdh cukup tergantung kondisi, kr sy hrs pergi nguli setiap hari sy jemur sampai jam 7:30 aja, lumayanlah msh kena matahari yg mash fresh sekali, kasih jangkrik ukuran kecil 2 ekr, setelah jemur gantung ditempat biasa kandang ditempatkan. sore/malam kasih lg jangkrik 2 ekor. pemebrian kroto cukup 2 x seminggu.

      Posted by pondokenari | 15 Agustus 2012, 3:25 AM
  34. salam kenal &
    selamat pagi bos….
    sungguh, sangat membantu orang orang yang belum pernah tahu (awam) seperti ane ini.
    semoga
    sukses
    selalu bos & trims buat ilmu ilmu nya………

    Posted by yaqob | 3 Agustus 2012, 1:45 PM
  35. ciri2 ciblek mabung gmn om ??? sy pnya ciblek semi umur msh muda. Kmren pas mao dikerodong, sy liat bulu ekornya rontok 3 helai. Apakah itu cirinya ciblek sy mulai mabung om ?

    Posted by Henry Christian | 6 Juli 2012, 12:09 PM
    • Proses mabung pada burung ciblek umum/sama kok dg burung2 lainnya om, yaitu biasanya diawali dg rontok/jatuhnya bulu2 tua (halus/maupun bulu besar), lihat saja kondisinya beberapa hari ini kalo semakin byk bulu2 yg jatuh dan burung terlihat males bunyi dan seperti krg vit sebaiknya lakukan proses perwatan utk burung mabung om.

      Posted by pondokenari | 9 Juli 2012, 4:20 AM
  36. Pagi Om, mau tanya nih ciblek ane udh seminggu ini serak suaranya, ada obatnya ga om, trus penyebab suara srak itu biasanya apa om thk

    Posted by rommy | 31 Mei 2012, 3:40 AM
    • 3-5 hari kedepan air minumnya sementara ganti dengan larutan penyegar (yg tawar/seperti air putih), selama pemberian air minum itu ganti setiap hari, bersihkan cepuk makan dan cepuk minum (tempat idealnya berkembang bakteri/kuman), usahakan pur yg diberikan adalah pur yg bersih, pemberian kroto yg yg tdk segar dan sudah bercampur pengawet jg akan membuat burung menjadi serak/tenggorakan sakit. kandang yg kotor jg akan menyebabkan burung mjd kurang vit termasuk terganggunya tenggorokan burung karena cepatnya bakteri berkembang.

      Posted by pondokenari | 31 Mei 2012, 4:09 AM
  37. Ass, , ,
    slam knal om. .

    Mau minta tips nya om, , sya punya ciblek gunung dlu wktu beli burungnya jinak, , tpi wktu sya bwa pulang polahnya jdi ng’ karuan. . Tdinya jga sdah jnak lgi, , tpi skrang ngurak lg nie om. . Cranya biar brung ng’ ngurak g’ mna ya om.?? Sma ciblek gnung mau bunyi pas usia’ne brpa bulan.??

    Thanks s’ blumnya, ,

    Posted by Im_am | 12 Maret 2012, 8:02 AM
    • Waalaikumsalam…

      Normal om, burung ditempat pertama terlihat jinak, lalu setelah sampai dirumah jadi giras ( apalagi burung bahan hutan), penyebabnya burung takut, blm adaptasi dg lingkungan yg baru, burung takut dan stress ini juga sdh dimulai dr perjalanan biasanya. dan setelah sampai ditempat baru lumrah juga biasanya burung 3- 7 hari pertama lebih banyak diam juga (terlebih jenis ciblek). lakukan penjinakan lg saja, tempatkan kandang diarea yg byk aktifitas dirmh, pancing jangkrik dr tangan, banyakin mandi (tp tdk dlm kondisi mabung/ngurak) lalu kandang tdk usah dipindah-pindah dulu, biarkan cibleknya adaptasi dulu di satu tempat dlm wkt yg lama (relative sampai mau bunyi), utk proses ngurak/mabung/moulting sdh menjadi hal wajib om bagi setiap burung utk mengganti bulu tua, jd perawatannya saja yg lebih extra.

      Posted by pondokenari | 14 Maret 2012, 2:07 AM
  38. Om, tanya nech, ciblek ane lg mabung, berapa lama rapinya? trs kalo katanya ciblek semi lebih bgs volumenya dibanding ciblek kristal bener ga om?

    Posted by Asoka | 5 Maret 2012, 10:14 AM
    • Kondisi normal, 1-2 bulan sdh rapi full, soal kekerasan suara biasanya memang ciblek semi lebih keras, lebih tebal, namun hal ini tdk mutlak jg loch om, saat ini sy jg ngerawat ciblek putih dan volume jg keras, hanya yg membedakan volumenya lebih tajam dibanding ciblek kebun yg lain.

      Posted by pondokenari | 7 Maret 2012, 5:01 AM
  39. om.. saya baru beli prenjak sawah 4 hari, tp kok bunyinya ci..ci..ci…ci…ci.., apa benar ini burung prenjak sawah ( putih). trus apa nanti suaranya bisa berubah spt prenjak yang bagus. apa bedanya prenjak sawah dengan prenjak kebun. trims om…

    Posted by anwar | 27 Februari 2012, 10:19 PM
    • Prenjak yg di maksud mgk ciblek kali yach, ada perbedaan yg dominan kok antara ciblek sawah atw cici padi dg ciblek kebun, baik dari penampilan fisik maupun dari suaranya, ciblek sawah memiliki karakter suara yg lebih menoton (tdk menutup kemungkinan bs terisi jenis suara burung lain, walau tdk utuh), utk penjelasan karakteristik suaranya bisa dibaca diartikel “ciblek master kenari” diblog sy ini, menurut sy semua karakter suara ciblek sangat baik sebagai suara masteran/isian utk burung kicauan yg lain, sedangkan ciblek kebun dikenal memiliki beberapa variasi suara nembak2, dan ngebren (tembakan rapat dan panjang), saat ini dikenal ada beberapa sebuatan utk ciblek kebun, ciblek krista/putih (yg bulu dada sampai tunggir berwarna putih), dan ciblek kuning (bulu dada putih ke tunggir berwarna kuning, serta ada lg penyebutan ciblek semi (yaitu bulu dada putih sampai ke tunggir, namun warna bulu kuning di tunggir tidak dominan kuning, (kuning semu), utk ciblek sawahnya yg baru belum rajin bunyi, pendapat sy jika memang sdh positif jantan, rawat saja dgn konsisten/stabil, Insyaallah nantinya jg rajin/gacor pak.

      Posted by pondokenari | 28 Februari 2012, 6:48 AM
  40. slm kenal om, mau ikut tanya2 nih. saya br sj bl ciblek sawah di penjual burung, katanya sih jantan. yg sangan jelas terlihat ekornya panjang dan selalu naik ke atas. tp cr2 yg lain spt : paruh, bulu dada, dll. msh meragukan. kira2 itu beneran jantan ya om. thank

    Posted by anwar | 23 Februari 2012, 10:23 PM
    • Sekedar saran sy, utk kita2 yg tdk cukup waktu dihari2 kerja utk hrs “megang” semua burung2 yg kita punya, maka jika ingin merawat ciblek, beli saja yg sdh rawatan pak, walaupun bahan tp minimal kelamin sdh pasti jaminan jantan, yg sdh rajin ngeriwik atw yg sdh mulai rajin bunyi jg lebih baik, jd tinggal nerusin settingan/rawatannya secara konsisten saja, namun utk kita yg byk waktu, mgk merawat burung “nothing” menjadi burung “something” ada rasa bahagia yg tdk ada duanya,namun jika pilihan ke 2 ini yg dipilih, maka langkah yg tdk boleh meleset adalah ciblek bahan kita adalah jantan, sedikit info saja utk bpk, ciri-ciri ciblek sawah berdasarkan pengalaman pribadi sy, badan lebih besar dan panjang, akan mudah melihat perbedaannya dilebih dari 1 ciblek sawah, ekor lebih panjang, berdirinya lebih tegap (kaki ngejangkung), warna bulu akan lebih terlihat lebih pekat, rajin ngeriwik, paruh lebih/agak panjang dr yg betina. semoga membantu pak….

      Posted by pondokenari | 24 Februari 2012, 3:50 AM
  41. om. ciblek bgs mana yach semi or yg putih yach??? dr pengalaman om aja. mks

    Posted by Egi | 20 Januari 2012, 11:21 AM
  42. salam kenal om, EF ciblek yg bgs apa? stelan ciblek sy di rmh pg 1 jangkrik, sore 1 jangkrik, ulat hongkong p/s masing 1 ekor, kroto sabtu minggu aja 1 sendok kecil, apa sdh bener stelannya? tp blm rajin ngebren, mhn solusinya om,,,

    Posted by Bray border | 20 Januari 2012, 11:18 AM
  43. om, ciblek ane kok bunyi cm nyuit-nyuit aja, gmn cara supaya ngebren ya om?

    Posted by Jar | 10 Januari 2012, 3:30 AM
    • Rawat aja pak dg sabar, kalo sdh pasti jantan, ya tinggal ditunggu aja, yg penting perawatan dilakukan secara konsisten aja, tiap hari berikan jangkrik ukr kecil/sedang P/S 2/2, kroto minimal 2-3 X seminggu, mandi jemur teratur (ga usah dirubah settinganya) Inyaallah ada kemajuan pak,,,

      Posted by pondokenari | 24 Januari 2012, 3:28 AM
  44. Boz, ciblek apa boleh dipelihara byk dalam 1 dirumah, apa nanti bisa ada yg ngedroop mentalnya? soalnya sy sdh ada 2 ciblek gacor dirmh, sekarang sy mau ambil ciblek gacor lg pny temen, thx

    Posted by Ade | 10 Januari 2012, 3:25 AM
    • Pengalaman sy ga ada masalah kok pak, selama tidak dipertemukan atw ditrack, ok2 aja, kr sy jg merawat ciblek lebih dr 1 utk masteran kenari2 sy, semua gacor2 aja, ya itu cibleknya jgn ditrack dg ciblek yg serumah/atw jgn sering dipertemukan. semoga ciblek2nya bikin rumah ramai pak,,,

      Posted by pondokenari | 24 Januari 2012, 3:23 AM
  45. Pa kbr om, salam ciblek, hahahaha…
    perawatan ciblek yg mabung gmn yach om? salam…

    Posted by Ajad | 10 Januari 2012, 3:21 AM
    • Perawatan ciblek mabung dr pengalaman sy pribadi sama kok pak dg burung2 lainnya, burung dikerodong saja, disendirikan (ga usah terlalu sering diganggu) perbanyak EF, seperti kroto tiap hr 1 sendok kecil, jangkrik ukr kecil P/S 3/3, ga usah dimandikan (biar mandi sendiri, siapkan aja cepuk air minum), ga usah dijemur, bersih kandang max 3 hr sekali. demikian pak…

      Posted by pondokenari | 24 Januari 2012, 3:16 AM
  46. weeewww…..
    salam kenal ya……
    info yg sangat membantu………..
    ternyata gitu ya cara perawatan Ciblek / prenjak…….
    baru tau saya ……soalnya saya bisanya cuman nangkep di sekitar pekarngan rumah…. tapi gak tau cara ngerawat yg baik dan benar jadinya gakpernah punya Ciblek yg bagus……
    makasih bnyak ya Infonya……..

    Posted by mencuy | 9 Juli 2011, 4:56 AM
  47. Om, ciblek bs di master ga?

    Posted by Hanz | 31 Mei 2011, 3:35 AM
    • Om Hanz, tentu bisa dimaster om, tp menurut pandangan sy, sebaiknya ciblek tdk usah dimaster dg suara burung lain, kr suara asli ciblek yg menoton itulah yg menjadi bagus utk masteran burung kicauan yg lain. thx

      Posted by pondokenari | 31 Mei 2011, 3:42 AM
  48. Asalamualaikum Wr. Wb

    Salam kenal…

    Om thx bgt utk informasi diblognya, byk sekali pengetahuan yg sy dptkan, utk burung kenari sy piara ga byk om, cm ada 2 ekor, ciblek sy punya 4 ekor dirumah, kr sy sk sekali dg burung ciblek, kr kalua denger kicau burung ciblek jd inget masa lalu om wkt msh muda. hehehe…kok malah curhat. sy mau tanya om, bisa kasih tips perawatan burung ciblek yg baik om? trm ksh om sebelumnya. semoga berkenan…

    Asalamualaikum Wr. Wb…

    Posted by Nurdin Delta | 31 Mei 2011, 3:19 AM
    • Waalaikumsalam Wr Wb

      Salam kenal jg om…wah koleksi om Nurdin sdh pas bgt yach, 2 kenari dan 4 ciblek. utk perawatan ciblek yg selama ini sy lakukan sama seperti perawatan burung pengicau yg lainnya, mandi jemur rutin tiap hari (penjemuran cukup 1-1/2 jam saja – mandi semprot gerimis aja) berikan jangkrik ukuran kecil pagi sore masing-masing 2 ekor, kroto 2-3 hari sekali. pemberian vitamin dan mineral cukup 2x seminggu. demikian om pola perawatan ciblek yg selama ini sy lakukan utk burung ciblek2 sy.

      Posted by pondokenari | 31 Mei 2011, 4:08 AM
  49. Ciblek kebun atw ciblek sawah sama-sama bagus om, karena masing-masing punya karakter suara yg berbeda-berbeda dan bagus sekali utk isian burung kicauan termasuk burung kenari,

    Ciblek dada atw ciblek sawah habitatnya di semak2 di lingkungan persawahan), sedang ciblek kebun habitatnya ada kebun-kebun rimbun dan tegalan.

    Perbedaan suara keduanya yang paling kentara bukan pada besaran volume suaranya, melainkan pada ngelagu serta karakter suaranya. Kalau ciblek suara utamanya adalah ‘ciap…ciap…ciap…ciap…ciap’, maka ciblek sawah adalah “clik…clik…clik…clik…”. untuk sekali bersuara, lagu ciap-ciap ciblek kebun relatif pendek, sedangkan ciblek sawah relatif panjang. intinya suara ciblek sangat bgs utk isian burung kenari om.

    Demikian Om, Thx

    Posted by pondokenari | 31 Mei 2011, 2:59 AM
  50. Om yg bgs ciblek kebun atw ciblek sawah y? mks

    Posted by Wahyu | 30 Mei 2011, 8:14 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 106 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: