//
PEMASANGAN RING KENARI

CARA PEMASANGAN RING KENARI

Pemasangan ring pada burung kenari dilakukan pada saat anakan kenari berumur 5 – 10 hari. Jika pemasangan ring dilakukan setelah kenari remaja/dewasa dan dipaksakan akan berdampak pada pembengkakan pada kaki kenari, patah , pengkor bahkan kematian pada kenari. Bila ring dipasangkan pada kenari remaja/dewasa dengan ukuran diameter ring lebih besar tentunnya bisa saja, akan tetapi akan  terlihat janggal dan kenari cenderung suka menggigit-gigit ring atau cincin-nya.  Teknik pemasangan Ring atau Cincin pada kenari :

CARA PASANG RING:
  1. Sebaiknya pemasangan pada anakan kenari berusia 5 – 10 hari.
  2. Siapkan ring atau cincin yang akan dipasangkan.
  3. Pegang anakan kenari dengan hati-hati dan sebaik mungkin (tulang masih rawan patah)
  4. Masukan terlebih dahulu ketiga kaki depan pada ring, setelah ketiga jari depan masuk, jari keempat ditarik keluar dan secara perlahan ditarik keatas hingga semua jari  kaki masuk. (identitas ring jangan terbalik)
  5. Bila ukuran kaki anakan kenari agak besar, sebaiknya pemasangan dibantu dengan mengoleskan kaki dan ring dengan hand body, baby oil/lotion atau minyak sayur.
  6. Setelah pemasangan ring selesai, amati anakan kenari yang telah terpasang ring tersebut.
pemantauan ini dilakukan kurang lebih 1 minggu dimaksudkan agar ring/cincin tidak  keluar atau lepas. Hal ini penting karena aktifitas anakan kenari dapat mengeluarkan ring/cincin tetapi hanya sebatas pergelangan jari, bila hal ini terjadi segera mungkin masukan kembali ring tersebut keposisi semula. Jika hal ini di biarkan akan menyebakan cacat permanen pada jari setelah kemari besar pada bagian jari kaki kenari.
 
                                                Cara pasang ring kenari:

Diskusi

62 thoughts on “PEMASANGAN RING KENARI

  1. misi om
    saya dari bali tips apa yg cocok kl indukan kenari kagak betah ngeram dan kalau anakannya d liat malah ndk mau lolohin. untuk kenari kyk gt gmn cra masang ringnya
    TKS

    Posted by agunk | 5 Juni 2014, 12:34 AM
  2. om saya baru belajar berternak burung kenari saya sangat senang sekali ketika anakan nya baru pada lahir yang jadi kendala kenapa indukan betina nya malah nyabutin bulu anakan yang baru berusia 2 minggu kasia saya liat dada anakan yang pada rontok bulunya saya minta solusinya om…

    Posted by rief.gold | 2 Maret 2014, 3:34 AM
  3. mw knsultasi pak,,kmrn sy pasang ring pd piyik knari,,stlh krg lbh 1 jam piyik kenari setelah sy pasang ring kok piyik tsbt dibuang iduknya,,terus penanganannya gmn pak?matrnuwun

    Posted by wondho geni | 15 Februari 2014, 8:07 AM
  4. salam terr cuit cuit ciuw ciuw….
    pak kenari saya kakinya jamuran uda aku kasih salab kok blm sembuh2 minta tipnya donk
    makasih ayik

    Posted by ayik | 8 Februari 2014, 1:53 AM
  5. om mau tanya kalo indukan ring AB dan NB, anakannya ngikut ring mana ya? thx

    Posted by dewa | 3 Desember 2013, 10:02 AM
  6. Om klo mau pesan ring berapa lama jadinya?

    Posted by yura87 | 14 Juli 2013, 9:38 AM
  7. kalo mau mesen ring gimana mass ??
    tolong infonya ya masss

    Posted by bagus sakti | 29 Juni 2013, 2:04 PM
  8. kenari import ri betina brapa om

    Posted by Mudi | 18 Mei 2013, 6:32 PM
  9. Met’malam Om,saya punya kenari merah kode ringnya AB:berarti dari belanda di Ringnya tercantum AB:12.05.365. apa ini tahun dan bulan penetasan Om, terus kenarinya sekarang lg mabung dan bulu yang tumbuh warna wortel gak merah lagi,apa kenari saya ini bukan keturunan kenari merah dan merahnya cuma polesan,padahal waktu mabung saya beri makan buah dan sayuran berfariasi,terimakasih OM atas Pencerahannya.

    Posted by Anton Arsugo | 13 Mei 2013, 6:35 AM
    • Umur/tahun tetas bisa dilihat dari warna ringnya. kenari merah/red factor memang perlu dijaga kondisi warna bulunya dgn diberikan suplement khusus yg dicampur diminuman dan pakan khusus untuk kenari warna ( sudah banyak dijual di PB besar) serta memang perlu disupport dengan sayuran/buah yg mengandung banyak betakaroten seperti rebusan wortel, ciasin (sawi ijo), dll.

      Posted by pondokenari | 13 Mei 2013, 11:35 PM
  10. salam kicau mania bang kalau ke bekasi barat bisa gak tidak melalui transfer langsung brang datang saya bayar?

    Posted by trisna | 8 Mei 2013, 5:30 AM
  11. Met’malam om..saya mau pesan ring kenari om..saya udah coba telp di 021-51433381 tp gak bisa om,salam kenal aja om saya dari Pelalawan-Riau.

    Posted by Anton Arsugo | 4 Mei 2013, 9:23 AM
  12. om ane mo pesen ring bayar y gimane..ane di ujung aspal pondok gede

    Posted by taufik | 7 April 2013, 2:01 PM
  13. Om,
    kalau beli ring selain di tempat anda kira-kira dimana ??
    biar lebih deket,soalnya saya di kota malang…
    apa ring juga ada di pasar burung besar???

    Posted by Ferdi | 5 April 2013, 12:28 AM
  14. minimal brp pcs untuk pembelian ring kenari..??

    Posted by bagoes | 28 Maret 2013, 3:05 AM
  15. mas klo mau pesan ring kenari hrg brp sampe bali?

    Posted by bagoes | 27 Maret 2013, 11:25 PM
  16. mas klo mau pesan ring kenari hrg brp sampe sby?

    Posted by tatang | 22 Februari 2013, 4:55 AM
  17. om mau tanya saya beli burung KN import ring NB AB DKB sama FOI , tapi bingung baca ring nya gmna ya cara membaca ringnya rata rata warna ring merah

    Posted by nomane | 6 Februari 2013, 7:49 AM
  18. om saya pengen pesan ring untuk kenari,td sy telp tp kok ga diangkat2 ya?! mau tanya harga,klo untuk ring kenari brp banyak karakter tulisan yg bs dibuat??

    Posted by Bagus lombok | 28 Januari 2013, 11:20 PM
  19. saya mau pesan 100 buah ring, bisa tlg di sms kan harganya? 085721979777

    Posted by yohanes | 25 Januari 2013, 2:57 AM
  20. om kl ring buat silangan sanger sama kenari ada gak?

    Posted by daniel | 6 Desember 2012, 11:49 PM
  21. om brapa harga ring per 100 bji nya?

    Posted by dilan | 5 November 2012, 2:53 AM
  22. Salam kenal
    saya lg nyoba ternak kenari, mau mesen ring gmn caranya? Kl mesen dr 100bj, ada 2 warna blh ga

    Posted by Agi | 25 Oktober 2012, 11:41 AM
  23. om beri tips buat ngerawat kenari yg masih 1 mingguan

    Posted by Adhe Putra | 29 Agustus 2012, 10:00 AM
  24. ass.wr.wb..saya mau tanyak..kalau mau pesen ring untuk burung murai batu apa bisa yaa…trimakasih

    Posted by agung | 4 Agustus 2012, 5:22 PM
  25. om, alamatnya dmana ya…?

    Posted by yan kj | 28 Juni 2012, 6:01 PM
  26. om mau pesen ring buat kenari gmana caranya ? sy dr tasik..

    Posted by heru | 15 Juni 2012, 5:30 PM
  27. oh maaf om salam kenal dari ku dl denifik di jogja om

    Posted by denifik | 30 Maret 2012, 11:30 AM
  28. om minta tips nya pemasangan ring yg baek supaya indukan g stres waktu anakan nya di ambil untuk di pasang ring. . .
    cara yg baek gmn om sebaiknya yg kt hrs lakukan saat mengambil anakan untuk di pasang ring

    Posted by denifik | 30 Maret 2012, 11:28 AM
  29. ring nya keren2 om. . .lain dr pd yg lain. . .
    om bs buat ring utk burung edel sanger g om. . .
    harga brapa per 100 ring
    ongkir ke jogja brapa om. . .

    Posted by denifik | 30 Maret 2012, 11:16 AM
  30. Salam kenal Om saya Han baru coba coba beternak kenari, jenis yg saya punya saat ini gloster, norwich, lizard, yorkshire dan blackthroat, saya ingin anakannya bisa dikasih ring, apakah bisa ring nya pesan sama Om dan bagaimana caranya. Dan sekalian minta informasi apakah Om punya stock Lancashire dab belgian canary thanks semoga makin sukses dan makin ramai forumnya

    Posted by Han | 1 Februari 2012, 2:46 AM
  31. Sy mau pesen ring kenari om gimana caranya,sy tinggal di purwakarta

    Posted by Lukman | 26 Desember 2011, 7:18 AM
  32. Manteppp type ringnya,kalau mau beli gimana caranya???thank,s

    Posted by koesparwanto | 4 November 2011, 3:33 PM
    • Caranya bpk silahkan mengkonfirmasi nama ring (tulisan di ring) seperti apa, wrn apa, lalu jika sdh disetting maka sy akn konfirmasi lg ke bpk utk meminta persetujuan, jika okeh, bp tinggal mentransfer biaya pembuatan ring dan ongkirnya (jika luarkota), setelah itu ring akan diproses pembuatannya, lama pengerjaan 7 – 10 hr sampai ke rumah pemesan…info lengkap bpk bisa hub 021-99144877

      Posted by pondokenari | 13 Desember 2011, 1:52 AM
  33. kalau pesan harga /100pcs brp?

    Posted by antin | 1 November 2011, 3:04 PM
  34. salam om..
    saya rumah dibogor..
    saya udah nanya”+nyari”,tp tetep ga ada itu ring di bogor..
    dmn yah om kira” itu ring dijual?
    klo mau beli harus brp biji?
    dan satuan’a brp harga’a?
    trims..

    Posted by yudha | 23 Oktober 2011, 11:09 AM
  35. Salam kenal om..
    Utk ring kenari apakah warna nenandakan tahun menetas ? Utk th 2011 warna apa y om ?

    Thanks…

    Posted by Abu azzah | 13 Agustus 2011, 7:29 AM
  36. saya mo pesan ring untuk kenari di manadan bagai mana ya caranya….

    Posted by sapar | 13 Juli 2011, 4:11 AM
  37. Salam kicau kenari

    Ada beberapa pertanyaan yg ingin sy sampaikan pak Anda

    1. Kenapa indukan babon sy suka melepaskan ring yg baru dipasangkan ke anak2annya???
    2. Apakah kenari yg sdh kena serangan kutu akut bisa disembuhkan?
    3. Apakah suplemen yg bgs utk kenari?
    4. Ada stok kenari AF pak?

    Trm ksh byk pak Anda
    Sukses selalu utk PKBFnya

    Posted by Darma | 1 Juli 2011, 7:54 AM
    • 1.Indukan kenari merasa dan mengira ring dikaki anak2nya adalah benda asing.
      2.Kena kutu parah maksudnya pak? yg sdh parah sulit pak utk sembuh, resiko jg menularkan ke kenari lain.
      3.Suplemen buat burung semua bgs, tergantung pemakaian tg tepat dan terukur serta teratur.
      4.Mampir ke gubuk sy aja pak. Thx,,,

      Posted by pondokenari | 26 Juli 2011, 6:11 AM
  38. Ring ukuran brp yg pas/ideal utk ukuran kenari om? bisa pesen ke om ga?

    Posted by Uking | 30 Mei 2011, 8:26 AM
    • Ukuran ring utk kenari biasanya sdh ada standartnya om, kr sdh disesuaikan dg besaran kaki kenari, pembuat ring sdh paham kok besaran ring yg ideal utk kenari. sy ga bs menerima pesenan ring om, kenari iya…he he he. tp kalo ditempat om sulit utk mancari pembuat ring nanti sy bantu. Thx

      Posted by pondokenari | 1 Juni 2011, 8:59 AM
  39. slm knl, sy pemula dr jambi, tinggal jg sedikit jauh dr kota, tinggal dipinggiran kota jelasnya. sy lg cb ternak kenari lokal/biasa, sdh lumayan ada hasil, cm sedikit ada yg kurang, kr kenari-kenari ternakan sy tdk ada ring/identitas kr memang sulit sy dapatkan dikota sy, bisa bantu om utk hal ini? thx byk om Anda, smg semakin sukses dan besar ternak kenarinya. Amin

    Posted by Kurniawan | 30 Mei 2011, 4:53 AM
  40. salam kenal om.sy sgt berterima ksh utk informasi-informasi yg ada diblog ini, sangat menginspirasi sekali. sy rasa memang byk blog yg mengulas tentang kenari. kebetulan sy ketemunya blog ini. sy lg iseng beberapa bulan belakang ini ternak kenari, ada 2 pasang saja. sekarang sdh menghasilkan anakan 3 ekor umur 2 mingguan. nah sy ingin sekali kenari-kenari sy itu sy kasikan ring, dan sy sdh pesan dan sdh jd hr ini, tp blm sy cb pasang, kr keliatannya kakinya sdh kebesaran walaupun blm sy cb sedkit paksakan wkt masangnya. thanks.

    Posted by Fadly | 16 Mei 2011, 10:31 AM
    • Umur anakan yg sdh di ats 2 mingguan memang sdh sulit memasangkan ringnya om, apa lg ukuran ring yg memang agk kecil selongsonngnya. sy jg pernah dulu memasangkan ring anakan umur 14 hr tp dgn bantuan lotion/oil, namun ttp aja membuat kaki anakan jd luka. pemasangan ring pada anakan kenari sebaiknya diumur 7-10 hari. kalo memang sdh sulit dipasangkan..yaa sebaiknya tdk ush dipasang om, nanti malah membuat kaki anakan bisa luka, infeksi, dll. ringnya siapkan aja utk anakan produksi selanjutnya om.

      Sukses om utk breeding kenarinya….

      Posted by pondokenari | 18 Mei 2011, 1:20 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 106 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: